• Masuk Fasilitas Portal

Info : +62 741 60 673

11 Oktober 2017, oleh admin Print
KULIAH UMUM KEPALA PUSAT STANDARISASI SISTEM DAN KEPATUHAN BKIPM DI UNIVERSITAS BATANGHARI (UNBARI) JAMBI

Fakultas Pertanian (FP) UNBARI (09/10/2017) menyelenggarakan Kuliah Umum yang bertemakan “BKIPM Selaku Otoritas Kompeten Kesehatan Ikan dan Keamanan Hasil Perikanan dalam Mendukung Pembangunan Kelautan dan Perikanan di Provinsi Jambi”.

Peranan strategis karantina ikan, mutu dan keamanan hasil perikanan diwujudkan dalam melindungi kelestarian sumberdaya perikanan dari ancaman hama penyakit ikan berbahaya, menjamin kesehatan, mutu dan keamanan hasil perikanan serta mengendalikan impor dan ekspor hasil perikanan berbasis scientific barrier sesuai ketentuan peraturan karantina, mutu dan keamanan hasil perikanan.

Selain itu dengan semakin meningkatnya kegiatan lalu lintas hasil perikanan membawa konsekuensi meningkatnya resiko masuk dan tersebarnya hama dan penyakit ikan berbahaya serta masuknya hasil perikanan yang dapat merugikan dan membahayakan kesehatan manusia.

Oleh karena itu peranan BKIPM diharapkan mampu mewujudkan hasil perikanan yang berkualitas dan berdaya saing, memiliki akseptabilitas yang tinggi di pasar nasional dan internasional serta mendukung kelestarian sumberdaya perikanan.

Dalam sambutannya, Rektor UNBARI Bapak Fachruddin Razi berpesan, semoga apa yang menjadi tujuan dalam kegiatan ini akan memberi warna dan dampak yang baik untuk perbaikan kita semua dan kemajuan pembangunan bangsa khususnya Provinsi Jambi, serta materi yang disampaikan dapat diambil dan dipahami oleh mahasiswa UNBARI, sehingga dapat meningkatkan wawasan dan ilmu pengetahuan, dan kelak setelah mereka selesai/tamat akan dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat.

Kegiatan ini dihadiri oleh Bapak Ir. Teguh Samudro, M.P. dan rombongan selaku narasumber, serta undangan seperti Bapak R. Rudi Barmara, S.Pi., M.P. selaku Kepala Karantina, Kepala Pusat Standarisasi Sistem dan Kepatuhan BKIPM, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jambi, Kepala Dinas Pertanian, Peternakan, Perikanan dan Kehutanan Kota Jambi, Kepala Bappeda Provinsi Jambi, serta para undangan lainnya.(admin,10/2017)