LAPORAN REKTOR UNIVERSITAS BATANGHARI PADA WISUDA... | Portal Akademik - Universitas Batanghari
  • Masuk Fasilitas Portal

Info : +62 741 60 673

08 Agustus 2020, oleh admin Print
LAPORAN REKTOR UNIVERSITAS BATANGHARI PADA WISUDA ke 47 PROGRAM MAGISTER, SARJANA dan DIPLOMA
Bismillahirrohmaanirrohim...
 
Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh...
Selamat pagi, salam sejahtera bagi kita semua...,
 
Yth. Gubernur Jambi
Yth. Kepala LLDIKTI Wilayah X
Yth. Ketua Yayasan Pendidikan Jambi
Yth. Saudara-saudara Anggota Senat Universitas Batanghari
Yth. Bapak/Ibu, hadirin yang berbahagia 
 
Para Wisudawan/Wisudawati yang saya sayangi...
 
Mengawali sambutan ini, marilah bersama-sama kita memanjatkan Puji dan Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wata’ala, yang telah memberikan rahmat, nikmat dan karunianya sehingga kita bisa melaksanakan acara prosesi wisuda Universitas Batanghari ke 47, Semester Genap Tahun Akademik 2019/2020. Sholawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW, serta para keluarga, sahabat dan para pengikutnya hingga akhir zaman. 
 
Pelaksanaan wisuda kali ini terasa berbeda dari pelaksanaan wisuda sebelumnya. Biasanya acara wisuda dihadiri oleh orang tua wisudawan, tamu-tamu kehormatan, undangan dari berbagai instansi, serta seluruh dosen di Unbari. 
 
Oleh karena adanya Pandemi Covid-19, kita tidak dapat melaksanakan acara wisuda seperti biasa, namun pelaksanaan wisuda ke 47 ini dapat kita laksanakan dengan memenuhi Protokol Kesehatan Covid-19, yaitu kita harus menjaga jarak, mencuci tangan, memakai masker dan pengukuran suhu tubuh serta tidak bersentuhan secara fisik ataupun bersalaman dan tidak berkerumun. Untuk itu marilah sama-sama kita mematuhi dan melaksanakannya dengan penuh kesadaran.
 
Kami berharap para wisudawan, orang tua wisudawan, dan seluruh keluarga bisa menerima keadaan ini dengan lapang dada. Kita percaya bahwa setiap apa yang terjadi sesungguhnya telah ditetapkan oleh Allah. 
 
Bapak Gubernur, Bapak Kepala LLDIKTI, Bapak Ketua Yayasan, hadirin dan hadirat yang berbahagia,
Pada pelaksanaan wisuda ke 47 ini, akan di wisuda lulusan Unbari sebanyak 581 orang, yang meliputi 5 Fakultas dari 16 Program Studi yang ada di lingkungan Universitas Batanghari. Rincian dari 581 orang lulusan tersebut adalah; lulusan jenjang pendidikan Strata Dua (S.2) sebanyak 46 orang,  lulusan jenjang pendidikan Strata Satu (S.1) sebanyak 529 orang dan lulusan jenjang pendidikan Diploma Tiga sebanyak 6 (dua) orang. Pada Jenjang pendidikan S.2 terdiri dari lulusan Magister Ilmu Hukum sebanyak 42 orang dan Lulusan Program Magister Manajemen sebanyak 4 orang. Pada Jenjang pendidikan S-1 terdiri dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sebanyak 54 orang, Fakultas Ekonomi 203 orang, Fakultas Hukum sebanyak 215 orang, Fakultas Teknik sebanyak 26 orang dan Fakultas Pertanian sebanyak 31 orang. Sedangkan pada jenjang pendidikan Diploma Tiga sebanyak 6 orang yaitu  dari Program Studi Teknik Listrik. Dengan diwisudanya sebanyak 581 orang wisudawan pada hari ini, maka Universitas Batanghari telah menghasilkan lulusan sebanyak 14.140 orang. 
 
Dari 581 lulusan yang diwisuda hari ini, terdapat beberapa orang lulusan yang memperoleh prestasi akademik sebagai wisudawan terbaik dari masing-masing fakultas menurut jenjang pendidikan yang ada. Sebagai rasa bangga atas prestasi yang dicapainya, maka kepada wisudawan terbaik tersebut akan diberikan piagam penghargaan. Berikut nama-nama lulusan terbaik pada periode wisuda kali ini adalah; 
 
⦁ Ahmad Yani, dari Program Studi Magister Ilmu Hukum, dengan IPK. 3,89 Predikat Lulus “Dengan Pujian”
⦁ Agustian Heri, dari Program Studi Magister Manajemen, dengan IPK. 3,59 Predikat Lulus “Sangat Memuaskan”
⦁ Sabar Saputra, dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), pada Program Studi Pendidikan Ekonomi, dengan IPK. 3,93 Predikat Lulus “Dengan Pujian”
⦁ Fatimah Arraudha, dari Fakultas Ekonomi, pada Program Studi Manajemen, dengan IPK. 3,99 Predikat Lulus “Dengan Pujian”
⦁ Zulkafli, dari Fakultas Hukum, pada Program Studi Ilmu Hukum, dengan IPK. 3,89 Predikat Lulus “Dengan Pujian”
⦁ Marisa Lestari, dari Fakultas Teknik, pada Program Studi Teknik Sipil, dengan IPK. 3,59 Predikat Lulus “Santar Memuaskan”
⦁ Aan Aryanti Sandra, dari Fakultas Pertanian, pada Program Studi Budaya Perikanan, dengan IPK. 3,96 Predikat Lulus “Dengan Pujian”.
 
Dari kesemua lulusan terbaik tersebut, dipilih satu orang pemuncak atau lulusan terbaik tingkat Universitas, dengan Indek Prestasi Komulitif (IPK) tertinggi, yaitu FATIMAH ARRAUDHA, dari Fakultas Ekonomi, Program Studi Manajemen, dengan IPK. 3,99 Predikat Lulus “Dengan Pujian”. Yang bersangkutan lahir di Jambi, pada tanggal 2 Mei 1999, putri dari bapak H. Thalib, SE dan Ibu Hj. Atikah, SE, MM.
 
Semoga keberhasilan mereka yang memperoleh predikat sebagai lulusan terbaik, menjadi kebanggaan tersendiri bagi saudara serta keluarganya. Harapan kami, serta harapan seluruh sivitas akademika Universitas Batanghari, bahkan harapan kita semua, kiranya para lulusan yang diwisuda pada hari ini, bisa berkarya secara profesional sesuai dengan bidang ilmu yang mereka pelajari di bangku kuliah untuk kesejahteraan masyarakat, agama, bangsa dan negara. 
 
Bapak Gubernur, Bapak Kepala LLDIKTI, Ketua Yayasan, hadirin dan hadirat yang berbahagia,
Lembaga pemeringkatan Perguruan Tinggi dunia Webometrics baru-baru ini merilis peringkat terbaru perguruan tinggi untuk edisi Juli 2020. Lembaga ini melakukan pemeringkatan terhadap lebih dari 30.000 perguruan tinggi, baik perguruan tunggu negeri maupun swasta. Dari 30.000 lebih perguruan tinggi yang dinilai pada periode ini, Unbari menempati posisi pada peringkat ke 11.597 dunia, peringkat 315 di Indonesia dan peringkat ke 2 di Provinsi Jambi, yang berada dibawah Universitas Jambi (Unja) dan peringkat I untuk Perguruan Tinggi Swasta di Jambi. 
 
Dalam proses penilaian, Webometrics menggunakan empat indikator, yaitu Presence, Visibility, Opennes, dan Excellence. 
⦁ Presence (bobot 5%) 
Kriteria ini merupakan jumlah halaman website dari domain web utama–termasuk seluruh subdomain yang ada di perguruan tinggi. Sumbernya dari Google. 
 
⦁ Visibility (bobot 50%) 
Visibility merupakan jumlah eksternal link unik yang terhubung ke domain web perguruan tinggi (dinormalisasi dan kemudian nilai rata-rata). Sumber datanya dari Ahrefs Majestic. 
 
⦁ Transparency/Openness (bobot 10%)
Kriteria ini merupakan jumlah kutipan dari 210 penulis teratas. Datanya bersumber dari Google Scholar. 
 
⦁ Excellence or Scholar (bobot 35%) 
Kriteria ini merupakan jumlah 10 persen makalah teratas yang paling banyak dikutip dari masing-masing 26 disiplin ilmu, dilihat dari seluruh database untuk periode 5 tahun (2014-2018). Sumbernya dari Scimago.
 
Bapak Gubernur, Bapak Kepala LLDIKTI, Ketua Yayasan, hadirin dan hadirat yang berbahagia,
Demikianlah laporan singkat yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini, saya mewakili seluruh sivitas akademika Universitas Batanghari mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan dan wisudawati yang di wisuda pada hari ini.  Mohon sampaikan salam dan ucapan selamat dari kami kepada  orang tua kalian, kami juga mengucapkan ribuan terimakasih atas kepercayaannya untuk menitipkan putra dan putrinya menuntut ilmu di kampus kami. Kepercayaan tersebut telah dapat di buktikan dengan pelaksanaan prosesi wisuda hari ini. 
 
Pada kesempatan ini pula, saya juga mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada seluruh tenaga pendidik (dosen) dan tenaga kependidikan (tenaga administrasi) di lingkungan Universitas Batanghari. Walaupun pada kesempatan ini tidak banyak dosen yang hadir, namun pelaksanaan wisuda ini merupakan bukti bahwa, proses pembelajaran di Universtias Batanghari telah terlaksana dengan baik. 
 
Harapan saya kepada seluruh wisudawan hari ini, setelah saudara-saudara meninggalkan Universitas Batanghari, jagalah nama baik almamater dengan cara menunjukkan jati diri sebagai seorang Sarjana dan Magister yang beriman dan bertaqwa, serta siap untuk bekerja keras guna menghasilkan karya-karya yang bermanfaat, baik bagi saudara sendiri maupun bagi masyarakat sekitarnya. Tuntutlah ilmu sepanjang hayat dikandung badan, dengan tak henti-hentinya memperbanyak membaca berbagai referensi dan aplikasikanlah dalam kehidupan sehari-hari.
 
Demikianlah laporan ini kami sampaikan, semoga apa yang telah kita capai saat ini akan menjadi kekuatan untuk menghadapi masa depan, sedangkan apa yang kita  rencanakan semoga Tuhan senantiasa memberikan jalan untuk mewujudkannya…, Amin Ya Robbal Alamin…… 
 
Selanjutnya, kita akan mendengarkan sambutan dari Bapak Gubernur Jambi, serta Kepala LLDIKTI Wilayah X dalam bentuk rekaman video.
 
Akhirnya kami mohon maaf atas segala kelemahan dan kesalahan. Semoga Allah Subhanahu Wataala senantiasa melindungi kita semua, Aamiin Yaa Robbal Alamin.
 
Sekian dan Terima kasih.
Billahi Taufiq wal Hidayah,
Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh...
  
Jambi,  8 Agustus 2020
Rektor,
 
 
 
H. Fachruddin Razi, S.H., M.H.


  • 13 Sep 2021

    Input Presensi Semester Ganjil 2021
    Berakhir pada : 25 Desember 2021

  • 08 Mar 2021

    Registrasi dan kontrak online mahasiswa baru
    Berakhir pada : 30 September 2021

  • 05 Jul 2021

    Registrasi dan kontrak online semester atas
    Berakhir pada : 30 September 2021


Pojok Kegiatan

Advertising