• Masuk Fasilitas Portal

Info : +62 741 60 673

10 Juni 2013, oleh admin Print
Laporan Rektor Pada Acara Wisuda Sarjana Ke 33 Universitas Batanghari Jambi, 8 Juni 2013

Syukur Alhamdulillah marilah sama-sama kita panjatkan kehadirat Allah S.W.T karena atas ridha dan rahmat-Nya lah pada pagi ini kita diberi kesempatan untuk menghadiri acara yang membahagiakan dalam keadaan sehat untuk menyaksikan mereka yang akan diwisuda menjadi lulusan Universitas Batanghari. Sholawat dan salam semoga dicurahkan oleh Allah S.W.T kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad S.A.W yang telah menjadi suri tauladan bagi kita semua untuk mencapai kehidupan yang lebih baik dengan senantiasa berbuat baik, jujur, adil dan profesional guna memenuhi kebutuhan dunia dan akhirat.

Pada wisuda ke 33 Semester Genap Tahun Akademik 2012/2013 ini, dengan bangga kami melepas sebanyak 434 orang lulusan, yang terdiri dari Lulusan Program Magister sebanyak 32 orang dan lulusan program sarjana sebanyak 402 orang. Lulusan program magister terdiri dari Program Magister Ilmu Hukum sebanyak 19 orang dan Program Magister Manajemen 13 orang. Untuk Program Sarjana terdiri dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan sebanyak 79 orang, Fakultas Ekonomi 109 orang, Fakultas Hukum 193 orang, Fakultas Teknik 10 orang, serta Fakultas Pertanian 10 orang. Dengan diwisudanya 434 orang lulusan pada hari ini maka Universitas Batanghari telah menghasilkan  lulusan sebanyak 7.877 orang. Suatu kebanggaan bagi kami karena sebanyak 32 orang wisudawan lulus dengan predikat Pujian atau Cumlaude. Wisuda kali ini memperlihatkan bahwa lulusan fakultas hukum merupakan wisudawan terbanyak sementara pada wisuda sebelumnya lulusan terbanyak terdapat pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Sesuai dengan Visi Universitas Batanghari yaitu menjadi pusat unggulan dalam pembelajaran dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni atas dasar akhlak mulia untuk kesejahteraan masyarakat. Yang kemudian di implementasikan melalui misi-misi yang telah kami rumus yaitu;

 

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan kegiatan pembelajaran yang berkualitas, efisien, efektif dan akuntabel dengan suasana akademik yang kondusif;
  2. Mengembangkan penelitian melalui riset dan pengembangan;
  3. Melaksanakan tanggung jawab sosial kepada masyarakat dengan penerapan hasil-hasil penelitian;
  4. Mengembangkan  kurikulum yang fleksibel dan relevan dengan kebutuhan lokal, regional dan nasional;

 

Dalam usaha mencapai Visi dan misi tersebut serta untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan berdaya saing tinggi kami lakukan dengan peningkatan kualitas akademik dosen, peningkatan sarana dan prasarana perkuliahan seperti penambahan ruang belajar, peningkatan fasilitas laboratorium, penambahan koleksi buku di perpustakaan dan meningkatkan kualitas pelayanan administrasi akademik dengan pemanfaatan system informasi terintegrasi secara online.

 

Saat ini Universitas Batanghari memiliki 7 Laboratorium dengan fasilitas dan peralatan praktikum yang sangat memadai, diantaranya Laboratorium Dasar Partanian, Laboratorium Komputer, Laboratorium Bahasa, Laboratorium Micro Teaching, Laboratorium Teknik Sipil, Laboratorium Teknik Lingkungan dan Laboratorium Teknik Listrik. Yang didukung oleh dosen tetap sebanyak 198 orang dengan kualifikasi pendidikan Magister dan Doktor.

Sebagai usaha untuk peningkatan mutu dan kualitas akademik maka pada bulan Maret 2013 yang lalu telah dilakukan Audit Mutu Internal (AMI) pada semua fakultas yang ada dilingkungan Unbari. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Auditor internal dibawah koordinasi Badan Penjaminan Mutu (BPM) Universitas Batanghari.

 

Pada bidang penelitian dan Pengabdian pada masyarakat kami terus berupaya mendorong seluruh staf pengajar untuk menghasilkan karya-karya ilmiah yang berkualitas, yang diterbitkan pada Jurnal Unbari, Jurnal Akreditasi Nasional maupun Jurnal Internasional.

 

Pada bidang Pengabdian pada masyarakat kami memadukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) dengan kegiatan Pos Pemberdayaan Masyarakat (Posdaya), sehingga kami berhasil membuat suatu model pengabdian masyarakat yang kami sebut dengan KKN-Posdaya. Suatu kebanggaan bagi kami bahwa kegiatan tersebut mendapat dukungan yang sangat baik dari Pemerintah Provinsi Jambi,   yang ditandai dengan Penandatanganan kerjasama antara Universitas Batanghari dengan Pemerintah Propinsi dan Yayasan Damandiri.

 

Dari kegiatan Kuliah Kerja Nnyata Mahasiswa Universitas Batanghari, saat ini telah terbentuk sebanyak 55 unit Posdaya yang tersebar di tiga Kabupaten di wilayah Provinsi Jambi, yaitu Kabupaten Muaro Jambi 30 Posdaya, Kabupaten Batanghari sebanyak 10 Posdaya dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur sebanyak 15 Pos daya. Kami berharap kegiatan ini akan terus dikembangkan sehingga unit Posdaya tersebut dapat terbentuk pada semua Kabupaten di wilayah Propinsi Jambi.

Perlu kami laporkan juga disini bahwa mahasiswa Fakultas Teknik Program Studi Teknik Sipil Universitas Batanghari yaitu Saudara Iqbal Tawakal Taufik pada tanggal 6 – 17 Juli 2013 akan mengikuti kejuaraan antar mahasiswa dunia  Universiade XXVII yang dilaksanakan di Kazar Rusia.

Atas nama pribadi dan atas nama Universitas Batanghari, saya mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak dalam memajukan Universitas Batanghari. Untuk itu kepada Pemerintah pusat melalui Kopertis wilayah X, Pemerintah Daerah Provinsi Jambi serta lembaga swasta pemberi beasiswa seperti  Sinar Mas Group, Petro china Ltd,  Conoco Philips, Kosgoro 1957, dan lain-lain  yang tidak dapat kami sebutkan satu-persatu, serta seluruh masyarakat yang telah memberikan dukungan dan kepercayaan kepada Unbari, sekali lagi kami mengucapkan terima kasih.

Kepada Direktur Bank Jambi, kami mengucapkan terima kasih, atas bantuannya kepada Unbari melalui Program CSR-nya untuk membeli perlengkapan Laboratorium Pertanian. Dengan bantuan tersebut maka Unbari akan memiliki peralatan praktikum yang lebih baik.

Pada kesempatan ini, atas nama pribadi dan atas nama sivitas akademika Universitas Batanghari saya menyampaikan penghargaan dan selamat kepada para wisudawan atas ketekunan, keuletan dan keberhasilan mereka dalam menyelesaikan studi masing-masing. Saya percaya, pengalaman bekerja konsisten secara sungguh-sungguh selama belajar di Unbari merupakan pengalaman yang sangat bermanfaat untuk meniti karier dalam usaha meraih masa depan gemilang.

Dalam kesempatan ini, saya sampaikan pula penghargaan dan terima kasih kepada seluruh Staf  akademik maupun staf non akademik unbari atas segala keikhlasan dan kesungguhannya dalam melaksanakan semua proses akademik dan administrasi, sehingga pada pagi ini, dengan rasa bahagia kita menyaksikan hasilnya.  

 

Masyarakat menunggu karya nyata Saudara atas pilihan yang telah Saudara pilih atau tak sengaja Saudara pilih. Keberhasilan yang Saudara capai hari ini bukanlah semata-mata milik Saudara sendiri, oleh karena itu, dibalik keberhasilan tersebut, saudara dituntut untuk berbagi ilmu pengetahuan yang diperoleh agar dapat dimanfaatkan oleh orang lain, yaitu mereka yang secara langsung maupun tidak langsung ikut berkontribusi terhadap keberhasilan Saudara. semangat dan motivasi diri menjadi sangat penting untuk menjadikan seseorang mampu mandiri berbuat dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya. Di samping itu, rasa kebersamaan yang tinggi juga diperlukan untuk dapat berjalan seiring dengan anggota masyarakat lainnya. Manfaat ilmu pengetahuan yang dibagi dan disebarkan oleh seorang insan berpendidikan tidak dapat diukur hanya dengan tingkat efektivitas dan efisiensinya saja, tetapi terasa dari peran dan keberadaannya, serta keserasian dan keselarasan langkahnya dalam masyarakat.

Ketika hari ini Saudara menutup pengalaman belajar Saudara di Universitas Batanghari, pada saat yang bersamaan, Saudara juga membuka penggalaman baru, yaitu pengalaman sebagai seorang lulusan Sarjana/Magister  Universitas Batanghari yang akan berkiprah dan berkarya dalam pembangunan bangsa. Dalam penggalan baru itu, Saudara akan belajar untuk menjadi seseorang yang bermakna bagi kehidupan Saudara dan sekitarnya, berbekal keahlian dan pengetahuan yang Saudara miliki. Lebih jauh lagi, Saudara juga akan belajar untuk hidup bersama-sama, menjadi satu di antara sekian banyak individu yang berjalan dengan serasi dan selaras dalam masyarakat. Suatu hari nanti, Saudara akan kembali membuka dan atau menutup suatu penggalan pengalaman, dan begitulah akan berlanjut terus dalam jalan kehidupan Saudara.

Saudara merupakan bagian dari potensi insani yang sangat diharapkan untuk meneruskan pembangunan, terutama dalam masa sulit seperti sekarang ini. Dalam pendidikan formal yang baru saja Saudara selesaikan, Saudara telah dilatih untuk mempunyai disiplin dan penalaran yang logis, kritis, sistematik dan konsisten. Itu semua diperlukan untuk membentuk struktur ilmu dan pengetahuan yang kokoh. Dengan bekal itu, diharapkan agar Saudara dapat mengembangkan sendiri daya kreativitas dan daya inovatif yang tinggi. Kemampuan tersebut akan sangat membantu dalam proses penyelesaian masalah nyata dan proses pengambilan keputusan.

Kepada keluarga wisudawan, orang tua, isteri, suami, saudara dan anggota keluarga lainnya, saya sampaikan ucapan selamat dan saya ikut berbahagia  atas keberhasilan anggota keluarga tersayang yang telah berhasil menyelesaikan studinya di Unbari. Jerih payah, dukungan semangat dan dukungan moral merupakan pengalaman dan kenangan yang sangat bermakna bagi kita semua.

 

Jambi,  8 Juni 2013

Rektor,

 

 

H. Fachruddin Razi, S.H., M.H.