Hadir Kembali BI Goes To Campus... | Portal Akademik - Universitas Batanghari
  • Masuk Fasilitas Portal

Info : +62 741 60 673

11 Oktober 2022, oleh admin Print
Hadir Kembali: BI Goes To Campus di Universitas Batanghari (UNBARI) Jambi

Setelah beberapa waktu  lalu menyapa  Mahasiswa dan turut menyambut hangat Mahasiswa Baru yang biasa disebut Maba/ Maru ini di Universitas Batanghari (UNBARI) Jambi pada Proses PKKMB ( Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru ) dengan Pembahasan terkait Perempuan Pilar Peradaban Bangsa. Kini, Bank Indonesia (BI) kembali hadir (10/10/2022) dengan Topik Memperkenalkan Lebih dalam Tugas dan Peran BI secara umum dan beberapa kebijakan khusus yang sedang digaungkan seperti QRIS.

Sebagai Bank Sentral, BI mempunyai satu tujuan tunggal, yaitu mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah. Kestabilan nilai rupiah ini mengandung dua aspek, yaitu kestabilan nilai mata uang terhadap barang dan jasa, serta kestabilan terhadap mata uang negara lain.

Tujuan tersebut perlu ditopang dengan tiga pilar utama, yaitu: Menetapkan dan Melaksanakan Kebijakan Moneter; Mengatur dan Menjaga Kelancaran Sistem Pembayaran; dan  Stabilitas Sistem Keuangan.

Quick Response Code Indonesian Standard atau biasa disingkat QRIS (dibaca KRIS) adalah penyatuan berbagai macam QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) menggunakan QR Code. QRIS dikembangkan oleh industri sistem pembayaran bersama dengan Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code dapat lebih mudah, cepat, dan terjag​a keamanannya.  Sederhananya  QRIS merupakan kebijakan yang lahir dari  Lembaga yang Independen ini, sebagai bentuk respon dan upaya menghadapi Pandemik Covid 19.(admin,10/2022)