LAPORAN REKTOR UNIVERSITAS BATANGHARI PADA WISUDA... | Portal Akademik - Universitas Batanghari
  • Masuk Fasilitas Portal

Info : +62 741 60 673

21 November 2020, oleh admin Print
LAPORAN REKTOR UNIVERSITAS BATANGHARI PADA WISUDA ke 48 PROGRAM MAGISTER, SARJANA dan DIPLOMA
LAPORAN REKTOR UNIVERSITAS BATANGHARI PADA WISUDA ke 48 PROGRAM MAGISTER, SARJANA dan DIPLOMA
Jambi, 21 November 2020
 
Bismillahirrohmaanirrohim...
 
Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh...
Selamat pagi, salam sejahtera bagi kita semua...,
 
Yth. Pjs. Gubernur Jambi
Yth. Kepala LLDIKTI Wilayah X
Yth. Ketua Yayasan Pendidikan Jambi
Yth. Saudara-saudara Anggota Senat Universitas Batanghari
Yth. Bapak/Ibu, hadirin yang berbahagia 
 
Para Wisudawan/Wisudawati yang saya sayangi...
 
Mengawali sambutan ini, marilah bersama-sama kita memanjatkan Puji dan Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wata’ala, yang telah memberikan rahmat, nikmat dan karunianya kepada kita semua, sehingga walaupun ditengah pandemi Covid-19, kita masih bisa melaksanakan prosesi wisuda ke 48 Universitas Batanghari, Semester Ganjil Tahun Akademik 2020/2021. Sholawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW, serta para keluarga, sahabat dan para pengikutnya hingga akhir zaman. 
 
Pada pelaksanaan wisuda ke 47 yang lalu, kita juga melaksanakan wisuda dengan mengikuti protokol kesehatan Covid-19, pada saat itu kita berharap bahwa, wisuda berikutnya (yaitu wisuda ke 48 yang kita laksanakan hari ini) bisa dilaksanakan secara normal, sebagaimana pelaksanaan wisuda sebelum masa pandemi Covid-19. Namun kenyataannya pandemi  Covid-19 masih terus beralangsung sampai saat ini. Kita tetap berharap kiranya Allah Subhanahu Wata’ala, segera mengangkat pendemi ini dari negeri kita.... Aamiin...
 
Bapak Gubernur, Bapak Kepala LLDIKTI, Bapak Ketua Yayasan, hadirin dan hadirat yang berbahagia,
Pada kesempatan ini, izinkan saya selaku Rektor Universitas Batanghari untuk melaporkan jumlah lulusan yang diwisuda pada pagi ini. Pada pelaksanaan wisuda ke 48 pagi ini, akan di wisuda sebanyak 405 orang lulusan Unbari, yang meliputi 5 Fakultas dari 15 Program Studi yang ada dilinkungan Unbari. Rincian dari 405 orang lulusan adalah; lulusan jenjang pendidikan Strata Dua (S.2) sebanyak 50 orang,  lulusan jenjang pendidikan Strata Satu (S.1) sebanyak 343 orang dan lulusan jenjang pendidikan Diploma Tiga sebanyak 2 (dua) orang. Pada Jenjang pendidikan S.2 terdiri dari lulusan Program Studi Magister Ilmu Hukum sebanyak 45 orang dan Lulusan Program Studi Magister Manajemen sebanyak 5 orang. Pada Jenjang pendidikan S-1 terdiri dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sebanyak 81 orang, Fakultas Ekonomi 101 orang, Fakultas Hukum sebanyak 91 orang, Fakultas Teknik sebanyak 41 orang dan Fakultas Pertanian sebanyak 41 orang. Sedangkan pada jenjang pendidikan Diploma Tiga sebanyak 2 orang yaitu dari Program Studi Teknik Listrik. Dengan diwisudanya sebanyak 405 orang lulusan pada hari ini, maka Universitas Batanghari telah menghasilkan lulusan sebanyak 14.545 orang. 
 
Dari 405 lulusan yang diwisuda hari ini, terdapat beberapa orang lulusan yang memperoleh prestasi akademik sebagai wisudawan terbaik dari masing-masing fakultas menurut jenjang pendidikan yang ada. Sebagai rasa bangga atas prestasi yang dicapainya, maka kepada wisudawan terbaik tersebut akan diberikan piagam penghargaan. Berikut nama-nama lulusan terbaik pada periode wisuda kali ini adalah; 
 
1) M. Basri. B, dari Program Studi Magister Ilmu Hukum, dengan IPK. 3,98 Predikat Lulus “Dengan Pujian”
2) Hendro Priono, dari Program Studi Magister Manajemen, dengan IPK. 3,84 Predikat Lulus “Dengan Pujian”
3) Dian Intan Suryani, dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, dengan IPK. 3,94 Predikat Lulus “Dengan Pujian”
4) Stephanie Wirani Cong, dari Fakultas Ekonomi, pada Program Studi Manajemen, dengan IPK. 3,91 Predikat Lulus “Dengan Pujian”
5) Dhenny Lesmana, dari Fakultas Hukum, pada Program Studi Ilmu Hukum, dengan IPK. 3,88 Predikat Lulus “Sangat Memuaskan”
6) Nanda Saputra Nikolas, dari Fakultas Teknik, pada Program Studi Teknik Lingkungan, dengan IPK. 3,60 Predikat Lulus “Sangat Memuaskan”
7) Jeremi Thomas Maduwu, dari Fakultas Pertanian, pada Program Studi Agroteknologi, dengan IPK. 3,83 Predikat Lulus “Dengan Pujian”.
 
Dari kesemua lulusan terbaik tersebut, dipilih satu orang pemuncak atau lulusan terbaik tingkat Universitas, dengan Indek Prestasi Komulitif (IPK) tertinggi, yaitu M. Basri. B, dari Fakultas Hukum, Program Studi Magister Ilmu Hukum, dengan IPK. 3,98 Predikat Lulus “Dengan Pujian”. Yang bersangkutan lahir di Jambi, pada tanggal 27 Desember 1981, putra dari Bapak Bahrun AB dan Ibu Maisun. Semoga keberhasilan memperoleh predikat sebagai lulusan terbaik tersebut menjadi kebanggaan tersendiri bagi saudara serta keluarganya. 
 
Disamping itu, juga kami sampaikan wisudawan dengan usia termuda dan tertua. Wisudawan dengan usia termuda adalah Tella Amy Novera Afan Zuri, NIM. 1600888203036, dari Fakultas KIP, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, lahir di Kerinci, pada tanggal 14 Agustus 2000, usia saat ini 20 tahun. Sedangkan wisudawan dengan usia tertua adalah Zaini Ahmad, NIM. B16031052, dari Fakultas Hukum, Program Studi Magister Ilmu Hukum, Lahir di Desa Baru, tanggal 3 Februari 1972, usia saat ini adalah 48 tahun.
 
Dengan pelaksanaan wisuda ini, kalian telah resmi menjadi sarjana baru Unbari. Harapan kami, serta harapan seluruh sivitas akademika Universitas Batanghari, bahkan harapan kita semua, kiranya para lulusan yang diwisuda pada hari ini, bisa berkarya secara profesional sesuai dengan bidang ilmu yang mereka pelajari di bangku kuliah untuk kesejahteraan masyarakat, agama, bangsa dan negara. 
 
Bapak dan Ibu, hadirin dan hadirat yang saya muliakan,
Globalisasi ekonomi dan revolusi teknologi informasi adalah dua kekuatan besar yang amat mempengaruhi dunia pendidikan  tinggi Indonesia saat ini. Kalau lembaga pendidikan tinggi tidak mampu merespons tantangan globalisasi ini dengan memadai, dikuatirkan lembaga tersebut tidak mampu mempertahankan eksistensinya di masyarakat. 
 
Salah satu cara untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi adalah dengan peningkatan akreditasi. Dengan peningkatan akreditasi tersebut maka perguruan tinggi akan menjadi lebih dikenal dan disegani oleh masyarakat, apa lagi banyak masyarakat yang mencari perguruan tinggi yang berstatus Akreditasi minimal B. Sebab banyak perusahaan maupun instansi pemerintah menuntut para pencari kerja lulusan dari perguruan tinggi dengan program studi terakreditasi minimal B.
 
Menyikapi hal tersebut, kami terus berupaya untuk meningkatkan kompetensi dan daya saing Unbari, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan meningkatkan  Akreditasi Program Studi (APS) maupun Akreditasi Perguruan Tinggi (APT). Pada tahun 2020 ini, kami mengusulkan Re-Akreditasi pada tiga program studi, yaitu Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Studi Pendidikan Matematika dan Program Studi Magister Manajamen. Dari tiga Program Studi yang diusulkan tersebut telah diumumkan hasilnya oleh BAN-PT tanggal 18 Agustus 2020 yang lalu untuk Program Studi Pendidikan Matematika dan pada tanggal 6 Oktober 2020 untuk Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Alhamdulillah kedua program studi tersebut memperoleh Akreditasi B. Sedang untuk Program Studi Magister Manajemen juga telah dilakukan Asesmen lapangan secara daring pada tanggal 16 dan 17 November 2020 yang baru lalu, mudah-mudahan dalam waktu dekat akan diumumkan hasilnya oleh BAN-PT, dengan harapan Program Studi Magister Manajemen juga akan memperoleh Akreditasi B. 
 
Disamping Re-Akreditasi Program Studi, saat ini juga sedang mengunggu pelaksanaan Asesmen lapangan untuk Re-Akreditasi Perguruan Tinnggi (APT). Sesuai surat BAN-PT nomor 1929/BAN-PT/SPT-AK/P/2020 tanggal 17 November 2020, bahwa Asesmen lapangan untuk Akreditasi Perguruan Tinggi akan dilaksanakan pada tanggal 27 dan 28 November 2020. Semoga Akreditasi Perguruan Tinggi Unbari juga akan memperoleh Akreditasi B. Disamping itu, saat ini juga sedang dilakukan persiapan dokumen usulan untuk Re-Areditasi Program Studi Teknik Sipil dan Program Studi Teknik Listrik.  
 
Jika semua Program Studi yang kami usulkan untuk Re-Akreditasi tahun ini, serta Akreditasi Perguruan Tinggi  memperoleh Akreditasi B, maka langkah selanjutnya pada tahun depan akan diajukan Re-Akrediatasi Program Studi S1 Ilmu Hukum dan program studi S1 Manajemen untuk diupayakan memperoleh Akreditasi A. 
 
Ketercapaian yang diraih saat ini merupakan hasil kerja keras dari semua pihak, terutama tim borang pada tingkat Universitas, Fakultas dan Program Studi. Untuk itu pada kesempatan ini saya mengucapkan terimakasih. Semoga kerja karas kita semua untuk kemajuan Unbari menjadi amal ibadah disisi Allah.... Aamiin.... 
 
Bapak Gubernur, Bapak Kepala LLDIKTI, Bapak Ketua Yayasan, hadirin dan hadirat yang berbahagia,
Dalam rangka mendorong implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X melaksanakan Entrepreneurship Award (EA) ke IV Tahun 2020. Kegiatan tersebut diikuti oleh mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta di lingkungan LLDIKTI Wilayah X, yang meliputi  Provinsi Sumatera Barat, Riau, Jambi, dan Kepulauan Riau. Untuk tahun ini Universitas Batanghari dipercaya oleh LLDIKTI Wilayah X menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan tersebut. 
 
Entrepreneurship Award merupakan  ajang kreativitas mahasiswa dalam menumbuh-kembangkan Program Kewirausahaan. Tujuan dan sasaran kegiatan ini adalah untuk mendorong tumbuhnya calon-calon wirausaha muda yang mumpuni dalam melakukan perencanaan bisnis secara matang. Baik dari segi orisinalitas gagasan, kelayakan, maupun implementasi di lapangan serta menjaring dan mendorong penciptaan bisnis karya mahasiswa dari PTS di lingkungan LLDIKTI Wilayah X, yang berpotensi untuk dikembangkan menjadi bisnis yang kompetitif dan berkesinambungan.  
 
Dikarenakan pandemic Covid 19 melanda seluruh dunia, maka seluruh kegiatan EA IV dilaksanakan secara virtual (Online). Jadwal kegiatan Entrepreneurship Award  IV 2020 dimulai setelah launcing EA IV pada tanggal 28 Juli 2020. Pendafatran dimulai dari tangga 1 Agustus - 20 Oktober 2020 dan Desk Evaluasi 23 - 30 Oktober 2020. Kegiatan tersebut terdiri dari 2 kategori  yakni; Award bagi mahasiswa yang telah memiliki usaha atau bisnis (selanjutnya disebut dengan istilah Inovasi Bisnis Award) serta Award bagi mahasiswa yang akan mulai menjalankan usaha yang memiliki Bussines Plan (selanjutnya disebut dengan istilah Bussines Plan Award). 
 
Kegiatan EA IV 2020 kali ini mengalami kemajuan dibanding kegiatan yang sama tahun lalu. Pada pelaksanaan EA III 2019 di Batam Kepri, yang hanya diikuti oleh 600-an proposal, tetapi tahun ini terjadi peningkatan menjadi 1.165, dengan rincian Bisnis Plan sebanyak 1.036 proposal dan usaha berjalan sebanyak 109 proposal, yang diikuti oleh 74 PTS di lingkungan LLDIKTI Wilayah X untuk merebutkan total hadiah Rp. 115.000.000 (seratus lima belas juta rupiah). 
 
Pada puncak Anugrah EA IV 2020 pada tanggal 12 November 2020, yang dihadiri oleh Dirjen DIKTI, Pjs. Gubernur Jambi, Kepala LLDIKTI serta pimpinan PTS se-LLDIKTI Wilayah X, telah ditetapkan 20 pinalis. Dengan rincian terdiri dari 10 finalis kategori Usaha Berjalan dan 10 finalis ketegori Rencana Bisnis.  Dari 10 finalis tersebut terdapat satu pinalis dari Univeritas Batanghari yaitu Saudara Rizal  Purnama dari Fakutltas Pertanian, Program Studi Budidaya Perikanan dengan judul “Budidaya Ikan Air Tawar Pemuda Yatim Berkarya”.
 
 
Bapak Gubernur, Bapak Kepala LLDIKTI, Ketua Yayasan, hadirin dan hadirat yang berbahagia,
Demikianlah laporan singkat yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini, saya mewakili seluruh sivitas akademika Universitas Batanghari mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan dan wisudawati yang di wisuda pada hari ini.  Mohon sampaikan salam dan ucapan selamat dari kami kepada  orang tua kalian, kami juga mengucapkan ribuan terimakasih atas kepercayaannya untuk menitipkan putra dan putrinya menuntut ilmu di kampus kami.  
 
Pada kesempatan ini pula, saya mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada seluruh tenaga pendidik (dosen) dan tenaga kependidikan (tenaga administrasi) di lingkungan Universitas Batanghari. Walaupun pada kesempatan ini dosen maupun tenaga administrasi tidak banyak yang hadir, tapi mereka tetap mengikuti acara ini melalui Channel Youtube. Pembatasan jumlah panitia dan undangan dilakukan karena untuk mengikuti ketentuan standar kesehatan yang ditetapkan oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Jambi. 
 
Harapan saya kepada seluruh wisudawan hari ini, setelah saudara-saudara meninggalkan Universitas Batanghari, jagalah nama baik almamater dengan cara menunjukkan jati diri sebagai seorang Sarjana dan Magister yang beriman dan bertaqwa, serta siap untuk bekerja keras guna menghasilkan karya-karya yang bermanfaat, baik bagi saudara sendiri maupun bagi masyarakat sekitarnya. Tuntutlah ilmu sepanjang hayat dikandung badan, dengan tak henti-hentinya memperbanyak membaca berbagai referensi dan aplikasikanlah dalam kehidupan sehari-hari.
 
Demikianlah laporan ini kami sampaikan, semoga apa yang telah kita capai saat ini akan menjadi kekuatan untuk menghadapi masa depan, sedangkan apa yang kita  rencanakan semoga Tuhan senantiasa memberikan jalan untuk mewujudkannya…, Amin Ya Robbal Alamin…… 
 
Selanjutnya, kita akan mendengarkan sambutan dari Bapak Gubernur Jambi, serta Kepala LLDIKTI Wilayah X dalam bentuk rekaman video.
 
Akhirnya kami mohon maaf atas segala kelemahan dan kesalahan. Semoga Allah Subhanahu Wataala senantiasa melindungi kita semua, Aamiin Yaa Robbal Alamin.
 
Sekian dan Terima kasih.
Billahi Taufiq wal Hidayah,
Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh...
  
Jambi,  21 November 2020
Rektor,
 
 
H. Fachruddin Razi, S.H., M.H.


  • 08 Mar 2021

    Input Presensi Semester Genap 2020/2021
    Berakhir pada : 27 Juni 2021

  • 08 Mar 2021

    Registrasi dan kontrak online mahasiswa baru
    Berakhir pada : 24 April 2021


Pojok Kegiatan

Advertising