• Masuk Fasilitas Portal

Info : +62 741 60 673

16 Oktober 2018, oleh admin Print
EXPO KKN TEMATIK POSDAYA UNBARI KE 38 TAHUN 2018

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah salah satu bentuk pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi yang dalam pelaksanaannya kini Perguruan Tinggi selayaknya bersinergi untuk berfokus menghasilkan outcome yang bermanfaat.

Hal inilah yang menjadi alasan UNBARI mengambil bentuk KKN Tematik Posdaya sebagai bentuk pelaksanaan KKN-nya, disamping bentuk pelaksanaan KKN lainnya seperti KKL untuk Kelas Bekerja  dan PPL bagi mahasiswa jurusan Pendidikan dan Keguruan. Bentuk KKN menyesuaikan kebutuhan mahasiswa sesuai bidang yang ditekuni guna memperoleh manfaat yang lebih baik dan tepat.

KKN Tematik Posdaya yang UNBARI pilih merupakan salah satu gerakan menyebarluaskan konsep Posdaya. Model KKN ini terselenggara hasil kerjasama antara Yayasan Dana Sejahtera Mandiri Jakarta dengan Perguruan Tinggi, dan pemerintah daerah kabupaten/kota. Pos Pemberdayaan Masyarakat (Posdaya) digagas tahun 2006 oleh Prof. Haryono Suyono sebagai pengembangan dari konsep Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu).

Posdaya adalah forum silaturahmi, komunikasi, advokasi dan wadah kegiatan penguatan fungsi - fungsi keluarga secara terpadu. Posdaya dikembangkan untuk memberdayakan delapan fungsi keluarga secara terpadu. Kedelapan fungsi tersebut adalah fungsi agama atau Ketuhanan Yang Maha Esa, fungsi budaya, fungsi cinta kasih, fungsi perlindungan, fungsi reproduksi dan kesehatan, fungsi pendidikan, fungsi ekonomi atau wirausaha dan fungsi lingkungan.

KKN Tematik Posdaya tidak sekedar memberikan pelatihan-pelatihan dalam masyarakat, tetapi bersama-sama masyarakat menganalisis kebutuhan dan potensi masyarakat. Melalui kegiatan ini mahasiswa dapat mencetuskan gagasan baru walaupun sederhana tetapi bermanfaat bagi masyarakat. KKN Tematik Posdaya juga mendorong dan menggerakkan masyarakat untuk mengatasi masalah dengan potensi dan cara mereka sendiri. Dengan demikian, masyarakat memiliki kemampuan menuju kemandirian dan peningkatan kesejahteraan.

Expo KKN Posdaya sebagai bagian dari rangkaian kegiatan KKN Tematik Posdaya adalah bukti hasil kerja mahasiswa bersama masyarakat yang bernilai ekonomi atau hasil inovasi teknologi tepat guna dipamerkan dalam acara ini. Berbagai hasil karya bersama yang menakjubkan, seperti Bolu Kelapa Sawit, Olahan Tepung Pisang, Inovasi dalam teknik pengolahan limbah, air, Inovasi di bidang pertanian, perikanan, pembangunan infrastruktur yang semuanya berkiblat pada potensi lokal, dan masih banyak lagi hasil yang bernilai membuktikan bahwa keberadaan mahasiswa, terutama Mahasiswa Universitas Batanghari (UNBARI) Jambi di tengah-tengah masyarakat Jambi telah membantu menyadarkan masyarakat akan potensinya untuk membangun desa/daerahnya sendiri. Sebanyak 386 mahasiswa UNBARI dari 5 Fakultas mengikuti rangkaian kegiatan KKN Tematik Posdaya Ke-38 Tahun 2018 ini.

Sedangkan Expo KKN UNBARI Ke-38 di Kabupaten Muaro Jambi (Selasa, 16/10/2018) berlangsung di Creative Park yaitu Lokasi Warisan Budaya Candi Muaro Jambi dengan dibuka langsung oleh Rektor UNBARI, Bapak Fachruddin Razi, dengan dihadiri tamu dari berbagai instansi pemerintah Jambi seperti Kapolda Jambi, Ketua PKK Jambi, Ketua BKKBN, Bupati, Kepala Lurah dan Desa Muaro Jambi, serta tamu undangan lainnya.(admin,10/2018)