UNIVERSITAS BATANGHARI UNBARI JAMBI MENYAMBUT BANK... | Portal Akademik - Universitas Batanghari
  • Masuk Fasilitas Portal

Info : +62 741 60 673

24 September 2022, oleh admin Print
UNIVERSITAS BATANGHARI (UNBARI) JAMBI MENYAMBUT BANK INDONESIA (BI): SOSIALISASI KEBIJAKAN QRIS

Disela-sela kesibukan aktivitas di UNBARI. Sivitas Akademika UNBARI menyambut kehadiran Tim Bank Indonesia (BI) yang hendak menyapa para Dosen dan berbicara terkait Kebijakan QRIS.

QRIS adalah Quick Response Code Indonesian Standard merupakan standar kode QR Nasional untuk memfasilitasi pembayaran kode QR di Indonesia yang diluncurkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) pada 17 Agustus 2019. Satu QR Code untuk semua Payment. Itulah QRIS. Standar kode QR Nasional untuk memfasilitasi pembayaran kode QR di Indonesia.

Mempermudah pembayaran semua e-wallet dengan QRIS adalah tujuannya. Saat ini, dengan QRIS, seluruh aplikasi pembayaran dari Penyelenggara manapun baik bank dan nonbank yang digunakan masyarakat, dapat digunakan di seluruh toko, pedagang, warung, parkir, tiket wisata, donasi (merchant) berlogo QRIS.

Akseptasi QRIS sudah masuk ke segala sektor. Media sosial dihebohkan dengan adanya foto yang menunjukkan seorang juru parkir yang menerima pembayaran menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Seperti yang juga dijelaskan oleh Ibu Lidya Susilo selaku Narasumber utama dari BI.  Beliau menjelaskan bahwa “sambil kita nunggu lampu merah bisa langsung scan bisa langsung bayar”, ujarnya.

Akseptasi QRIS sudah masuk ke segala sektor mulai dari perdagangan, ritel, perparkiran, transportasi, pendidikan, tempat ibadah, donasi sosial, elektronifikasi pemerintah dan pemda, pajak, tempat pariwisata, dan lain-lain.

Seperti yang juga disampaikan oleh Prof. Dr. Herri, M.B.A., selaku Pj. Rektor UNBARI bahwa “QRIS merupakan solusi yang dikeluarkan oleh BI untuk mengatasi Covid-19.” Apa yang bisa UNBARI juga sumbangkan untuk itu. “UNBARI siap melakukan kerja sama yang tidak bisa ditangkap oleh Pihak lain, UNBARI siap berkerjasama dengan BI”, sambutnya.    

Demikian kegiatan ini berlangsung hingga sesi tanya jawab yang penuh antusias oleh peserta. Hadir juga mendampingi Pj. Rektor, Ibu Dr. Osrita Hapsara, M.M., selaku Wakil Rektor I UNBARI, serta Ibu Eva Ariesty dan Bapak Van Arle Datullah dari BI.(admin,09/2022)