TANGGAP PELUANG DAN KENDALA UNIVERSITAS BATANGHARI... | Portal Akademik - Universitas Batanghari
  • Masuk Fasilitas Portal

Info : +62 741 60 673

22 Agustus 2022, oleh admin Print
TANGGAP PELUANG DAN KENDALA: UNIVERSITAS BATANGHARI (UNBARI) JAMBI MENGADAKAN PERTEMUAN PIMPINAN UNBARI DENGAN DOSEN STUDI LANJUT

Sehubungan dengan upaya Universitas Batanghari (UNBARI) untuk memajukan kualitas Sumber Daya Manusia, khususnya Tenaga Pengajar/ Dosen di lingkungan UNBARI. Untuk mewujudkan harapan tersebut maka dilakukan pertemuan untuk memfasilitasi Dosen dengan Pimpinan Universitas guna mengetahui Perkembangan Studi Lanjut yang bersangkutan beserta peluang dan kendala yang dihadapi.

Kegiatan tersebut berlangsung dengan baik dan diikuti secara antusias oleh Para Dosen pada hari Senin, 22 Agustus 2022 pukul 09.00 WIB bertempat di Ruang Aula Drs. H. Abdurrahman Sayoeti - Gedung D Kampus Utama Broni.

UNBARI juga memfasilitasi Dosen yang studi lanjut/ yang sedang berdomisili di luar Provinsi Jambi untuk dapat mengikuti melalui Zoom Meeting. Selain Pimpinan dan Rektorat bagian SDM/ Kepegawaian, hadir juga Pimpinan Fakultas di Lingkungan UNBARI.

Sebagaimana diketahui, “60% Kualitas Perguruan Tinggi ditentukan oleh Kualitas Dosennya”, ujar Prof. Dr. Herri, S.E., M.B.A. selaku Pj. Rektor UNBARI. Beliau melanjutkan bahwa Dosen saat ini haruslah mengejar Jenjang Program S3 (Doktor), sebagai syarat juga untuk mencapai gelar Profesor yang merupakan puncak karir dari seorang Dosen. Hal ini juga sejalan dengan yang juga disampaikan Wakil Rektor I, Ibu Dr. Osrita Hapsara, M.M., beliau mengatakan bahwa kedepannya S3 atau Doktor adalah syarat diakui menjadi seorang Dosen. 

Prof. Herri juga mengatakan bahwa “Acara ini akan diagendakan setiap 6 (enam) bulan sekali”, tentu sebagai evaluasi dan motivasi bagi Dosen tersebut. Beliau juga menambahkan “Kami akan berupaya membantu sekuat tenaga dengan dana yang ada”, untuk kemajuan Dosen UNBARI.

Dialog interaktif berlangsung, setiap Dosen menyampaikan apa yang menjadi peluang dan hambatan selama studi yang mereka jalani. Apa saja keluh kesahnya, trik dan strategi yang mereka upayakan. Kegiatan ini memberikan nilai pembelajaran yang besar, yang bisa diambil pelajaran, bahkan bagi mereka yang baru memulai maupun akan merencanakan studi lanjut.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dan digarisbawahi adalah bahwa Dosen harus mengetahui dan memastikan prioritasnya, tanpa prioritas yang tepat, maka segala hal menjadi tidak optimal. Ketika Studi Lanjut maka sebaiknya Prioritas Belajar yang diutamakan. Kegiatan lain bisa dikesampingkan dahulu. Bahkan melepaskan Jabatan yang mungkin diemban agar bisa fokus pada studi. Menjadi catatan juga bagi Pengelola bahwa Dosen Studi Lanjut tidak boleh menjabat, karena akan mempengaruhi kinerjanya baik sebagai mahasiswa maupun dalam pekerjaan tersebut. “Sekolah sambil menjabat, kalau bisa yang sekolah jangan memegang jabatan, jangan sampai dijadikan reason, akhirnya tidak selesai. Jangan menunda-nunda, lebih cepat lebih baik”, pesan Prof. Herri.

“Kalau berumur masalah biaya, kalau muda banyak keinginannya. Selalu ada masalah,” ujar Beliau.  “Hidup ini tidak ada yang lebih baik dari karakter dan etika. Paling tinggi adalah masalah karakter dan etika. Bagaimana kita membangun Dosen-dosen yang menjadi suri tauladan. Kami siap dan bangga menyambut Dokter-dokter baru di UNBARI”, ujar Prof. Herri.

Sebelum menutup kegiatan ini beliau juga menyampaikan bahwa hubungan dengan Profesor/ Promotor/ Pembimbing tetaplah dijalin dengan baik, “bisa kita undang menjadi Dosen Kuliah Tamu/ Reviewer OJS, Network kita”, begitupula teman-teman saat sekolah kita, akan menjadi bagian Network kita sekarang dan kedepannya nanti,” pesan beliau.(admin,08/2022)