• Masuk Fasilitas Portal

Info : +62 741 60 673

25 Maret 2019, oleh admin Print
Seminar Nasional Fakultas Ekonomi UNBARI “Peluang dan Tantangan Ekonomi, Keuangan Bisnis Syariah di Era Digital 4.0”

Perekonomian digital telah berkembang pesat dan menjadi ikon baru dalam prospek perekonomian nasional dan dunia masa depan. Meskipun belum ada definisi baku, namun secara sederhana perekonomian digital tidak lain ialah bagian dari output ekonomi yang berasal dari kegiatan penggabungan teknologi multiguna melalui internet yang diaplikasikan di berbagai model bisnis barang atau jasa digital. Ekonomi digital sangat luas, namun fokus pada inovasi teknologi yang mempengaruhi aktivitas ekonomi dan sosial dari masyarakat. Sudah terjadi sejak industrial revolution 3.0 dan akan semakin meluas pada Industri 4.0 akibat teknologi baru yang memadukan fisik, digital dan biologi.

Revolusi industri 4.0 bisa menjadi ancaman dan bisa juga menjadi peluang besar bagi Indonesia jika jeli dan siap memanfaatkannya. Industri keuangan diseluruh dunia tengah menghadapi berbagai perobahan dan perkembangan zaman yang semakin cepat dan berpengaruh terhadap intensitas pekerjaan, keterampilan dan kompetensi. Oleh karena itu kita harus betul-betul siap untuk mengantisipasi setiap perubahan yang ada dari industri 4.0.

Peluang ekonomi dan keuangan digital, antara lain menumbuhkan inovasi, entrepreneurship & pertumbuhan ekonomi, memperluas akses yang lebih besar terutama pada inklusi keuangan dan UMKM, identitas digital yang dapat meningkatan layanan sosial dan publik menjadi lebih baik, dan terjangkau.

Guna mencapai tujuan tersebut, implementasi  yang mesti harus kita lakukan dalam rangka menciptakan masyarakat yang lebih baik yakni terbentuknya basis pasar, adanya peningkatan daya saing, adanya pemerataan pembangunan ekonomi, mengintegrasikan ke dalam perekonomian kita.

Dengan adanya Seminar Nasional ini dapat dijadikan sebagai mata rantai demi kemajuan bangsa dan Negara khususnya provinsi Jambi dimasa yang akan datang. Hal ini merupakan upaya yang aktif bagi seluruh perguruan tinggi untuk kemajuan bangsa dan Negara.

Karena itulah FE UNBARI bekerjasama dengan STIE Muhammadiyah Jambi, Universitas Adiwangsa Jambi, dan Universitas Muara Bungo menggelar seminar di Aula Drs. H. Abdurrahman Sayoeti UNBARI yang dibuka langsung oleh Rektor UNBARI, Bapak H. Fachruddin Razi, M.H., didampingi Dekan FE UNBARI, Ibu Dr. Hj. Arna Suryani, M.Ak., AK., CA., serta jajarannya ini, dihadiri oleh Peserta dari Lingkungan Umum, Dosen dan Mahasiswa.

Seminar yang diketuai oleh Bapak Dr. Sudirman, S.E., M.E.I., ini dihadiri oleh Narasumber Bapak Irfan Syauqi Beik, Ph.D. selaku Direktur Pusat Kajian Strategis Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI, Bapak Hermansyah selaku Branch Manager Bank Syariah Mandiri Area Jambi, serta Gubernur dalam hal ini diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi dan Pembangunan Ibu Ir. Hj. Sri Anggunaini, M.Si.(admin,03/2019)