• Masuk Fasilitas Portal

Info : +62 741 60 673

04 Mei 2019, oleh admin Print
Sambutan Rektor pada Wisuda Sarjana ke 45
LAPORAN 
REKTOR UNIVERSITAS BATANGHARI
PADA UPACARA WISUDA ke 45 
PROGRAM MAGISTER dan SARJANA
Jambi, 4 Mei 2019 
 
 
Bismillahirrohmaanirrohim...
Assalamualaikum Wr. Wb.,
Selamat pagi, salam sejahtera bagi kita semua,
 
Yth. Gubernur Jambi
Yth. Ketua DPRD Provinsi Jambi
Yth. Bapak-Bapak Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOMPIMDA) Provinsi Jambi
Yth. Ketua Pengadilan Tinggi dan Pengadilan Tinggi Agama
Yth. Bupati dan Walikota di Wilayah  Provinsi Jambi 
Yth. Bapak Kepala LLDIKTI Wilayah X
Yth. Bapak Ketua Aptisi Wilayah X-A Jambi
Yth. Bapak Ketua Yayasan Pendidikan Jambi
Yth. Bapak Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di lingkungan Kota Jambi
Yth. Para Kepala SKPD, Kepala Badan di lingkungan Pemda Provinsi Jambi
Yth. Saudara-Saudara Anggota Senat Universitas Batanghari
Yth. Bapak/Ibu Dosen dan tenaga administrasi di lingkungan Unbari
Yth. Para Orang Tua dan keluarga wisudawan/wisudawati, hadirin dan hadirat yang berbahagia.
Para Wisudawan yang saya sayangi...
 
Sebagai pembuka dari laporan ini, marilah kita memanjatkan Puji dan syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan yang maha kuasa, karena atas rahmat dan hidayah-Nya pada pagi ini kita dapat berkumpul dalam keadaan sehat walafiat, guna menghadiri prosesi wisuda Universitas Batanghari pada jenjang pendidikan Parscasarjana dan Sarjana ke 45, Semester Genap Tahun Akademik 2018/2019. Sholawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW, serta para keluarga, sahabat dan para pengikutnya hingga akhir zaman. 
 
Pada kesempatan ini, perkenankan saya atas nama pribadi dan atas nama keluarga besar Universitas Batanghari, mengucapkan terimakasih kepada para undangan dan hadirin semua, yang telah berkenan hadir dalam acara ini. Semoga niat baik Bapak dan Ibu datang untuk menghadiri wisuda ini menjadi amal ibadah disisi Allah SWT…… Amiin.
 
Bapak Gubernur, Bapak Kepala LLDIKTI, Bapak Ketua Yayasan, hadirin dan hadirat yang berbahagia,
Sehubungan dengan acara hari ini, perkenankan saya untuk melaporkan bahwa lulusan yang akan di wisuda pada hari ini berjumlah 465 orang, yang meliputi 5 Fakultas yang ada di lingkungan Universitas Batanghari. Rincian dari 465 orang lulusan tersebut adalah; lulusan jenjang pendidikan Strata Dua (S.2) sebanyak 26 orang dan lulusan jenjang pendidikan Strata Satu (S.1) sebanyak 439 orang. Pada Jenjang pendidikan S.2 terdiri dari lulusan Magister Ilmu Hukum sebanyak 22 orang dan Lulusan Program Magister Manajemen sebanyak 4 orang. Pada Jenjang pendidikan S-1 terdiri dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sebanyak 57 orang, Fakultas Ekonomi 164 orang, Fakultas Hukum sebanyak 152 orang, Fakultas Teknik sebanyak 46 orang dan Fakultas Pertanian sebanyak 20 orang. Dengan diwisudanya 465 orang wisudawan pada pagi ini, maka Universitas Batanghari telah menghasilkan lulusan sebanyak 13.084 orang. 
 
Dari 465 wisudawan hari ini, terdapat beberapa orang lulusan yang memperoleh prestasi akademik sebagai wisudawan terbaik dari masing-masing fakultas menurut jenjang pendidikan yang ada. Sebagai rasa bangga atas prestasi yang dicapainya, maka kepada wisudawan terbaik tersebut akan diberikan piagam penghargaan. Berikut akan kami bacakan nama-nama lulusan terbaik pada periode wisuda kali ini menurut jenjang pendidikan. 
 
Pada Program Magister, lulusan dengan prestasi terbaik adalah; 
1) Anang Suprianto, Program Studi Magister Manajemen, dengan IPK. 3,93, dan Predikat Lulus ”Dengan Pujian”
2) M. Buheri, Program Studi Magister Ilmu Hukum, dengan IPK. 3,70, dan Predikat lulus ”Sangat Memuaskan”
 
Sementara untuk program pendidikan Sarjana lulusan dengan prestasi terbaik adalah;
1) Indah Putri Nurjanah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), pada Program Studi Pendidikan Ekonomi, dengan IPK. 3,80 dan Predikat lulus ”Dengan Pujian”
2) Doddy Anggara, Fakultas Ekonomi, pada Program Studi Manajemen, dengan IPK. 3,97 dan Predikat lulus ”Dengan Pujian”
3) Syarifah Faddlun, Fakultas Hukum, pada Program Studi Ilmu Hukum, dengan IPK. 3,94 dan Predikat lulus ”Dengan Pujian”
4) Rts. Suaibatul Aslamia, Fakultas Teknik, pada Program Studi Teknik Lingkungan, dengan IPK. 3,49 dan Predikat lulus ”Sangat Memuaskan”
5) Novita Damayanti, Fakultas Pertanian, pada Program Studi Agribisnis, dengan IPK. 3,90 dan Predikat lulus ”Dengan Pujian”
 
Dari lulusan terbaik tingkat fakultas dan jenjang pendidikan tersebut, ditetapkan pula lulusan terbaik tingkat universitas dengan IPK tertinggi, yaitu Doddy Anggara, NIM. 1500861201216, dari Fakultas Ekonomi, Program Studi Manajemen, dengan IPK. 3,97 dan Predikat lulus ”Dengan Pujian”. Putra dari Bapak Muhammad Mahdi dan Ibu Nur Asiah, lahir di Jambi, pada tanggal 19 November 1996.
 
Disamping itu, juga kami sampaikan wisudawan dengan usia termuda dan tertua. Wisudawan dengan usia termuda adalah Fitri Dwizay Dayanti, NIM. 1500874201263, dari Fakultas Hukum, Program Studi Ilmu Hukum, lahir di Jambi, pada tanggal 17 Januari 1999, usia saat ini 20 tahun. Sedangkan wisudawan dengan usia tertua adalah Andi Hani, NIM. 1300888201070, dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Lahir di Kabupaten Benteng, tanggal  21  Januari 1963, usia saat ini adalah 56 tahun.
 
Semoga keberhasilan mereka yang memperoleh predikat sebagai lulusan terbaik, menjadi kebanggaan tersendiri bagi Saudara serta keluarga. Harapan kami, serta harapan seluruh sivitas akademik Universitas Batanghari, bahkan harapan kita semua, kiranya para lulusan terbaik tersebut juga mampu menjadi contoh dan tauladan yang baik di lingkungan masyarakat. 
 
Para Undangan dan Wisudawan yang berbahagia,
Pada era globalisasi seperti saat ini, persaingan pasar kerja semakin ketat, oleh karena itu para wisudawan tidak bisa hanya berfikir untuk mencari pekerjaan, akan tetapi harus berfikir untuk membuka lapangan pekerjaan. Karena dengan terbukanya era pasar bebas, membuat persaingan pencari kerja semakin sengit, karena mereka ini tidak hanya harus bersaing dengan para alumni perguruan tinggi dalam negeri, tetapi juga para alumni dari perguruan tinggi luar negeri. Secara umum, pemetaan serapan tenaga kerja diprediksi tidak akan sebanding dengan peluang kerja yang ada. 
 
Sementara itu, kehadiran Revolusi Industri 4.0, semakin mempersulit keadaan para pencari kerja. Pada Era disrupsi teknologi dan era berbasis cyber physical system ini, dipercaya akan mengurangi secara signifikan penggunaan tenaga manusia. Dan ini merupakan tantangan baru bagi para alumni perguruan tinggi. Bagaimanapun, kondisi ini sudah ada di depan mata, sehingga mau tidak mau, para alumni perguruan tinggi harus menghadapi semua tantangan ini demi masa depan mereka. 
 
Tantangan ini tentu dirasa sangat berat, akan tetapi, dengan usaha, doa, dan bertawakkal kepada Allah SWT, Insya Allah apa yang di cita-citakan dapat terwujud. Salah satu usaha yang harus dilakukan oleh para lulusan perguruan tinggi adalah dengan mengubah cara berfikir mereka, dari berorientasi sebagai pencari kerja, menjadi pencipta lapangan kerja. Oleh karena itu, para wisudawan memerlukan satu kompetensi khusus untuk bertahan dan bersabar dalam perjuangan, yaitu Adversity Quotient (AQ). Inilah yang dipahami sebagai kecerdasan menghadapi kesulitan atau hambatan, atau kemampuan bertahan dalam berbagai kesulitan hidup dan tantangan yang dialami. 
 
Wisudawan yang berbahagia,
Sadarilah bahwa, salah satu pihak yang telah ikut berkontribusi signifikan dalam perjalanan hidup Saudara hingga hari ini adalah orangtua Saudara. Perjuangan dan pengorbanan mereka untuk mendukung cita-cita Saudara tak akan pernah mampu terhitung dengan matematika. Tak akan cukup seluruh harta yang Saudara miliki hingga nanti, untuk membayar pengorbanan mereka, sejak Saudara masih kecil, hingga saat ini telah menjadi Master dan Sarjana. Yakinlah, bahwa kesuksesan Saudara tak terlepas dari doa-doa mereka. Oleh karena itu, berjanjilah bahwa Saudara akan selalu berbuat baik kepada mereka, menjaga dan berusaha membahagiakan mereka, di sisa-sisa usia mereka di dunia, atau bertekadlah untuk rutin mengirimkan doa kepada mereka yang telah tiada.
 
Sebelum memasuki bulan suci romadhon, yang tinggal beberapa hari lagi, mintalah ampun kepada orang tua Saudara, sujudlah di kakinya, lihatlah wajahnya yang kian menua. Tidak ada yang mereka harap dari Saudara  melainkan melihat keberhasilan dan kesuksesan anaknya, karena kebahagiaan anak juga kebahagiaan orang tua.
 
Di bulan Romadhan semua dosa di ampuni oleh Allah SWT, kecuali; 
1. Anak yang durhaka kepada orang tua
2. Orang yang memutuskan silaturrahim
3. Orang yang meminum hamar
4. Orang yang dengki dan pendendam
 
Bapak Gubernur, Bapak Kepala LLDIKTI, Ketua Yayasan, hadirin dan hadirat yang berbahagia,
Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya mewakili seluruh sivitas akademika Universitas Batanghari mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan dan wisudawati yang di wisuda pada hari ini. Kepada orang tua, orang tua asuh, wali mahasiswa, penyedia beasiswa, dan keluarga wisudawan saya juga ucapkan selamat. Kami juga mengucapkan ribuan terimakasih atas kepercayaan Bapak/Ibu yang telah menitipkan putra dan putrinya menuntut ilmu di kampus kami. Kepercayaan tersebut hari ini telah dapat di buktikan dengan selesainya studi putra putri Bapak/Ibu sekalian. 
 
Pada kesempatan ini, saya juga mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada seluruh tenaga pendidik (dosen) dan tenaga kependidikan (tenaga administrasi) di lingkungan Universitas Batanghari. Karena atas kerja keras dan kerjasama yang baik dalam membina mahasiswa serta melaksanakan tugas pembelajaran, sehingga mereka berhasil menyelesaikan studinya. 
 
Setelah saudara-saudara meninggalkan Universitas Batanghari ini, jagalah nama baik almamater dengan cara menunjukkan jati diri Saudara sebagai seorang Sarjana dan Magister yang beriman dan bertaqwa, serta siap untuk bekerja keras guna menghasilkan karya-karya yang bermanfaat, baik bagi saudara sendiri maupun bagi masyarakat sekitarnya. Tuntutlah ilmu sepanjang hayat dikandung badan, dengan tak henti-hentinya memperbanyak membaca berbagai referensi dan aplikasikanlah dalam kehidupan sehari-hari.
 
Demikianlah laporan ini kami sampaikan, semoga apa yang telah kita capai saat ini akan menjadi kekuatan untuk menghadapi masa depan, sedangkan apa yang kita  rencanakan semoga Tuhan senantiasa memberikan jalan untuk mewujudkannya…, Amin Ya Robbal Alamin……
 
Selanjutnya, kami mohon perkenan Yth. Bapak Gubernur Jambi untuk menyampaikan kata sambutan, serta kepada Bapak Kepala LLDIKTI Wilayah X kami mohon pula untuk menyampaikan kata sambutannya.
 
Akhirnya kami mohon maaf atas segala kelemahan dan kesalahan. Semoga Allah SWT senantiasa melindungi kita semua, Aamiin Yaa Robbal Alamin.
 
Sekian dan Terima kasih.
Billahi Taufiq wal Hidayah,
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
  
Jambi,  4 Mei 2019
Rektor,
 
 
 
H. Fachruddin Razi, S.H., M.H.