SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI DAN PENANDATANGANAN KERJASAMA... | Portal Akademik - Universitas Batanghari
  • Masuk Fasilitas Portal

Info : +62 741 60 673

10 Desember 2022, oleh admin Print
SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI DAN PENANDATANGANAN KERJASAMA (MoU, MoA, IA) 12 PERGURUAN TINGGI DAN ASOSIASI PROFESI

Universitas Batanghari (UNBARI) Jambi Alhamdulillah sukses menggelar Seminar Nasional Teknologi yang mengangkat tema “Kiat Pengembangan Kompetensi SDM Teknik di Era Digital”, bersama 12 Perguruan Tinggi dan Asosiasi Profesi pada Sabtu, 10 Desember 2022, bertempat di Aula Drs. H. Abdurrahman Sayoeti Kampus Utama UNBARI Broni Kota Jambi.

Kegiatan ini dibuka oleh Bapak Prof. Dr. Herri, M.B.A. selaku Pj. Rektor UNBARI, disusul Sambutan dari Ketua Umum Asosiasi Tenaga Ahli Konstruksi Nasional (ATAKNAS) Nurtanio Saputra Takdir, S.Ak., ST., kemudian dari Bapak Nanan Abidin S.Kom., MMSI., selaku Kepala Balai Jasa Kontruksi Wilayah II Palembang, dan Sambutan dari Bapak Prof. Dr. Manlian Ronald A Simanjuntak, M.T., D.Min., selaku Pengurus LPJK Bidang V Kementerian PUPR RI dan juga Guru Besar Universitas Pelita Harapan, serta laporan dari Ketua Pelaksana Dr. Ir. Fakhrul Rozi Yamali, M.E., yang juga selaku Dekan Fakultas Teknik UNBARI.

Hadir juga selaku Rektor Universitas Indo Global Mandiri, yang diwakili oleh Kepala Bagian Kerjasama, Ibu Dr. Eng. Utari Sriwijaya Minaka, M.Eng., secara daring; Direktur Poteknik Sriwijaya yang diwakili oleh Ketua Program Pascasarjana Terapan POLSRI, Ibu Prof. Dr. Ir. Rusdianasari, M.Si.; Rektor Universitas Jambi, Bpk. Prof. Sutrisno, M.Sc., Ph.D.; Direktur Politeknik Jambi, Ibu Hj. Hilda Porawati, M.T.; Rektor Universitas Graha Karya, Ibu Dr. Ir. Ernita, M.Agr.Sc.; Rektor Universitas Muaro Bungo, Bapak Prof. Dr. H. Syamsurijal Tan, S.E., M.A.; Rektor Institut Teknologi Batam, Bapak Prof. Dr. Ir. H. Hairul Arbal secara daring; Direktur Politeknik Negeri Padang, Bapak Dr. Surfa Yondri, ST., S.S.T., M.Kom.; Rektor Universitas Metamedia, Bapak Masyhuri Hamidi, SE., M.Si., Ph.D., CFP., CRA., CRP., QWP.; Rektor Universitas Baiturahmah, Bapak Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, M.S.; Rektor Universitas Bung Hatta, Bapak Prof. Dr. Tafdil Husni, S.E., M.B.A.; Sivitas Akademika UNBARI, Para Invited Speaker, dan tamu undangan lainnya yang hadir baik secara daring dan luring.

Selaku Ketua Pelaksana Pak Rozi Yamali menyampaikan bahwa beliau sangat berterima kasih dan bersyukur atas terselenggaranya kegiatan ini, semua unsur yang telah turut menyukseskan kegiatan tersebut. Beliau juga menyampaikan Insya Allah pagi ini akan dilaksanakan “Penandatanganan MoU, MoA dan IA, serta sebagai salah satu poin dari 11 poin dari MoA adalah SemNas, sehingga kami dari 12 Perguruan Kemitraan mengimplementasinya dengan penyelenggaraan Seminar Nasional Teknologi 2022. Perlu juga kami laporkan bahwa SemNas kita hari ini sesuai daftar akan diikuti oleh 200 orang peserta offline dan sisanya diikuti secara online.”

Begitu juga Prof. Herri selaku Pj. Rektor UNBARI mengucapkan terima kasih yang tidak terhingga kepada seluruh Narasumber seperti yang datang baik dari Jakarta, Palembang, dan lainnya. “Ini adalah sebuah model yang perlu kita kembangkan, selama ini Kerjasama tanda tangan MoU belum ada isi sekarang secara langsung kita isi, seperti dijelaskan oleh Pak Dekan, nanti ada 3 dokumen yang akan kita tandatangani, pertama MoU sebagai payung kerjasama, kemudian ada MoA sebagai tindak lanjut dari MoU, kemudian langsung kerja sama secara Institusinya dengan implementasinya. Ini adalah sebuah paket efektif dan efisien. Jadi dengan satu kegiatan kita melaksanakan 3 (tiga) hal sekaligus. Sangat relevan dengan kondisi kita saat ini, termasuk dengan kondisi Negara kita, yang Sumber Daya-nya banyak, namun belum dikelola dengan efisien dan efektif.”(admin,12/2022)