• Masuk Fasilitas Portal

Info : +62 741 60 673

18 Oktober 2018, oleh admin Print
BERSAMA BI, KULIAH UMUM “INOVASI DIGITAL: FINANCIAL TECHNOLOGY” DI UNBARI

Teknologi sebagai bagian dari masyarakat yang tak terpisahkan di era digital dimana informasi dan transfer ilmu pengetahuan beredar dengan cepat menuntut masyarakat untuk cerdas dalam pemanfaatannya. Aspek keuangan yang menjadi bagian dari kehidupan masyarakat tak luput dari perubahan perkembangan digitalisasi yang melahirkan Financial Technology.

Financial technology/FinTech merupakan hasil gabungan antara jasa keuangan dengan teknologi yang akhirnya mengubah model bisnis dari konvensional menjadi moderat, yang awalnya dalam membayar harus bertatap-muka dan membawa sejumlah uang kas, kini dapat melakukan transaksi jarak jauh dengan melakukan pembayaran yang dapat dilakukan dalam hitungan detik saja.

FinTech muncul seiring perubahan gaya hidup masyarakat yang saat ini didominasi oleh pengguna teknologi informasi tuntutan hidup yang serba cepat. Dengan FinTech, permasalahan dalam transaksi jual-beli dan pembayaran seperti tidak sempat mencari barang ke tempat perbelanjaan, ke bank/ATM untuk mentransfer dana, keengganan mengunjungi suatu tempat karena pelayanan yang kurang menyenangkan dapat diminimalkan. Dengan kata lain, FinTech membantu transaksi jual beli dan sistem pembayaran menjadi lebih efisien dan ekonomis namun tetap efektif.

Bagi konsumen, FinTech memberi manfaat untuk mendapatkan layanan yang lebih baik, pilihan yang lebih banyak, serta harga yang lebih murah. Bagi pemain FinTech (pedagang produk atau jasa), FinTech memberi manfaat menyederhanakan rantai transaksi, menekan biaya operasional dan biaya modal, serta membekukan alur informasi. Sedangkan bagi suatu Negara, FinTech memberi manfaat mendorong transmisi kebijakan ekonomi, meningkatkan kecepatan perputaran uang sehingga meningkatkan ekonomi masyarakat. Di Indonesia, FinTech turut mendorong Strategi Nasional Keuangan Inklusif/SKNI.

Memahami bagaiman FinTech bekerja dalam sistem perekonomian suatu negara, bagaimana peran, dampak, dan keuntungannya, bagaimana memanfaatkannya dengan baik menjadi alasan pentingnya memberikan pemahaman sejak dini kepada Mahasiswa sebagai calon pelaku utama dalam masyarakat. Hal inilah yang menjadi alasan Fakultas Ekonomi (FE-UNBARI) memberikan pengetahuan mengenai FinTech dengan menghadirkan pakar langsung dari Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jambi, Bapak Bayu Martanto.

Acara yang berlangsung hari Rabu, 17 Oktober 2018 ini dibuka langsung oleh Rektor UNBARI dalam hal ini diwakili oleh Wakil Rektor II, Ibu Hj. Fathiyah, M.Si. yang didampingi oleh Dekan FE-UNBARI, Ibu Dr. Hj. Arna Suryani, M.Ak., AK, CA. beserta jajarannya, serta dosen dan mahasiswa FE-UNBARI.(admin,10/2018)