PRAKTISI MASUK KAMPUS UNIVERSITAS BATANGHARI UNBARI ... | Portal Akademik - Universitas Batanghari
  • Masuk Fasilitas Portal

Info : +62 741 60 673

30 Agustus 2022, oleh admin Print
PRAKTISI MASUK KAMPUS: UNIVERSITAS BATANGHARI (UNBARI) JAMBI JAJAKI KERJA SAMA DENGAN PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA (TELKOM)

Universitas Batanghari (UNBARI) Jambi jajaki kerja sama dengan PT. Telekomunikasi Indonesia atau biasa dikenal dengan sebutan Telkom pada Selasa, 30 Agustus 2022 bertempat di Kantor PT. Telekomunikasi Indonesia. 
Tujuannya "Perlu ada hubungan antara Praktisi di satu sisi dengan Universitas di satu sisinya untuk simbiosis, saling menguntungkan", ujar Pimpinan UNBARI Pj. Rektor Bapak Prof. Dr. Herri, S.E., M.B.A. Praktisi diajak untuk berbagi informasi khususnya dalam berkarya, pengalaman, organisasi, dan seputar kesiapan dalam menghadapi dunia rilnya. "Praktisi masuk kampus juga merupakan kebijakan pemerintah lewat kementerian", terangnya. 
Memupuk kebanggaan juga bagi anak-anak didik tentunya. Mencoba berhubungan dengan orang Perusahaan. "Mempercepat Kurva Belajar atau Learning Curve", ujar Prof. Herri. Jika hal ini dibiasakan hubungan dengan Praktisi/ Perusahan sejak dari Bangku Perkuliahan akan mempercepat proses tersebut. Produktivitasnya dapat segera maksimal/full speed. 
Dalam hal pengajaran, akan dirutinkan, diprogramkan pada setiap bidang perkuliahan, bergiliran, bergantian, pada setiap angkatan. "Adanya sentuhan praktisi", lanjut beliau, sesuai bidang Praktisi tersebut. Seperti Topik Pengajaran " Digital Marketing". Segala bentuk kegiatan nantinya oleh kedua belah pihak diawali dengan Kerja sama. Akan ada Next Pertemuan. 
UNBARI juga akan membuka program studi sistem informasi dan komputer yang tentunya relevan dengan Telkom. Terutama fokus kerjasama pada Fakultas Teknik (seperti program studi Teknik Listrik), Ekonomi (bidang Manajemen Pemasaran, Keuangan, SDM), dan Pendidikan. 
Kerjasama dalam hal Magang, Pengajaran, Survei Perilaku Konsumen, Teknisi, Instalasi, Ritel, Digital Marketing, Smart Card, serta "Peningkatan Kualifikasi Pendidikan dan Peningkatan Skill Penguasaan Lapangan bagi Teknisi Listrik/Menara/Instalasi Tenaga Kerja PT. Telkom pada Program Studi Teknik Listrik UNBARI", sambut Dekan Fakultas Teknik UNBARI Bapak Dr. Ir. H. Fakhrul Rozi Yamali, M.E. dan Kepala Program Studi Teknik Listrik Bapak Ir. S. Umar Djufri, M.T.
Bukan hanya UNBARI saja, PT. Telkom juga menyambut baik penjajakan kerja sama ini. Pihak mereka juga memperoleh manfaatnya seperti yang dilansir oleh Bapak Lukman selaku Manager Consumer Service, "banyak juga yang tidak kami ketahui, karena berbeda segmen juga, itu yang perlu kami pelajari juga, tidak hanya soal bisnis, berbagi ilmu, pengetahuan. Kami juga memiliki portofolio produk, apapun kebutuhan baik itu Kampus, Perusahaan, Rumah Sakit, Bisnis, kita siap support". "Kami siap juga untuk aplikasi digital service, lanjutnya. Arah kedepannya UNBARI juga fokus pada Data Center dan mengajak Telkom perusahaan yang 52% sahamnya milik Negara ini untuk ikut mengelolanya. 
Melalui pertemuan ini dicanangkan juga Program "Telkom Smart Campus" dimana kerjasama Telkom dengan UNBARI untuk Digitalisasi UMKM baik Marketing-nya, Proses Bisnisnya, secara Global, "atas empat puluh ribu UMKM di Jambi", terang Bapak Wakil Dekan III FE - UNBARI Bapak Dr. Sudirman, S.E., M.E.I. yang juga hadir mewakili Dekan FE UNBARI untuk tindak lanjut teknis kerjasama nantinya pada Fakultas Ekonomi. Diharapkan Telkom dan UNBARI bisa menjembataninya. "Akan di cluster juga terkait UMKM yang berpotensi ekspor akan diprioritaskan terlebih dahulu", ujar Prof Herri yang disambut baik oleh General Manager PT. Telekomunikasi Indonesia Wilayah Jambi Bapak Muhammad Ihsan "bisa disinkronkan nanti Pak". 
Bidang Kerjasama juga merambah ke bidang keterampilan dan hobi seperti bidang Penyiaran, Photography, Public Speaking, dan Motivasi. Salah Dosen UNBARI yang juga hadir dalam pertemuan tersebut memang sudah beberapa kali diundang menjadi Narasumber dalam berbagai pelatihan termasuk juga pelatihan yang disupport oleh Telkom yaitu Bapak Rico Mapadeceng, M.M.(admin,08/2022)