MENGENAL SOSOK KAKAK PRAMUKA UNIVERSITAS BATANGHARI... | Portal Akademik - Universitas Batanghari
  • Masuk Fasilitas Portal

Info : +62 741 60 673

15 Agustus 2022, oleh admin Print
MENGENAL SOSOK KAKAK PRAMUKA UNIVERSITAS BATANGHARI JAMBI, H.M. CHAIRUL IDRAH, M.M., M.H.

“Pramuka Pramuka Praja Muda Karana!, begitulah seringkali terdengar di telinga kita bahkan diantara kita juga pernah atau masih mengudarakannya. Slogan khas yang secara lantang  terlontar dari seruan bersemangat anak-anak Pramuka.

Siapa yang tidak kenal dengan Pramuka, bahkan ada yang hidup tidak lepas dari Pramuka. Pramuka adalah organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia. Kata Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Orang Muda yang Suka Berkarya.

Gerakan positif yang terorganisir ini sudah tentu bahkan menjadi bagian dari diri kita. Banyak nilai-nilai yang ditanamkan Pramuka membantu membentuk karakter seseorang. Gerakan Pramuka sendiri  bertujuan untuk membentuk setiap Pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, dan memiliki berkecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia, mengamalkan Pancasila, serta melestarikan lingkungan.   

Mengenal Pramuka berarti tidak asing dengan istilah “kakak”, sebutan yang lumrah di kalangan Pramuka yang menunjukkan sikap “hormat” kepada orang lain. Tidak perduli apapun latar belakangnya.

Berbicara mengenai organisasi Pramuka di Universitas Batanghari (UNBARI) yang dikenal dengan nama Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Dewan Racana Keris Siginjai – Putri Mayang Gudep 04.129 – 04.130 Pangkalan Universitas Batanghari tidak akan terlepas dari sosok seorang “Kakak Pembina” Senior Pramuka yaitu Kakak H.M. CHAIRUL IDRAH, M.M., M.H. Sosok yang juga merupakan Petinggi UNBARI, dimana beliau pernah menjabat sebagai Wakil Rektor III sampai akhirnya di masa akhirnya setelah pensiunnya beliau masih diminta menjadi Staf Khusus Rektor UNBARI.

Kehadiran beliau sudah menghiasi UNBARI sejak UNBARI belum menjadi Universitas, masih merupakan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP). Bagi “Anak Pramuka UNBARI”, sosok beliau adalah Panutan. Totalitas beliau tidak diragukan. Saat ini beliau masih aktif sebagai anggota Lembaga Pemeriksa Keuangan Kwarda Jambi.

Pada salah satu kesempatan berbincang dengan beliau, “Kak Chairul” panggilan akrabnya dalam Pramuka berpesan “laksanakan tugas sesuaikan dengan Undang-undang Pramuka Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka sebagai pedoman, jangan menyimpang, kerjakan dengan proposional tugas Pramuka”.

Beliau juga berpesan kepada Mahasiswa Baru “Gerakan Pramuka UNBARI merupakan Lembaga atau organisasi yang dibentuk oleh Pramuka untuk menyelenggarakan Pendidikan Kepramukaan yang bertujuan untuk membentuk setiap Pramuka agar memiliki Kepribadian yang beriman, bertaqwa berakhlak mulia berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin menjunjung tinggi nilai-nilai luhur Bangsa dan memiliki kecakapan hidup sebagai Kader Bangsa dalam menjaga dan membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia mengamalkan Pancasila serta melestarikan lingkungan hidup.”(admin,08/2022)