EKSISTENSI PRODI BUDIDAYA PERAIRAN FAKULTAS PERTANIAN... | Portal Akademik - Universitas Batanghari
  • Masuk Fasilitas Portal

Info : +62 741 60 673

01 Januari 2022, oleh admin Print
EKSISTENSI PRODI BUDIDAYA PERAIRAN FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS BATANGHARI (FP-UNBARI) JAMBI GELAR SEDERET AQUACULTURE INNOVATION WEBINAR “KUPAS TUNTAS POTENSI PERAIRAN SUNGAI DAN DANAU PROVINSI JAMBI”

Program Studi Budidaya Perairan Fakultas Pertanian Universitas Batanghari Jambi sukses menggelar National Aquaculture Innovation Webinar. Tema yang diusung pada kegiatan ini adalah Analisis Potensi Perairan Sungai dan Danau Provinsi Jambi untuk Akuakultur Masa Depan. Tema ini sangat linier dan selaras dengan Visi dan Misi Program Studi Budidaya Perairan yakni “Pada tahun 2030 PS-BDP menjadi pusat pengembangan SDM, ilmu pengetahuan dan teknologi yang unggul dengan kompetensi bidang budidaya perairan sungai dan danau atas dasar akhlak mulia untuk kesejahteraan masyarakat”. Kegiatan ini dilakukan sebanyak 6 series dan dilaksanakan bertahap setiap 2 minggu.

Series pertama (1) mengangkat isu terkait Analisis Potensi Perairan Sungai dan Danau untuk Akuakultur Masa Depan “Perspektif Bidang Kajian Sistem Teknologi dan Manajemen Akuakuktur“ dengan Narasumber Dr. Eko Harianto, S.Pi., M.Si.

Series kedua (2) mengangkat isu terkait Analisis Potensi Perairan Sungai dan Danau untuk Akuakultur Masa Depan Perspektif Bidang Kajian Genetika Akuakultur (Poliploidisasi, dan Sex Reversal) dengan Narasumber Dr. Ahmad Taufiq Mukti S.Pi., M.Si. (Universitas Airlangga), dan Muarofah Ghofur, S.Pi., M.Si. (Universitas Batanghari Jambi).

Series ketiga (3) mengangkat isu terkait Analisis Potensi Perairan Sungai dan Danau untuk Akuakultur Masa Depan Perspektif Bidang Kajian Reproduksi Ikan, Konservasi Ikan-ikan Endemik Air Tawar” dengan Narasumber Dr. Irmawati, S.Pi., M.Si. (Universitas Hasanudin Makasar), Ir. M. Sugihartono, M.Si. (Universitas Batanghari Jambi), dan Muh. Herjayanto, S.Pi., M.Si. (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa).

Series ke empat (4) mengangkat isu terkait Analisis Potensi Perairan Sungai dan Danau untuk Akuakultur Masa Depan Peran Pakan dalam Produksi Ikan Air Tawar (Nutrisi Pakan, Pakan Alternatif dan Dampak Pakan terhadap Lingkungan)” dengan Narasumber Dr. Ir. Yulfiperius, M.Si. (Universitas Hazairin Bengkulu), Ir. H. Syahrizal, M.Si. (Universitas Batanghari Jambi), dan Dr. Ir. Mia Setiawati, M.Si. (Universitas IPB).

Series ke lima (5) mengangkat isu terkait Analisis Potensi Perairan Sungai dan Danau untuk Akuakultur Masa Depan Manajemen Penyakit dan Kesehatan Ikan serta Peran Bahan Herbal dan Fitofarmaka untuk Produksi Ikan Air Tawar” dengan Narasumber Dr. Maryani, S.Pi., M.Si. (Universitas Palangkaraya), Safratilofa, S.P., M.Si. (Universitas Batanghari Jambi), dan Miftahul Fikar U, S.St.Pi., M.Si. (BKIPM Provinsi Jambi).

Series ke enam (6) mengangkat isu terkait “Analisis Potensi Perairan Sungai dan Danau untuk Akuakultur Masa Depan “Peran Lingkungan dalam Produksi Komoditas Akuakultur” dengan Narasumber Petrus Rani Pong Masak, S.Pi., M.Si. (Loka Riset Budidaya Rumput Laut KKP), Dr. Kadir Sabilu, S.Pi., M.Si. (Universitas Halu Oleo), dan M. Yusuf Arifin, S.Pi., M.Si. (Universitas Batanghari Jambi).(admin,01/2022)