KEGIATAN MONITORING DAN EVALUASI PEMBELAJARAN DAN... | Portal Akademik - Universitas Batanghari
  • Masuk Fasilitas Portal

Info : +62 741 60 673

17 Agustus 2022, oleh admin Print
KEGIATAN MONITORING DAN EVALUASI PEMBELAJARAN DAN KURIKULUM BADAN PENJAMIN MUTU (BPM) UNIVERSITAS BATANGHARI (UNBARI) JAMBI

Universitas Batanghari (UNBARI) mengembangkan sistem penjaminan mutu dan melakukan pengendalian internal dengan melaksanakan monitoring dan evaluasi. Terkait dengan peningkatan mutu input, proses, dan output pendidikan serta pengembangan sistem penjaminan mutu akademik di UNBARI, maka diperlukan suatu kegiatan monitoring dan evalusi.

Monitoring dan evaluasi dilakukan terhadap capaian maupun target-target yang telah ditetapkan. Kegiatan ini terkait dengan program Renstra lima tahunan terutama pada rencana kerja bidang penelitian dan pengabdian pada masyarakat di UNBARI pada program kerja peningkatan mutu input, proses dan output pendidikan dan pengembangan sistem penjaminan mutu akademik dan non akademik.

Monitoring dan Evaluasi pembelajaran dan kurikulum adalah suatu proses yang dilaksanakan sebagai upaya untuk menilai kesesuaian implementasi pembelajaran dan kurikulum dibandingkan dengan tujuan atau pedoman dan aturan yang telah ditetapkan. Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 15 - 20 Agustus 2022 di lingkungan Fakultas yang ada di UNBARI.

Kegiatan monitoring dan evaluasi merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas.  Monitoring dan Evaluasi memiliki peranan yang sangat penting sebab berbagai informasi dapat diperoleh dari hasil pelaksanaan proses evaluasi tersebut, dan selanjutnya dapat dipergunakan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan pada berbagai komponen yang terdapat dalam kegiatan. Informasi yang telah diperoleh tersebut selanjutnya dapat dipergunakan untuk memperbaiki kinerja secara menyeluruh.