MENUJU AKREDITASI KAN KOMITE AKREDITASI NASIONAL ... | Portal Akademik - Universitas Batanghari
  • Masuk Fasilitas Portal

Info : +62 741 60 673

17 Oktober 2022, oleh admin Print
MENUJU AKREDITASI KAN (KOMITE AKREDITASI NASIONAL) ISO/SNI 17025 : 2017 LABORATORIUM FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS BATANGHARI ( FT – UNBARI ) JAMBI

Menuju Akreditasi KAN (Komite Akreditasi Nasional) ISO/SNI 17025:2017 Laboratorium Fakultas Teknik Universitas Batanghari ( FT – UNBARI ) Jambi menggelar Rangkaian Kegiatan sebagai persiapan mulai dari Bulan Oktober 2022 hingga Februari 2023 nanti. Pada tanggal 17 Oktober 2022 tempo hari digelar Pembukaan Acara Pelatihan Menuju Akreditasi Laboratorium Fakultas Teknik Universitas Batanghari ( FT – UNBARI ) Jambi. Pj Rektor Bapak Prof. Dr. Herri, M.B.A., hadir sekaligus membuka acara tersebut, didampingi juga oleh Dekan FT UNBARI Bapak Dr. Ir. H. Fakhrul Rozi Yamali, M.E.

Rangkaian Pelatihan akan digelar selama tiga hari, mulai dari tanggal 17 - 19 Oktober 2022. Pada Hari Pertama Pelatihan membahas terkait Pemahaman Standar Akreditasi Laboratorium SNI/ ISO 17025 : 2017. Hari Kedua dilanjutkan dengan Pelatihan Penyusunan Dokumen Akreditasi Lab SNI/ ISO 17025 : 2017. Terakhir digelar Audit Mutu Internal Laboratorium Berbasis Risiko.  

Peserta kegiatan dan personal yang terlibat adalah seluruh Laboran Fakultas Teknik UNBARI. Pelatihan ini bekerjasama dengan Lembaga Konsultan HRD Inovasi Sigma Perkasa dimana Narasumber yaitu Bapak Ir. Heriyanto, M.Si., yang dilaksanakan secara hybrid di Universitas Batanghari (UNBARI).

Laboratorium Teknik dengan Ruang Lingkup Uji di bidang Teknik Sipil merupakan satu-satunya di Jambi, yang telah hadir sejak lama, seperti yang dikatakan juga oleh Bapak Rozi Yamali Dekan FT UNBARI dalam sambutannya bahwa, “mulainya Lab. Fakultas Teknik ini dari Tahun 2006, berumur 16 Tahun, membawahi tiga Prodi. Sipil, Teknik Lingkungan, dan Teknik Listrik.” Lab. FT tersebut telah banyak diakui dan dimanfaatkan baik oleh Pihak Lokal Masyarakat Jambi maupun Pihak Luar Daerah Jambi. Untuk menjaga dan semakin meningkatkan Kualitasnya, Akreditasi mutlak dilakukan, sebagai tolak ukur Kompetensi dan Mutu Pelayanan. SNI/ ISO 17025 : 2017 sendiri merupakan standar Pengujian dan Kalibrasi Laboratorium.

Prof. Herri juga sangat menyambut baik kegiatan ini, beliau menyampaikan terima kasih dan bersyukur atas terselenggaranya kegiatan tersebut yang merupakan nilai tambah bagi diri sendiri dan juga institusi Universitas Batanghari, yang diberikan juga kepada orang lain, klien, kota Jambi serta masyarakat. “Untuk tingkat Universitas baru kita yang akan dapat Sertifikasi”, ujarnya. “Peristiwa yang perlu menjadi catatan sejarah bagi UNBARI, karena laboratorium di UNBARI akan disertifikasi. Artinya apa yang kita lakukan itu tidak secara acak atau random, tetapi mengikuti kaidah-kaidah tertentu, sesuai dengan standar-standar yang ditetapkan. Karena itulah kita bisa dikatakan bersertifikasi”, lanjutnya.(admin,10/2022)