• Masuk Fasilitas Portal

Info : +62 741 60 673

23 Mei 2017, oleh admin Print
LAPORAN REKTOR UNIVERSITAS BATANGHARI PADA WISUDA KE-41

Assalamualaikum Wr. Wb.,
Selamat pagi, salam sejahtera bagi kita semua,

Yth. Gubernur Jambi
Yth. Ketua DPRD Provinsi Jambi
Yth. Bapak-Bapak Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOMPIMDA) Provinsi Jambi
Yth. Ketua Pengadilan Tinggi dan Pengadilan Tinggi Agama
Yth. Bupati dan Walikota di Wilayah  Provinsi Jambi 
Yth. Bapak Koordinator Kopertis Wilayah X
Yth. Bapak Ketua Yayasan Pendidikan Jambi
Yth. Bapak Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di lingkungan Kota Jambi
Yth. Para Kepala SKPD, Kepala Badan di lingkungan Pemda Provinsi Jambi
Yth. Saudara-Saudara Anggota Senat Universitas Batanghari
Yth. Bapak/Ibu Dosen dan tenaga administrasi di lingkungan Unbari
Yth. Para Orang Tua dan keluarga wisudawan/ wisudawati, hadirin dan hadirat yang berbahagia.

Sebagai pendahuluan dari laporan ini, marilah kita memanjatkan Puji dan syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan yang maha kuasa, karena atas rahmat dan karunianya jualah sehingga pada pagi ini kita dapat berkumpul dalam rangka melaksanakan suatu  kegiatan  penting  bagi  keluarga  besar Universitas Batanghari, yaitu Rapat Senat Terbuka Universitas Batanghari dalam rangka Wisuda ke 41, Semester Genap Tahun Akademik 2016/2017. Sholawat dan salam semoga senantiasa dilimpahkan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW, serta para keluarga, sahabat dan para pengikutnya hingga akhir zaman.

Pada kesempatan ini pula, kami atas nama keluarga besar Universitas Batanghari, mengucapkan terimakasih yang tak terhingga, kepada para undangan dan hadirin semua, yang telah meluangkan waktu untuk menghadiri acara ini. Semoga niat baik Bapak dan Ibu datang untuk menghadiri wisuda ini menjadi amal ibadah disisi Allah SWT…… Amiin.

Bapak Gubernur, Bapak Koordinator, Bapak Ketua Yayasan, hadirin dan hadirat yang berbahagia,
Sehubungan dengan acara hari ini, perkenankan saya atas nama pribadi maupun institusi dan seluruh sivitas akademika Universitas Batanghari, melaporkan bahwa pada hari ini akan di wisuda sebanyak 546 orang lulusan, dari 5 Fakultas yang ada di lingkungan Universitas Batanghari. Rincian dari 546 orang lulusan tersebut terdiri dari; 
lulusan jenjang pendidikan Strata dua (S2) sebanyak 56 orang, jenjang pendidikan Strata satu (S1) sebanyak 488 orang dan jenjang pendidikan Diploma tiga (D3) sebanyak 2 orang. 

Pada Jenjang pendidikan S2 terdiri dari lulusan Magister Ilmu Hukum sebanyak 47 orang, dan Lulusan Program Magister Manajemen sebanyak 9 orang. Pada Jenjang pendidikan S1 terdiri dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sebanyak 119 orang, Fakultas Ekonomi 182 orang, Fakultas Hukum sebanyak 134 orang, Fakultas Teknik sebanyak 22 orang dan Fakultas Pertanian sebanyak 31 orang, sedangkan untuk jenjang pendidikan Diploma tiga sebanyak 2 orang dari Program Studi Teknik Listrik. 

Dengan diwisudanya 546 orang wisudawan pada pagi ini, maka Universitas Batanghari telah menghasilkan lulusan sebanyak 11.313 orang. Wisuda kali ini merupakan wisuda terbanyak dibanding dengan wisuda sebelumnya.

Bapak Gubernur, Bapak Koordinator, Bapak Ketua Yayasan, hadirin dan hadirat yang berbahagia,
Sebagai usaha untuk meningkatkan kompetensi dosen tetap dilingkungan Universitas Batanghari, disamping mendorong dosen untuk melanjutkan studi ke jenjang S3, kami juga giat melaksanakan kegiatan seminar nasional maupun seminar internasional, workshop serta kuliah umum. Pada tanggal 8 April 2017 yang lalu, kami melaksanakan seminar Internasional dengan mengangkat tema ”Improving Human Resources  through Sustainable Education”, dengan pembicara utama (1) Prof. Dr. Anissa Taouil Hassouna, dari University of Hasan II Casablangka, Marocco, (2) Prof. Dr. Aly Abdel Moneim, dari Maqasit Institute, London, (3) Prof. Dr. H. Anas Yasin, MA, dari Universitas Negeri Padang, Indonesia, serta (4) Video Conference bersama Prof. Dr. Jasser Auda (Direktor of Makasit Institute, London).

Pada tanggal 6 Mei 2017 yang lalu juga dilaksanakan Seminar Nasional dengan tema “Permasalahan, Tantangan dan Kebijakan dalam mengurangi kemiskinan melalui pembangunan berkelanjutan”. Dengan menghadirkan 5 (lima) orang pembicara utama yaitu; (1) Prof. Dr. H. Hery, SE, MBA (Koordinator Kopertis Wilayah X), (2) Dr. Ir. H. Budi Djatmiko, M.Si, MEI (ketua Umum pengurus pusat APTISI), (3) Ir. Husni Djamal, M.Agr.St (Staf Ahli, Gubernur Jambi), (4) Prof. Dr. Syamsurizal Tan (Ketua Program Magister Ilmu Ekonomi, Universitas Jambi), serta (5) Prof. Dr. H. Imran Ismail (Ketua STIE Prima Sengkang, Sulawesi Selatan). 

Disamping itu, juga sering dilakukan Workshop serta kuliah umum dengan menghadirkan berbagai narasumber. Pada 17 Mei 2017 yang baru lalu, kami melaksanakan kuliah umum dengan tema “Peran kegiatan hulu migas terhadap pembangunan daerah”. Dengan menghadirkan pembicara dari SKK Migas, Pertamina dan Petrochina.

Kegiatan seminar sangat bermanfaat untuk membuka wawasan peserta dalam memandang suatu permasalahan sesuai dengan materi yang di bahas. 


Bapak, Ibu dan hadirin yang kami hormati,
Untuk meningkatkan daya saing lulusan dalam menghadapi era globalisasi, maka pada tahun ini kami melakukan pengembangan kurikulum pada semua Program Studi dilingkungan Universitas Batanghari. Sebagaimana diatur dalam Permenristekdikti Nomor 44 Tahun 2015 Pasal 1, menyatakan bahwa kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai capaian pembelajaran lulusan, bahan kajian, proses, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaran program studi. Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT) merupakan amanah institusi yang harus senantiasa diperbaharui sesuai dengan perkembangan kebutuhan dan IPTEK yang dituangkan dalam Capaian Pembelajaran  yang dirumuskan dalam jenjang kualifikasi KKNI. Dengan demikian pengembangan kurikulum harus mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi yang mencakup pengembangan kecerdasan intelektual, akhlak mulia, dan keterampilan.

Setelah dilakukan pembahasan dan pengkajian mendalam, maka kurikulum baru tersebut akan mulai digunakan pada semester ganjil tahun akademik 2017/2018 yang akan datang.

Berkaitan dengan peningkatan mutu jurnal sebagai wadah publikasi Terbitan Berkala Ilmiah (TBI), maka jurnal ilmiah yang di terbitkan harus dalam bentuk eletronik (e-jurnal). Adapun salah satu yang dikenal sebagai sistem pengelolaan jurnal berbasis elektronik (e-journal) ialah Open Journal System (OJS). Fungsi OJS itu sendiri adalah membantu pengaturan aspek pengguna dalam menyusun sebuah jurnal, termasuk menyimpan track hasil kerja editor, reviewer, dan penulis, memberi tahu pembaca, bantuan menggunakan koresponden, mengurangi biaya penerbitan jurnal, serta menyediakan akses terbuka (open access) bagi pembaca.

Untuk menjawab tantangan tersebut, saat ini telah ada jurnal elektronik (e-jurnal) pada setiap Fakultas di lingkungan Universitas Batanghari. Dengan penerbitan berkala artikel ilmiah berbasis elektronik ini memungkinkan semua proses pengelolaan, yaitu pengiriman, penyuntingan, penelaahan dan penerbitan naskah karya ilmiah dilakukan secara elektronik. 

Para Wisudawan yang berbahagia,
Dengan pelaksanaan wisuda hari ini, saudara akan dikukuhkan menjadi sarjana baru Universitas Batanghari.  Saudara telah berhasil melewati semua proses pendidikan yang ada. Keberhasilan Saudara adalah berkat Rahmat dan Karunia Allah SWT, yang ditunjang dengan kerja keras dan usaha Saudara serta tentu saja dengan dukungan dari orang tua dan keluarga. Keberhasilan Saudara hari ini bukan saja milik Saudara, tetapi ini juga merupakan keberhasilan segenap civitas akademika Universitas Batanghari, keberhasilan orang tua, keluarga dan juga sahabat yang telah ikut membantu dalam proses studi tersebut. 

setelah saudara-saudara meninggalkan Universitas Batanghari ini, jagalah nama baik almamater dengan cara menunjukkan jati diri saudara sebagai seorang Sarjana dan Magister yang beriman dan bertaqwa, serta siap untuk bekerja keras guna menghasilkan karya-karya yang bermanfaat, baik bagi saudara sendiri maupun bagi masyarakat sekitarnya. Tuntutlah ilmu sepanjang hayat dikandung badan, dengan tak henti-hentinya memperbanyak membaca berbagai referensi dan aplikasikanlah dalam kehidupan sehari-hari.
Kami mendoakan semoga Saudara sukses dalam menapaki karir untuk mencapai masa depan yang lebih baik.  

Bapak Gubernur, Bapak Koordinator, Bapak Ketua Yayasan, hadirin dan hadirat yang berbahagia,
Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya mewakili seluruh sivitas akademika Universitas Batanghari mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan dan wisudawati yang di wisuda pada hari ini. Kepada orang tua, orang tua asuh, wali mahasiswa, penyedia beasiswa, dan keluarga wisudawan saya juga ucapkan selamat. Kami juga mengucapkan ribuan terimakasih atas kepercayaan Bapak/Ibu untuk menitipkan putra dan putrinya menuntut ilmu di kampus kami. Kepercayaan tersebut hari ini telah dapat di buktikan dengan selesainya studi putra putri Bapak/Ibu sekalian. 

Pada kesempatan ini, saya juga mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada seluruh tenaga pendidik (dosen) dan tenaga kependidikan (tenaga administrasi) di lingkungan Universitas Batanghari. Karena atas kerja keras dan kerjasama yang baik dalam membina mahasiswa serta melaksanakan tugas pembelajaran, sehingga mereka berhasil menyelesaikan studinya. 

Demikianlah laporan ini kami sampaikan, semoga apa yang telah kita capai saat ini akan menjadi kekuatan untuk menghadapi masa depan, sedangkan apa yang kita rencanakan semoga Tuhan senantiasa memberikan jalan untuk mewujudkannya…, Amin Ya Robbal Alamin…… 

Terima kasih kepada semua pihak yang telah bersama-sama bekerja keras dengan penuh dedikasi dan berpartisipasi aktif dalam mengembangkan dan memajukan Universitas Batanghari tercinta. 

Selanjutnya, kami mohon perkenan Bapak Gubernur untuk menyampaikan kata sambutan, serta kepada Bapak Koordinator Kopertis Wilayah X kami mohon pula untuk menyampaikan kata sambutan.

Akhirnya kami mohon maaf atas segala kelemahan dan kesalahan. Semoga Allah SWT senantiasa melindungi kita semua, amiin Yaa Robbal Alamin, 

Sekian dan Terima kasih.
Billahi Taufiq wal Hidayah,
Assalamu’alaikum Wr. Wb.    
 
Jambi,  23 Mei 2017
Rektor,
 

H. Fachruddin Razi, S.H., M.H.