Diklat PPL Mahasiswa FKIP UNBARI Semester... | Portal Akademik - Universitas Batanghari
  • Masuk Fasilitas Portal

Info : +62 741 60 673

08 Agustus 2022, oleh admin Print
Diklat PPL Mahasiswa FKIP UNBARI Semester Ganjil T.A. 2022/2023

Alhamdulillah. Puji syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, pada Senin, 8 Agustus 2022 Fakultas Keguruan dan Imu Pendidikan (FKIP) UNBARI dapat menggelar kegiatan Program Praktik Lapangan (PPL) FKIP Universitas Batanghari (UNBARI) Tahun 2022. 

Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan bagian integral dalam keseluruhan kurikulum Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Batanghari. Program PPL ini setara dengan mata kuliah lain pada kurikulum FKIP Unbari dengan bobot 4 SKS. Kelulusan PPL merupakan salah satu persyaratan dalam menyelesaikan akhir studi mahasiswa pada setiap jenjang program studi.  Dengan demikian, Kegiatan PPL ini menjadi mata kuliah wajib, khususnya di  FKIP UNBARI yang mencakup 5 Program Studi yaitu : Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Prodi PBSI),  Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (Prodi PBI), Program Studi Pendidikan Sejarah (Prodi Sejarah), Program Studi Pendidikan Ekonomi Koperasi, dan  Program Studi Pendidikan Matematika.

Di antara keragaman implementasi misi Tri Dharma Perguruan Tinggi (yang di dalamnya, mencakup : Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat) oleh institusi dan civitas akademika FKIP UNBARI ini, diharapkan  kegiatan  PPL tetap menjadi pilihan yang baik untuk mewujudkan kerjasama antara masyarakat kampus dan sekolah mitra tempat mahasiswa melaksanakan program ini. Karena  kegiatan PPL ini    bersifat   aplikatif,   integratif, kulminatif   dan   kreatif transaksional. Aplikatif karena mahasiswa PPL harus mengaplikasikan ilmu atau kemampuan yang sudah diperoleh dalam bangku kuliah. Integratif karena menyatukan seluruh pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh. Kulminatif terjadi pemusatan kegiatan pengalaman belajar secara menyeluruh. Kreatif transaksional menuntut calon guru untuk secara kritis menyesuaikan tindakan instruksional dengan situasi nyata di dalam kelas.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Pj. Rektor UNBARI, Prof. Dr. Herri, M.B.A., dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapan selamat kepada Panitia Pelaksana PPL FKIP UNBARI Tahun 2022 yang telah bekerja optimal dalam menyukseskan kegiatan ini. Beliau juga berpesan kepada Bapak/Ibu Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) PPL UNBARI Tahun 2022, tugas yang diemban oleh Bapak dan Ibu Dosen dalam membimbing, mengarahkan, memberi nasehat dan memberikan penilaian kepada para mahasiswa peserta PPL UNBARI Tahun 2022 ini agar dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Sehingga, pada akhir pelaksanaan kegiatan PPL nanti, harapan sebagaimana yang telah dikemukakan oleh Saudari Ketua Panitia Pelaksana PPL FKIP UNBARI, Ibu Erlina Zahar, M.Pd., dapat meningkatkan Kompetensi Keguruan, meningkatkan tanggung jawab pribadi sebagai calon guru dan tanggung jawab sosial (personal and social responsibility) terhadap berbagai permasalahan yang dihadapi di lingkungan sekolah; dan, meningkatkan kesadaran diri terhadap peran sosial (self-awareness of social role) dan perannya selaku akademisi (self-awareness of academician role) yang akan hidup berdampingan di tengah-tengah lingkungan masyarakat sekolah, benar-benar dapat diwujudkan.(admin,08/2022)