WISUDA UNIVERSITAS BATANGHARI KE 50... | Portal Akademik - Universitas Batanghari
  • Masuk Fasilitas Portal

Info : +62 741 60 673

20 November 2021, oleh admin Print
WISUDA UNIVERSITAS BATANGHARI KE 50
  
 
LAPORAN
REKTOR UNIVERSITAS BATANGHARI
PADA WISUDA ke 50
PROGRAM MAGISTER, SARJANA dan DIPLOMA
Jambi, 20 November 2021
 
 
Bismillahirrohmaanirrohim...
 
Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh...
Selamat pagi, salam sejahtera bagi kita semua...,
 
Yth. Gubernur Jambi
Yth. Kepala LLDIKTI Wilayah X
Yth. Ketua Yayasan Pendidikan Jambi
Yth. Anggota Senat Universitas Batanghari
Yth. Para Dosen, Laboran, Pustakawan dan Tenaga Administrasi dilingkungan Unbari 
Yth. Bapak/Ibu, hadirin yang berbahagia 
Para Wisudawan/Wisudawati yang saya banggakan...
Mengawali sambutan ini, marilah bersama-sama kita memanjatkan Puji dan Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wata’ala, karena hanya atas Rahmat dan Nikmat dariNya, kita bisa hadir dan berkumpul di ruangan ini dalam rangka untuk melaksanakan Prosesi Wisuda ke 50 Universitas Batanghari. Sholawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad Shallallahu Alaihi Wassalam, serta para keluarga, sahabat dan para pengikutnya hingga akhir zaman. 
 
Walaupun masih dalam kondisi pandemi Covid-19, kita tetap melaksanakan wisuda ke 50 ini dengan penuh hikmat, wisuda kali ini merupakan pelaksanaan wisuda ke 4 dalam kondisi prihatin karena pendemi Covid-19. Sesuai ketentuan pemerintah bahwa pelaksanaan wisuda pada masa pendemi harus mengikuti protokol kesehatan yang ketat, oleh karena itulah pelaksanaan wisuda ini kita bagi menjadi 2 sesi. Semoga para wisudawan, wisudawati dan kita semua dapat maklum dengan kondisi ini. Jagalah selalu kesehatan kita, tetap semangat, selalu berpikir positf agar imun tubuh meningkat, dengan dimikian semoga kita terhindar dari paparan Covid-19. 
 
Sebagai upaya mendukung pemerintah dalam pencegahan penyebaran Covid-19, Unbari telah melaksanakan kegiatan vaksinasi tiga kali, untuk para dosen, karyawan, mahasiswa dan masyarakat. Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama Universitas Batanghari dengan Puskemas Putri Ayu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank 9 Jambi.
 
Bapak Gubernur, Kepala LLDIKTI, Ketua Yayasan, hadirin dan hadirat yang berbahagia,
Pada kesempatan ini, izinkan saya selaku Rektor Universitas Batanghari melaporkan jumlah lulusan yang akan diwisuda pada hari ini. Pada pelaksanaan wisuda ke 50 hari ini, akan di wisuda sebanyak 515 orang lulusan Unbari, yang meliputi 5 Fakultas dari 16 Program Studi yang ada di lingkungan Unbari. 
 
Rincian dari 515 orang lulusan tersebut adalah; lulusan jenjang pendidikan Strata Dua (S.2) sebanyak 51 orang, lulusan jenjang pendidikan Strata Satu (S.1) sebanyak 462 orang dan lulusan jenjang pendidikan Diploma Tiga (D.3) sebanyak 2 orang. Pada Jenjang Pendidikan S2, terdiri dari lulusan Program Studi Magister Ilmu Hukum sebanyak 20 orang dan Lulusan Program Studi Magister Manajemen sebanyak 31 orang. Pada Jenjang Pendidikan S.1 terdiri dari; Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sebanyak 59 orang, Fakultas Ekonomi sebanyak 198 orang, Fakultas Hukum sebanyak 101 orang, Fakultas Teknik sebanyak 46 orang dan Fakultas Pertanian sebanyak 45 orang. Sedangkan pada jenjang pendidikan Diploma Tiga sebanyak 2 orang, yaitu dari Program Studi Teknik Listrik. Dengan diwisudanya sebanyak 515 orang  pada hari ini, maka Universitas Batanghari telah menghasilkan lulusan sebanyak 15.574 orang. 
 
Dari 515 lulusan yang diwisuda hari ini, terdapat beberapa orang lulusan yang memperoleh prestasi akademik sebagai wisudawan terbaik dari masing-masing fakultas menurut jenjang pendidikan yang ada. Sebagai rasa bangga atas prestasi yang dicapainya, maka kepada wisudawan terbaik tersebut akan diberikan piagam penghargaan. Berikut nama-nama lulusan terbaik pada periode wisuda kali ini adalah; 
 
1) Ayu Heni Prasasti, dari Program Studi Magister Ilmu Hukum, dengan IPK. 3,93 Predikat Lulus “Dengan Pujian”
2) Supriyanto, dari Program Studi Magister Manajemen, dengan IPK. 3,89 Predikat Lulus “Dengan Pujian”
3) Tutik Handayani, dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, dengan IPK. 3,89 Predikat Lulus “Dengan Pujian”
4) Windy Fatmala, dari Fakultas Ekonomi, pada Program Studi Manajemen, dengan IPK. 3,93 Predikat Lulus “Dengan Pujian”
5) Anggi Indah Mulyani, dari Fakultas Hukum, pada Program Studi Ilmu Hukum, dengan IPK. 3,82 Predikat Lulus “Dengan Pujian”
6) Fikti Firmanda, dari Fakultas Teknik, pada Program Studi Teknik Lingkungan, dengan IPK. 3,58 Predikat Lulus “Sangat Memuaskan”
7) Liani, dari Fakultas Pertanian, pada Program Studi Agrisbisnis, dengan IPK. 3,92 Predikat Lulus “Dengan Pujian”.
 
Dari kesemua lulusan terbaik tersebut, dipilih satu orang pemuncak atau Lulusan Terbaik Tingkat Universitas, dengan Indek Prestasi Komulitif (IPK) tertinggi dan masa penyelesaian studi tercepat sesuai jenjang pendidikan yang ditempuh yaitu, WINDI FATMALA, dari Fakultas Ekonomi, Program Studi Manajemen, IPK. 3,93 Predikat Lulus “Dengan Pujian”. Yang bersangkutan lahir di Nagasari, pada tanggal 17 Oktober 1999, putri dari Bapak Asmunik dan Ibu Pasni. Semoga keberhasilan ananda memperoleh predikat sebagai lulusan terbaik tersebut menjadi kebanggaan tersendiri bagi saudara serta keluarganya. 
 
Sebagai apresiasi untuk wisudawan yang memiliki semangat belajar luar biasa maka, pada kesempatan ini, juga kami sampaikan wisudawan dengan usia termuda dan tertua. Wisudawan dengan usia termuda adalah Suci Rahayu, NIM. 1700860201006, dari Fakultas Ekonomi, Program Studi Ekonomi Pembangunan, lahir di Sungai Badar, pada tanggal 18 Agustus 2000, usia saat ini 21 tahun, 3 bulan. Sedangkan wisudawan dengan usia tertua adalah Herlina Adriani, NIM. 1700887201035, dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Sejarah, Lahir di Jambi, tanggal 21 Juni 1971, usia saat ini adalah 50 tahun, 5 bulan.
 
Disamping itu perlu juga kami sampaikan bahwa, dari 515 orang wisudawan yang diwisuda pada pagi ini, sebanyak 317 orang (61,55%) lulus dengan IPK diatas 3,50 dan sebanyak 166 orang (32,23%) lulus dengan IPK berkisar antara 3,00 – 3,50 dan selebihnya sebanyak 32 orang (6,21%) lulus dengan IPK kurang dari 3,00. Sedangkan jika dilihat dari predikat lulus, terdapat sebanyak 63 orang wisudawan (12,23%) lulus dengan Predikat kelulusan “Dengan Pujian” (Cumlaude) dan 263 orang (51,07%) lulus dengan Predikat “Sangat Memuaskan”. Sementara itu jika dilihat dari status pekerjaan maka, terdapat sebanyak  144 orang (27,96%) dari wisudawan hari ini yang sudah bekerja pada berbagai instansi, baik pemerintah maupun swasta. 
 
Angka-angka tersebut menginformasi kepada kita bahwa, walaupun di tengah wabah pandemi Covid-19, dimana proses pembelajaran banyak yang dilakukan secara daring (online), namun para wisudawan tetap bisa melaksanakan proses pembelajaran dengan baik. Kami bangga atas prestasi yang kalian capai. Tetaplah semangat, jaga kekompakan antar sesama alumni, selalu membina hubungan baik dengan sivitas akademika unbari. Kami do’akan agar kalian semua selalu sehat dan sukses dalam mengarungi dunia nyata untuk membaktikan diri serta mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh di Unbari untuk kejayaan bangsa. 
 
Bapak dan Ibu, hadirin dan hadirat yang saya muliakan,
Pada tahun 2020 yang lalu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan telah meluncurkan Program Merdeka Belajar–Kampus Merdeka (MB-KM). Program ini bertujuan untuk menyiapkan lulusan pendidikan tinggi yang tangguh dalam menghadapi perubahan. Baik perubahan sosial, budaya, dunia kerja, dan teknologi yang semakin cepat di era Revolusi Industri 4.0, Dalam Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi disebutkan bahwa, mahasiswa program sarjana diperbolehkan untuk memilih pembelajaran maksimal 3 semester di luar program studinya. 
 
Dengan Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MB-KM), mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk belajar diluar program studinya dilingkungan kampus selama satu semester atau setara dengan 20 SKS, dan pembelajaran pada perguruan tinggi lain satu semester atau setara dengan 20 SKS, serta 20 SKS untuk pembelajaran di luar perguruan tinggi.
 
Sehubungan kebijakan tersebut, telah dilakukan revisi kurikulum pada semua program studi dilingkungan Unbari. Penyusunan kurikulum itu berpedoman pada panduan dari kementerian Pendidikan yang kemudian kami turunkan menjadi Panduan Penyusunan Kurikulum Unbari. Kurikulum baru tersebut kami namakan dengan Kurikulum Pendidikan Tinggi Tahun 2021 (KPT-2021) untuk mendukung Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MB-KM) Universitas Batanghari.
 
Kurikulum MBKM tersebut telah diimplementasikan di Unbari mulai semester Ganjil Tahun Akademik 2021/2022 yang saat ini sedang berlangsung. Harapan kami dari pelaksanaan Program MB-KM ini, selain menghasilkan output mahasiswa yang berkompeten dan berkarakter,  akan tetapi juga memiliki adab yang baik, jujur, berani, cerdas, mandiri, serta siap terjun ke masyarakat atau dunia kerja/industri.
 
Revisi kurikulum juga didasari pada kesadaran bahwa perkembangan dan perubahan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara tidak terlepas dari pengaruh perkembangan global. Kurikulum menjadi sesuatu yang sangat penting sehingga mahasiswa bisa mengikuti perkembangan teknologi, seni, budaya dengan tetap memperhatikan norma dasar dan akhlak yang mulia. 
 
Penerapan kurikulum baru tentunya juga harus didukung dengan tenaga pendidik (Dosen) yang memiliki kompetensi akademik yang baik. Untuk itulah kami terus mendorong dosen tetap untuk melanjutkan studi ke jenjang pendidikan S3. 
 
Pada tahun 2021 dosen tetap yang telah menyelesaikan studi S3 sebanyak 6 orang, yaitu:
1. Dr. Ahmad Firdaus, SE, MM (UPI. Bandung)
2. Dr. Drs. Joner Simarmata, MM (UNJA)
3. Dr. Eko Hariyanto,. SP, MP (IPB)
4. Dr. Nyimas Enny FW, SH, MH (Univ. Borobudur, Jkt)
5. Dr. Yanti Ismiyati, S.Pd, M.Pd (UNJA)
6. Dr. Zuhri Saputra, S.Pd, M.Pd (Univ. Negeri Malang)
7. Dr. Yurni, M.Si (Univ. Negeri Malang)
 
Dengan telah selesainya studi S3 dari 7 orang dosen tetap ini maka, dari 217 orang dosen tetap di lingkungan Unbari sudah berpendidikan S3 sebanyak 45 orang (20,74%), sedangkan yang sedang menjalani pendidikan S3 berjumlah 22 orang (10,14%) orang. 
 
Dalam bidang kemahasiswaan juga dapat kami sampaikan beberapa prestasi yang dicapai oleh mahasiswa pada tahun 2021, diantaranya adalah:
1. Arbi Kurniawan (Fakultas Teknik) dan Melia Wildan (Fakultas Ekonomi), meraih juara III pada kegiatan Entrepreneurship Award V LLDIKTI Wilayah X tahun 2021 yang dilaksanakan di Padang
2. M. Gilang Ramadhan (Fakultas Hukum) Memperoleh medali emas pada kejuaraan Kempo di negara Turkey pada turnamen “The17th  World Kempo Championship 2021”
3. Aisah Ahmad dan Risma Dila S (Fakultas Pertanian), Juara Harapan I pada Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional tahun 2021
4. Vera Novianti dan Aisah Ahmad (Fakultas Pertanian), Juara II LKTI tingkat Provinsi Jambi
5. Andre Wijaya, Melsy Apriadyanti, Iskandar Aditya dan Lara Anggraini (Fakultas Pertanian), penerima dana hibah pada Program Talenta Inovasi Indonesia Tahun 2021 dari Kemdikbud Republik Indonesia.
6. Rizal Purnama (Fakultas Pertanian), lolos sebagai pejuang muda Kemensos RI, sebagai aplikasi dari MB-KM. 
 
Dan masih ada beberapa prestasi lain yang dicapai mahasiswa yang tidak dapat kami sebutkan semuanya disini, mengingat keterbatasan waktu karena wisuda ini dilaksanakan dua sesi.
 
Satu hal lagi yang ingin kami sampaikan bahwa, pada hari ini juga akan di wisuda satu orang mahasiswa asing pada Program Magister Manajemen, dari negara asal Korea Selatan. Yang bersangkutan sangat ingin mengikuti wisuda ini secara langsung bersama kita disini, namun wabah Covid-19 menyulitkan beliau untuk datang ke Indonesia. Untuk itu wisudawan  atas nama Kim Dejin akan dilaksanakan secara daring pada sesi terakhir rangkaian wisuda hari ini. Pada wisuda periode 49 bulan Juni 2021 yang lalu, juga telah  diwisuda satu orang mahasiswa asing pada Fakultas KIP Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, yang bernama Elda Nohemi Resendiz Hernandez dari negara asal Mexico.
 
Bapak Gubernur, Kepala LLDIKTI, Ketua Yayasan, hadirin dan hadirat yang berbahagia,
Demikianlah laporan singkat yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini, saya mewakili seluruh sivitas akademika Universitas Batanghari mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan dan wisudawati yang diwisuda pada hari ini.  Mohon sampaikan salam dan ucapan selamat dari kami kepada  orang tua kalian, kami juga mengucapkan ribuan terima kasih atas kepercayaannya untuk menitipkan putra dan putrinya menuntut ilmu di kampus kami.  
 
Pada kesempatan ini pula, saya mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada seluruh tenaga pendidik (dosen) dan tenaga kependidikan (tenaga administrasi) di lingkungan Universitas Batanghari. Walaupun pada kesempatan ini dosen maupun tenaga administrasi tidak banyak yang hadir, tapi mereka tetap mengikuti acara ini melalui Channel Youtube. Pembatasan jumlah panitia dan undangan dilakukan karena untuk mengikuti ketentuan standar kesehatan yang ditetapkan oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Jambi. 
 
Harapan saya kepada seluruh wisudawan hari ini, setelah saudara-saudara meninggalkan Universitas Batanghari, jagalah nama baik almamater dengan cara menunjukkan jati diri sebagai seorang Sarjana dan Magister yang beriman dan bertaqwa, serta siap untuk bekerja keras guna menghasilkan karya-karya yang bermanfaat, baik bagi saudara sendiri maupun bagi masyarakat sekitarnya. Tuntutlah ilmu sepanjang hayat dikandung badan, dengan tak henti-hentinya memperbanyak membaca berbagai referensi dan aplikasikanlah dalam kehidupan sehari-hari.
 
Demikianlah laporan ini kami sampaikan, semoga apa yang telah kita capai saat ini akan menjadi kekuatan untuk menghadapi masa depan, sedangkan apa yang kita rencanakan semoga Tuhan senantiasa memberikan jalan untuk mewujudkannya…, Amin Ya Robbal Alamin…… 
 
Selanjutnya kami mohon kepada Bapak Gubernur untuk menyampaikan pidatonya, dan selanjutnya juga kami mohon kiranya Bapak Kepala LLDIKTI Wilayah X juga berkenan untuk menyampaikan sambutan.
 
Akhirnya kami mohon maaf atas segala kelemahan dan kesalahan. Semoga Allah Subhanahu Wata’ala senantiasa melindungi kita semua, Aamiin Yaa Robbal Alamin.
 
Sekian dan Terima kasih, 
Billahi Taufiq wal Hidayah,
Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh...
  
Jambi,  20 November 2021
Rektor,
 
 
 
H. Fachruddin Razi, S.H., M.H.