Penyerahan Plakat Universitas Batanghari Jambi kepada... | Portal Akademik - Universitas Batanghari
  • Masuk Fasilitas Portal

Info : +62 741 60 673

03 November 2014, oleh admin Print
Penyerahan Plakat Universitas Batanghari Jambi kepada Kepala Perwakilan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Rabat, Maroko

Dubes RI untuk Maroko Bapak Tosari Widjaja didampingi oleh PF. Pensosbud, Bapak Mohammad Hartantyo, telah menerima plakat Universitas Batanghari Jambi yang diserahkan oleh Dr. Sri Marmoah, M.Pd. dalam rangka Program SAME BIPA Dikti tahun 2014 di Maroko. Dubes RI dalam sambutannya, antara lain memaparkan hubungan persaudaraan Indonesia-Maroko secara historis yang tercatat dalam sejarah, mulai dari kunjungan musafir terkenal Maroko Ibnu Batuthah di kerajaan Samudera Pasai-Aceh pada abad pertengahan sampai salah satu sesepuh Wali Songo Maulana Malik Ibrahim yang lebih dikenal dengan nama Syeikh Maulana Maghribi. Kedekatan hubungan Indonesia-Maroko juga dilihat dari banyaknya kitab karya ulama Maroko yang dijadikan rujukan bahan pelajaran wajib di berbagai pesantren di Indonesia. Ada juga peran aktif Indonesia dalam perjuangan kemerdekaan Maroko serta penyelenggaraan Konferensi Asia-Afrika di Bandung tahun 1955 hingga kunjungan bersejarah Presiden Soekarno ke Maroko pada Mei 1960.

Dengan adanya Program SAME BIPA Dikti di Maroko ini diharapkan ada kedekatan hubungan historis yang dapat dijadikan sebagai landasan dan batu pijakan bagi kedua negara untuk lebih memperkuat dan meningkatkan hubungan di berbagai bidang, serta membangun jembatan kerjasama peradaban Indonesia-Maroko. Lebih lanjut Dubes RI juga menyampaikan arti penting penguasaan bahasa dalam hubungan antar negara dan antar masyarakat sebagai salah satu faktor penting dalam rangka peningkatan hubungan bilateral di berbagai bidang. Dubes RI mengajak masyarakat Maroko pada umumnya dan mahasiswa-mahasiswi Maroko pada khususnya untuk dapat mempelajari dan mendalami lebih lanjut tentang Bahasa Indonesia. Dengan belajar bahasa Indonesia diharapkan masyarakat Maroko akan banyak mengenal dan mengetahui tentang Indonesia.