KULIAH KERJA LAPANGAN KKL FAKULTAS HUKUM... | Portal Akademik - Universitas Batanghari
  • Masuk Fasilitas Portal

Info : +62 741 60 673

01 Oktober 2022, oleh admin Print
KULIAH KERJA LAPANGAN (KKL) FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS BATANGHARI ( FH – UNBARI ) JAMBI T.A. GANJIL 2022/2023

Kuliah Kerja Lapangan (KKL) adalah kegiatan belajar yang dilakukan oleh mahasiswa untuk menambah wawasan dan mendapatkan pengalaman nyata dari instansi, lembaga, atau organisasi yang berkaitan dengan disiplin keilmuan dan kompetensi yang dikembangkan program studi. Objek KKL harus memiliki keterkaitan dengan disiplin ilmu dan kompetensi yang dikembangkan program studi yang bersangkutan.

Fakultas Hukum (FH) Universitas Batanghari (UNBARI) Jambi mengadakan Pembekalan KKL secara hybrid dengan mengangkat topik “Melalui KKL Kita Wujudkan Nilai Keadilan dan Kemanfaatan Hukum bagi Masyarakat” yang diselenggarakan pada Sabtu, 01 Oktober 2022, di Fakultas Hukum UNBARI dan via Zoom Meeting. Pemateri dalam kegiatan ini yaitu Bapak Dr. S. Sahabuddin, S.H., M.Hum., Ibu Nazifah, S.IP., M.H., dan Ibu Herma Yanti, M.H.

Kegiatan ini diikuti oleh Mahasiswa Fakultas Hukum yang terdiri dari konsentrasi Hukum Perdata, Pidana, Tata Negara, Bisnis, dan Acara sebanyak 95 orang. Turut hadir Pj. Rektor UNBARI Bapak Prof. Dr. Herri, S.E., M.B.A., Dekan FH Bapak Dr. M. Muslih, S.H,. M.Hum., Wakil Dekan I, II, dan III, Dosen dan Jajaran FH, serta Sivitas Akademika di lingkungan UNBARI.

Pengetahuan bukan hanya apa yang ada di buku, tapi kehidupan sehari-hari adalah bagian dari pengetahuan. Seperti yang diistilahkan oleh Prof. Herri “alam takambang jadi guru”. Apa yang terjadi menjadi guru kita. Seperti contoh halnya bagaimana seseorang mengambil keputusan dengan insting saja, atau ada yang dengan mempertimbangkan informasi atau data-data lainnya. Kedua hal tersebut akan berbeda efektivitasnya. Bagaimana prosesnya, bagaimana pula hasilnya, begitulah proses pembelajaran yang terjadi. “Meskipun hanya dua bulan, namun kita mengamati siklus pengambilan keputusan di sana. Setidaknya, Saudara sudah belajar bagaimana perusahaan itu, bagaimana organisasi itu, bagaimana nilai-nilainya. Saudara juga dapat memberi masukan kepada perusahaan itu. Jadi ada timbal baliknya disini. Saudara disana menimba ilmu, tapi pada saat yang sama mudah-mudahan kita bisa memberikan ilmu pengetahuan atau sharing kepada kawan-kawan di perusahaan,” ujar Prof. Herri.

Selaku Pj. Rektor UNBARI, Prof. Herri juga menyampaikan ucapan terima kasih banyak atas kerja sama para Instansi/ Organisasi tempat Mahasiswa melaksanakan KKL. “Mudah-mudahan ini adalah simbiosis mutualisme, saling menguntungkan. Karena untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi ini, tidak hanya perguruan tinggi, namun fungsi kita bersama. Karena SDM yang kita hasilkan adalah untuk kita semuanya,” pungkasnya.(admin,10/2022)