• Masuk Fasilitas Portal

Info : +62 741 60 673

23 November 2017, oleh admin Print
LAPORAN REKTOR PADA UPACARA WISUDA ke 42 PROGRAM PASCASARJANA DAN SARJANA UNIVERSITAS BATANGHARI

LAPORAN REKTOR

PADA UPACARA WISUDA ke 42

PROGRAM PASCASARJANA DAN SARJANA

UNIVERSITAS BATANGHARI

Jambi, 23 November 2017

 

 

Assalamualaikum Wr. Wb.,

Selamat pagi, salam sejahtera bagi kita semua,

 
Yth. Gubernur Jambi
Yth. Ketua DPRD Provinsi Jambi
Yth. Bapak Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie, SH, yang Insya Allah akan menyampaikan Orasi Ilmiah
Yth. Bapak-Bapak Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOMPIMDA) Provinsi Jambi
Yth. Ketua Pengadilan Tinggi dan Pengadilan Tinggi Agama
Yth. Bupati dan Walikota di Wilayah  Provinsi Jambi

Yth. Bapak Koordinator Kopertis Wilayah X

Yth. Bapak Ketua Yayasan Pendidikan Jambi

Yth. Bapak Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di lingkungan Kota Jambi

Yth. Para Kepala SKPD, Kepala Badan di lingkungan Pemda Provinsi Jambi

Yth. Saudara-Saudara Anggota Senat Universitas Batanghari

Yth. Bapak/Ibu Dosen dan tenaga administrasi di lingkungan Unbari

Yth. Para Orang Tua dan keluarga wisudawan/ wisudawati, hadirin dan hadirat yang berbahagia.

 

Sebagai pendahuluan dari laporan ini, marilah kita memanjatkan Puji dan syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan yang maha kuasa, karena atas rahmat dan hidayah-Nya pada pagi ini kita dapat berkumpul dalam keadaan sehat walafiat, guna menghadiri prosesi wisuda Universitas Batanghari pada jenjang pendidikan Parscasarjana dan pendidikan sarjana ke 42, Semester Ganjil Tahun Akademik 2017/2018. Sholawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW, serta para keluarga, sahabat dan para pengikutnya hingga akhir zaman.

 

Pada kesempatan ini, saya atas nama keluarga besar Universitas Batanghari, mengucapkan terimakasih kepada para undangan dan hadirin semua, yang telah meluangkan waktu untuk menghadiri acara ini. Semoga niat baik Bapak dan Ibu datang untuk menghadiri wisuda ini menjadi amal ibadah disisi Allah SWT…… Amiin.

 

Bapak Gubernur, Bapak Koordinator, Bapak Ketua Yayasan, hadirin dan hadirat yang berbahagia,

Sehubungan dengan acara hari ini, perkenankan saya melaporkan bahwa lulusan Unbari yang akan di wisuda pada hari ini berjumlah sebanyak 342 orang, yang meliputi 5 Fakultas di lingkungan Universitas Batanghari. Rincian dari 342 orang lulusan tersebut adalah; lulusan jenjang pendidikan Strata Dua (S-2) sebanyak 29 orang dan jenjang pendidikan Strata Satu (S-1) sebanyak 313 orang.

 

Pada Jenjang pendidikan S-2 terdiri dari lulusan Magister Ilmu Hukum sebanyak 24 orang, dan Lulusan Program Magister Manajemen sebanyak 5 orang. Pada Jenjang pendidikan S-1 terdiri dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sebanyak 119 orang, Fakultas Ekonomi 56 orang, Fakultas Hukum sebanyak 88 orang, Fakultas Teknik sebanyak 27 orang dan Fakultas Pertanian sebanyak 23 orang. Dengan diwisudanya 342 orang wisudawan pada pagi ini, maka Universitas Batanghari telah menghasilkan lulusan sebanyak 11.655 orang.

 

Bapak Gubernur, Bapak Koordinator, Bapak Ketua Yayasan, hadirin dan hadirat yang berbahagia,

Memperhatikan anjuran kemenristekdikti tentang penerapan Kurikulum Pendidikan Tinggi, maka pada mahasiswa baru semester ganjil tahun akademik 2017/2018 telah diterapkan Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT) pada semua Program Studi dilingkungan Universitas Batanghari. Sebagaimana diatur dalam Permenristekdikti Nomor 44 Tahun 2015 Pasal 1, menyatakan bahwa kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai capaian pembelajaran lulusan, bahan kajian, proses, dan penilaian yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaran program studi. Kurikulum Pendidikan Tinggi (KPT) merupakan amanah institusi yang harus senantiasa diperbaharui sesuai dengan perkembangan kebutuhan dan IPTEK yang dituangkan dalam Capaian Pembelajaran  yang dirumuskan dalam jenjang kualifikasi KKNI. Dengan demikian pengembangan kurikulum harus mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi yang mencakup pengembangan kecerdasan intelektual, akhlak mulia, dan keterampilan.

 

Berkaitan dengan peningkatan mutu jurnal sebagai wadah publikasi Terbitan Berkala Ilmiah (TBI), maka jurnal ilmiah yang di terbitkan harus dalam bentuk eletronik (e-jurnal). Adapun salah satu yang dikenal sebagai sistem pengelolaan jurnal berbasis elektronik (e-journal) ialah Open Journal System (OJS). Fungsi OJS itu sendiri adalah membantu pengaturan aspek pengguna dalam menyusun sebuah jurnal.

 

Untuk menjawab tantangan tersebut, saat ini telah ada jurnal elektronik (e-jurnal) pada setiap Fakultas di lingkungan Universitas Batanghari. Dengan penerbitan berkala artikel ilmiah berbasis elektronik ini memungkinkan semua proses pengelolaan, yaitu pengiriman, penyuntingan, penelaahan dan penerbitan naskah karya ilmiah dilakukan secara elektronik.

 

Bapak Gubernur, Bapak Koordinator, Bapak Ketua Yayasan, hadirin dan hadirat yang berbahagia,

Pada kesempatan ini, perlu juga saya laporkan kondisi terakhir jumlah mahasiswa dan dosen tetap dilingkungan Universitas Batanghari. Pada data pelaporan kemenristekdikti yang dirilis pada laman https://forlap.ristekdikti.go.id, semester genap tahun akademik 2016/2017 dosen tetap Unbari berjumlah sebanyak 192 orang, sedangkan jumlah mahasiswa  sebanyak 5.926, dengan demikian rasio perbandingan dosen tetap terhadp mahasiswa pada periode pelaporan tersebut adalah (1 : 30,86).

 

Pada penerimaan  mahasiswa baru tahun ini, kami menerima berkas pendaftaran calon mahasiswa baru sebanyak 1.973 orang. Setelah dilakukan tahapan seleksi ujian online dan wawancara, maka yang berhasil lulus dan daftar ulang sebanyak 1.555 orang. Jumlah tersebut sesuai dengan target yang telah ditetapkan, dengan mempertimbangkan kapasitas ruang kuliah dan berbagai fasilitas lainnya.

 

Dengan penambahan jumlah mahasiswa baru sebanyak 1.555 orang tersebut, maka pada semester ganjil tahun akademik 2017/2018 mahasiswa yang melaksanakan registrasi ulang berjumlah sebanyak 6.206 orang, yang terdiri dari Fakultas KIP sebanyak 866 orang, fakultas ekonomi sebanyak 1.896, fakultas hukum sebanyak 1.730 orang, fakultas teknik sebanyak 872 orang dan fakultas pertanian sebanyak 351 orang, sedangkan mahasiswa program pascasarjana sebanyak 491 orang.

 

Untuk menjaga kecukupan rasio dosen tetap terhadap mahasiswa, maka dilakukan  menambah dosen baru sesuai dengan kebutuhan program studi. Pada tahun 2017 ini kami menerima dosen baru sebanyak 12 orang dengan jenjang pendidikan S-2 dan S3. Dengan demikian jumlah dosen tetap saat ini adalah 204 orang. Disamping penambahan dosen baru, juga terus dilakukan peningkatan kualifikasi akademik dosen tetap dari jenjang pendidikan S-2 ke janjang S-3. Saat ini dosen tetap yang berpendidikan S-3 atau Doktor berjumlah sebanyak 28 orang dan yang sedang dalam pendidikan S-3 sebanyak 31 orang. Jika dibandingkan dengan jumlah mahasiswa yang registasi pada semester ganjil 2017/2018 sebanyak 6.206 dan dosen tetap berjumlah 204 orang, maka rasio dosen tetap terhadap mahasiswa pada semester ganjil 2017/2018 adalah (1 : 30,42).

 

Para Wisudawan yang berbahagia,

Dengan pelaksanaan wisuda hari ini, saudara akan dikukuhkan menjadi sarjana baru Universitas Batanghari.  Saudara telah berhasil melewati semua proses pendidikan yang ada. Keberhasilan Saudara adalah berkat Rahmat dan Karunia Allah SWT, yang ditunjang dengan kerja keras dan usaha Saudara serta tentu saja dengan dukungan dari orang tua dan keluarga. Keberhasilan Saudara hari ini bukan saja milik Saudara, tetapi ini juga merupakan keberhasilan segenap civitas akademika Universitas Batanghari, keberhasilan orang tua, keluarga dan juga sahabat yang telah ikut membantu dalam proses studi tersebut.

 

Hari ini ketabahan dan kesabaran saudara dalam menempuh pendidikan di Universitas Batanghari telah membuahkan hasil yang membanggakan, dengan diperolehnya gelar akademik sesuai dengan bidang ilmu dan jenjang pendidikan yang saudara tempuh. Untuk itu, saya mengucapkan selamat dan turut bangga dengan prestasi Saudara tersebut, yang tentunya disertai dengan bersyukur kehadirat Allah SWT. Dan saya harap saudara mampu mengamalkan ilmu yang telah diperoleh dalam profesi Saudara masing-masing secara lebih baik, disiplin, bertanggung jawab dan berkualitas.

 

Setelah saudara-saudara meninggalkan Universitas Batanghari ini, jagalah nama baik almamater dengan cara menunjukkan jati diri saudara sebagai seorang Sarjana dan Magister yang beriman dan bertaqwa, serta siap untuk bekerja keras guna menghasilkan karya-karya yang bermanfaat, baik bagi saudara sendiri maupun bagi masyarakat sekitarnya. Tuntutlah ilmu sepanjang hayat dikandung badan, dengan tak henti-hentinya memperbanyak membaca berbagai referensi dan aplikasikanlah dalam kehidupan sehari-hari.

Kami mendoakan semoga Saudara sukses dalam menapaki karir untuk mencapai masa depan yang lebih baik. 

 

Bapak Gubernur, Bapak Koordinator, Bapak Ketua Yayasan, hadirin dan hadirat yang berbahagia,

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya mewakili seluruh sivitas akademika Universitas Batanghari mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan dan wisudawati yang di wisuda pada hari ini. Kepada orang tua, orang tua asuh, wali mahasiswa, penyedia beasiswa, dan keluarga wisudawan saya juga ucapkan selamat. Kami juga mengucapkan ribuan terimakasih atas kepercayaan Bapak/Ibu untuk menitipkan putra dan putrinya menuntut ilmu di kampus kami. Kepercayaan tersebut hari ini telah dapat di buktikan dengan selesainya studi putra putri Bapak/Ibu sekalian.

 

Pada kesempatan ini, saya juga mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada seluruh tenaga pendidik (dosen) dan tenaga kependidikan (tenaga administrasi) di lingkungan Universitas Batanghari. Karena atas kerja keras dan kerjasama yang baik dalam membina mahasiswa serta melaksanakan tugas pembelajaran, sehingga mereka berhasil menyelesaikan studinya.

 

Demikianlah laporan ini kami sampaikan, semoga apa yang telah kita capai saat ini akan menjadi kekuatan untuk menghadapi masa depan, sedangkan apa yang kita rencanakan semoga Tuhan senantiasa memberikan jalan untuk mewujudkannya…, Amin Ya Robbal Alamin……

 

Selanjutnya, kami mohon perkenan Bapak Prof. Dr. Jimly Asshiddiqie, SH untuk menyampaikan Orasi Ilmiah, dan kepada Bapak Gubernur Jambi kami mohon pengarahannya, kemudian kepada Bapak Koordinator Kopertis Wilayah X kami mohon pula untuk menyampaikan kata sambutan.

 

Akhirnya kami mohon maaf atas segala kelemahan dan kesalahan. Semoga Allah SWT senantiasa melindungi kita semua, amiin Yaa Robbal Alamin.

 

Sekian dan Terima kasih.

Billahi Taufiq wal Hidayah,

Assalamu’alaikum Wr. Wb.                         

  

Jambi,  23 November 2017

Rektor,

 

 

H. Fachruddin Razi, S.H., M.H.