Mahasiswa Prodi Perikanan Fakultas Pertanian UNBARI... | Portal Akademik - Universitas Batanghari
  • Masuk Fasilitas Portal

Info : +62 741 60 673

24 September 2021, oleh admin Print
Mahasiswa Prodi Perikanan Fakultas Pertanian UNBARI Raih Gelar Juara Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional dan Provinsi Jambi

Univeristas Batanghari melalui mahasiswa Program Studi Budidaya Perairan meraih dua gelas sekaligus pada dua ajang lomba karya tulis ilmiah. Gelar juara Harapan I diraih Aisah Ahmad pada ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional (LKTIN) yang diselenggarakan oleh Tirtayasa Research and Academic Society (TRACIVAL) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) TAHUN 2021. LKTIN diselenggarakan pada tanggal 17-19 September 2021 secara daring melalui aplikasi zoom meeting dengan tema “Peran Generasi Muda Sebagai Problem Solver dalam Penanggulangan Dampak Pandemi Covid-19 Berbasis IPTEK dan Kearifan Lokal”. Ide gagasan yang dikembangkan oleh Aisah Ahmad pada lKTIN tersebut berjudul “Menuju Urban Aquaculture melalui Akuavertikultur, Solusi Alternatif dan Kegiatan Produktif Selama Pandemi Covid-19”. 

Aisah Ahmad, Ketua Tim menjelaskan bahwa, selama masa pendemi masyarakat khususnya di perkotaan mengalami kesulitan dalam hal mendapatkan pangan (ikan) karena distribusi ikan dari sentra produksi ke konsumen di perkotaan mengalami kendala akibat adanya pembatasan masuk ke dalam kota-kota besar di Indonesia, sebagai solusi alternative masyarakat diharapkan mampu memanfaatkan lahan-lahan sempit di perkotaan dengan aplikasi akuavertikultur yakni kegiatan budidaya ikan dengan system rak bertingkat yang sangat efisien menggunakan air dan lahan. 
LKTIN TRACIVAL ini diikuti oleh perguruan tinggi se-Indonesia baik PTN maupun PTS. Gelar juara ini dirasa sangat istimewa, seperti yang diungkapkan oleh Aisah Ahmad saat diwawancarai. Terasa istimewa mengingat gelaran LKTI ini diadakan dalam tingkatan Nasional dengan persaingan yang cukup tinggi dimana competitor rata-rata berasal dari kampus-kampus terbaik di Indonesia. Syukur Alhamdulillah masih mendapatkan juara pada ajang ini sebagai modal semangat mengikuti ajang lomba berikutnya, Tutur Aisyah.
Pada ajang yang berbeda Mahasiswa Prodi BDP atas nama Vera Novianti juga meraih gelar juara II pada ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah (KTI) Tingkat SLTA sederajat dan Perguruan Tinggi Se-Provinsi Jambi yang di selenggarakan oleh BALITBANGDA dengan Tema: “Pemulihan Ekonomi Nasional” dan sub tema Mendorong Percepatan Pertumbuhan Ekonomi di Tengah Pandemi Covid 19. KTI ini dilaksanakan pada tanggal 22-23 September 2021. Predikat juara II ini diraih dari ide gagasan yang di usung oleh Vera Novianti dengan Judul “Teknologi Akuaponik Sistem Rakit Apung (TASRA), Produksi Ikan dan Tanaman Pangan pada Lahan Pekarangan sebagai Solusi Penyedian Pangan Mandiri Selama Pandemi Covid-19”.
Vera Novianti menuturkan bahwa ajang ini sangat penting dan membuka wawasan para mahasiswa untuk mengembangkan ide gagasan dalam rangka menciptakan teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat. Syukur Alhamdulillah saya masih diberikan kesempatan ikut lomba ini dan memenangkan juara II tutur Vera saat diwawancarai secara langsung. Pada dua ajang ini para mahasiswa yang mengikuti lomba tersebut di bimbing oleh dosen pembimbing dari Prodi BDP yakni Dr. Eko Harianto, S.Pi, M.S