UNBARI GELAR WORKSHOP PENERAPAN PROGRAM MERDEKA... | Portal Akademik - Universitas Batanghari
  • Masuk Fasilitas Portal

Info : +62 741 60 673

29 Juni 2022, oleh admin Print
UNBARI GELAR “WORKSHOP: PENERAPAN PROGRAM MERDEKA BELAJAR: KAMPUS MERDEKA”

Program Merdeka Belajar - Kampus Merdeka (MBKM) adalah program yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan untuk bekal memasuki dunia kerja. Melalui kebijakan ini, Kampus Merdeka memberikan kesempatan kepada mahasiswa memilih mata kuliah yang akan mereka ambil. Mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengambil mata kuliah di luar program studi pada perguruan tinggi yang sama; mengambil mata kuliah pada program studi yang sama di perguruan tinggi yang berbeda; mengambil mata kuliah pada program studi yang berbeda di perguruan tinggi yang berbeda; dan/atau pembelajaran di luar perguruan tinggi.

Tujuan kebijakan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka, program “hak belajar tiga semester di luar program studi” adalah untuk meningkatkan kompetensi lulusan, baik soft skills maupun hard skills, agar lebih siap dan relevan dengan kebutuhan zaman, menyiapkan lulusan sebagai pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan berkepribadian. Program-program experiential learning dengan jalur yang fleksibel diharapkan akan dapat memfasilitasi mahasiswa mengembangkan potensinya sesuai dengan passion dan bakatnya.

8 Program MBKM, yaitu meliputi:

  1. Pertukaran Pelajar
  2. Magang/Praktik Kerja
  3. Asistensi Mengajar di Satuan Pendidikan
  4. Penelitian/Riset
  5. Proyek Kemanusiaan
  6. Kegiatan Wirausaha
  7. Studi/Proyek Independen
  8. Membangun Desa/Kuliah Kerja Nyata Tematik

Universitas Batanghari (UNBARI) Jambi (29/06/2022) menggelar Workshop: “Penerapan Program Merdeka Belajar:  Kampus Merdeka” via Zoom Meeting yang diagendakan mulai semester Ganjil Tahun Ajaran Baru 2022/2023 mulai dijalankan dengan Fakultas Ekonomi sebagai model percontohannya.

Prof. Dr. Herri, M.B.A. sangat berharap dan mendukung penuh pelaksanaan Program MBKM di UNBARI, dengan menggelar Workshop yang mendatangkan narasumber dari Universitas Andalas Bapak Dr. Tesri Meideliza, M.S., beliau berharap UNBARI mampu segera belajar dan beradaptasi menyesuaikan kurikulum dan mempersiapkan segala kebutuhan Tata Laksana/Prosedur untuk melaksanakan Program MBKM mulai awal semester baru bulan September 2022 ini.(admin,06/2022)