Sosialisasi dan Pelatihan Program Kreativitas Mahasiswa... | Portal Akademik - Universitas Batanghari
  • Masuk Fasilitas Portal

Info : +62 741 60 673

18 Maret 2022, oleh admin Print
Sosialisasi dan Pelatihan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) oleh Universitas Batanghari (UNBARI) Jambi

Program Kreativitas Mahasiswa adalah salah satu program unggulan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa). Program ini merupakan program tahunan yang telah diselenggarakan sejak tahun 2001 sampai sekarang. PKM ini bertujuan untuk menumbuhkan kreativitas dan inovasi mahasiswa dalam membentuk karakter dan keterampilan berpikir serta bertindak. Selain itu, PKM merupakan salah satu wujud implementasi Tridharma Perguruan Tinggi sebagai salah satu upaya untuk menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa. PKM diharapkan memberikan dampak terhadap peningkatan prestasi mahasiswa dan prestasi Perguruan Tinggi dalam pemeringkatan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. 

Sejak diluncurkannya, PKM memperoleh respon positif, baik di kalangan mahasiswa maupun Pimpinan Perguruan Tinggi. Hal ini tercermin dari bertambah banyaknya jumlah Perguruan Tinggi yang berpartisipasi dan proposal yang diunggah oleh para mahasiswa.

Pada Tahun 2022, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) membuka 10 bidang PKM yang dapat diikuti oleh para mahasiswa yang terdiri atas PKM-RE (Riset Eksakta), PKM-RSH (Riset Sosial Humaniora), PKM-K (Kewirausahaan), PKM-PM (Pengabdian Kepada Masyarakat), PKM-PI (Penerapan Ipteks), PKM-KC (Karsa Cipta), PKM-KI (Karya Inovatif), PKM-VGK (Video Gagasan Konstruktif), PKM-GFT (Gagasan Futuristik Tertulis), dan PKM AI (Artikel Ilmiah).

Melalui surat resmi dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Nomor 0902/E2/KM.05.01/2022 tanggal 4 Maret 2022, PKM telah ditawarkan kepada seluruh mahasiswa PTN dan PTS se-Indonesia. Proses upload proposal sampai pada tanggal 31 Maret 2022.

Menanggapi perihal tersebut, Universitas Batanghari bergerak cepat dan langsung mengadakan kegiatan sosialisasi dan pelatihan PKM tingkat Universitas. Kegiatan ini diikuti oleh 50 orang peserta baik dari mahasiswa dan dosen pendamping PKM. Sosialisasi dan pelatihan PKM Universitas Batanghari dilaksanakan pada hari kamis tanggal 17 Maret 2022 bertempat di Aula Drs. H. Abdurrahman Sayoeti. Sebanyak 3 narasumber dihadirkan pada acara tersebut yakni Bapak Dr. Eko Harianto, M.Si. (Fakultas Pertanian) membahas terkait teknis PKM 10 bidang, Ibu Dr. Hj. Arna Suryani, M.Ak., Ak., CA. (Fakultas Ekonomi) membahas pelatihan penulisan PKM, dan Bapak Ahmadi, M.M. (Fakultas Ekonomi) membahas terkait sistematika pengiriman proposal melalui Simbelmawa.

Hasil dari kegiatan sosialisasi dan pelatihan PKM tersebut, Universitas Batanghari berhasil mengirimkan sebanyak 13 judul PKM yang terdiri atas 5 judul PKM-RE, 2 judul PKM-K, 2 judul PKM-GFT dan 1 judul masing-masing PKM-RSH, PKM-PI, PKM-PM dan PKM-KC. Jika dilihat dari sebaran proposal berdasarkan Fakultas yang ada di Universitas Batanghari, sebanyak 7 proposal dari Fakultas Pertanian, 4 proposal dari Fakultas Teknik, dan 2 proposal dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.(admin,03/2022)