UNIVERSITAS BATANGHARI MENGGELAR LOKAKARYA PENYUSUNAN COURSE... | Portal Akademik - Universitas Batanghari
  • Masuk Fasilitas Portal

Info : +62 741 60 673

18 November 2015, oleh admin Print
UNIVERSITAS BATANGHARI MENGGELAR LOKAKARYA PENYUSUNAN COURSE PLAN BERBASIS KKNI

Sebagai bentuk keseriusan Universitas Batanghari dalam upayanya untuk terus meningkatkan mutu pendidikan dan pembelajarannya, Universitas Batanghari melalui Rektorat dan Badan Penjamin Mutu (BPM) Unbari menggelar Lokakarya Penyusunan Course Plan Berbasis KKNI pada hari Senin, 16 November 2015 lalu.

Kegiatan yang diikuti oleh Civitas Akademika Universitas Batanghari ini mengundang langsung Bapak Dr. Willy Susilo, S.Pd., M.B.A. sebagai pembicara utama, yaitu selaku Direktur Eksekutif Pusat Layanan Pengkajian dan Implementasi Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia dan Sistem Penjaminan Mutu Internal (Puslapim KKNI dan SPMI).

Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, yang selanjutnya disingkat KKNI, adalah kerangka penjenjangan kualifikasi kompetensi yang dapat menyandingkan, menyetarakan, dan mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja serta pengalaman kerja dalam rangka pemberian pengakuan kompetensi kerja sesuai dengan struktur pekerjaan di berbagai sektor. KKNI merupakan perwujudan mutu dan jati diri Bangsa Indonesia terkait dengan sistem pendidikan dan pelatihan nasional yang dimiliki Indonesia.

KKNI disusun berdasarkan kebutuhan dan tujuan khusus, yang khas bagi Indonesia untuk menyelaraskan sistem pendidikan dan pelatihan dengan sistem karir di dunia kerja. KKNI juga dirancang untuk sesuai dan setara dengan sistem yang dikembangkan negara‐negara lain. Dalam pengembangannya KKNI juga merujuk dan mempertimbangkan sistem kualifikasi negara lain seperti Eropa, Australia, Inggris, Scotlandia, Hongkong, dan Selandia Baru. Hal ini menjadikan kualifikasi yang tercakup dalam KKNI dapat dengan mudah disetarakan dan diterima oleh negara lain sehingga pertukaran peserta didik maupun tenaga kerja antar negara dapat dilakukan dengan tepat.(admin,11/2015)