PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT PKM DOSEN UNIVERSITAS... | Portal Akademik - Universitas Batanghari
  • Masuk Fasilitas Portal

Info : +62 741 60 673

15 November 2021, oleh admin Print
PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PKM) DOSEN UNIVERSITAS BATANGHARI (UNBARI) JAMBI BANTU TINGKATKAN PANEN PETANI IKAN DENGAN PICO HYDRO

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Dosen Universitas Batanghari (UNBARI) Jambi Ristek Dikti Tahun 2021, berusaha membantu peningkatan penghasilan petani ikan kolam melalui Pico Hydro. Ketua Tim PKM UNBARI, Mufidah didampingi Tim Albetris dan Leily Wustha Johar mengatakan, PKM yang dilakukan bersama timnya adalah memanfaatkan cahaya untuk menarik serangga bagi ikan patin di kolam-kolam di Desa Lopak Alai Kecamatan Kumpeh Ulu Kabupaten Muaro Jambi.

Pembangkit Listrik tenaga Pico Hydro ini menghasilkan daya 270 watt. Daya tersebut dapat digunakan pada 10 lampu daya 10 watt, sedangkan 125 watt digunakan untuk pompa air.

Alat yang digunakan adalah turbin yang terbuat dari skop pasir, yang diberi generator baterai, kemudian ditambah inverter untuk membolak-balikan arus, setelah itu baru dibebankan ke lampu dan pompa air.

Alat tersebut dapat melakukan sirkulasi air kolam, dan serangga pada malam hari bisa berdatangan, yang nantinya menjadi pakan bagi ikan di kolam.

Setelah ikan patin dipanen, Tim mengajarkan pengolahan bahan baku menjadi Abon Ikan, Nugget dan Lumpia. Pihaknya siap membantu dalam pemasaran secara online melalui media sosial, dan membantu petani ikan kolam untuk membuat laporan keuangan.(admin,11/2021)