LAPORAN REKTOR UNIVERSITAS BATANGHARI PADA WISUDA... | Portal Akademik - Universitas Batanghari
  • Masuk Fasilitas Portal

Info : +62 741 60 673

24 Juni 2023, oleh admin Print
LAPORAN REKTOR UNIVERSITAS BATANGHARI PADA WISUDA ke 53

Bismillahirrohmaanirrohim...

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh...

Selamat pagi, salam sejahtera bagi kita semua...,

Yth. Gubernur Jambi
Yth. Bapak-Bapak Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOMPIMDA) Provinsi Jambi
Yth. Kepala LLDIKTI Wilayah X
Yth. Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta yang sempat hadir pada pagi ini
Yth. Anggota Senat Universitas Batanghari
Yth. Para Dosen dan Tenaga Kependidikan dilingkungan Unbari
Yth. Bapak/Ibu orang tua wisudawan, hadirin dan hadirat yang berbahagia
Para Wisudawan/Wisudawati yang saya banggakan...

Sebelum meneruskan sambutan ini, terlebih dahulu saya mengajak kita semua untuk selalu memanjatkan Puji dan Syukur kehadirat Allah Subhanahu Wata’ala, karena atas berkat Rahmat dan RidhoNya, kita semua bisa hadir disini untuk mengikuti Sidang Terbuka Senat Universitas Batanghari dalam rangka Wisuda ke 53 Universitas Batanghari, Semester Genap Tahun Akademik 2022/2023. Sholawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada junjungan kita Nabi yang mulia, Nabi Besar Muhammad Shallallahu Alaihi Wassalam, serta para keluarga, sahabat dan para pengikutnya hingga akhir zaman.

Pada kesempatan ini, saya atas nama pribadi dan atas nama sevitas akademika Universitas Batanghari mengucapkan terimakasih kepada seluruh undangan yang telah berkenan hadir memenuhi undangan kami. Kepada yang terhormat Gubernur Jambi kami mengucapkan terimakasih, yang ditengah kesibukannya masih menyempatkan diri untuk menghadiri acara ini. Juga kepada yang terhormat kepala LLDIKTI yang telah menyempatkan dirinya untuk menghadiri langsung acara ini. Selanjutnya kepada Bapak/Ibu semua yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu, sekali lagi kami mengucapkan ribuan terimakasih. Kehadiran Bapak/Ibu semua tentunya menjadi kebanggaan bagi kami semua. Semoga keluangan waktu Bapak/Ibu memenuhi undangan kami menjadi amal ibadah disisi Allah Subhanahu Wata’ala.... Aamiin....

Bapak Gubernur, Kepala LLDIKTI, hadirin dan hadirat yang berbahagia,

Pada kesempatan berbahagia ini, izinkan saya selaku Pj. Rektor Universitas Batanghari melaporkan tentang lulusan yang akan di wisuda hari ini. Berdasarkan Surat Keputusan Rektor nomor 48 Tahun 2023, Lulusan Unbari yang akan di wisuda pada hari ini berjumlah sebanyak 557 orang.

Rincian dari 557 orang lulusan tersebut adalah; lulusan jenjang pendidikan Strata Dua (S.2) sebanyak 67 orang, lulusan jenjang pendidikan Strata Satu (S.1) sebanyak 490 orang. Pada Jenjang Pendidikan S.2, terdiri dari lulusan Program Studi Magister Ilmu Hukum sebanyak 45 orang dan Lulusan Program Studi Magister Manajemen sebanyak 22 orang. Pada Jenjang Pendidikan S.1 terdiri dari; lulusan dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sebanyak 69 orang, Fakultas Ekonomi sebanyak 124 orang, Fakultas Hukum sebanyak 197 orang, Fakultas Teknik sebanyak 81 orang dan Fakultas Pertanian sebanyak 21 orang. Dengan diwisudanya sebanyak 557 orang lulusan pada hari ini, maka Universitas Batanghari telah menghasilkan lulusan sebanyak 17.194 orang.

Dari 557 lulusan yang diwisuda hari ini, terdapat beberapa orang wisudawan yang memperoleh prestasi akademik sebagai lulusan terbaik dari masing-masing fakultas menurut jenjang pendidikan yang ada. Sebagai apresiasi atas prestasi yang dicapainya, maka kepada lulusan terbaik tersebut diberikan piagam penghargaan. Berikut nama-nama lulusan terbaik pada wisuda periode ini adalah;

  1. RIZKI ANANDA, dari Program Studi Magister Ilmu Hukum, IPK. 3,97, Predikat Lulus “Dengan Pujian”
  2. GUNAWAN, dari Program Studi Magister Manajemen, IPK. 4,00, Predikat Lulus “Dengan Pujian”
  3. FAHIRA WIDIASARI, dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, IPK. 3,97, Predikat Lulus “Dengan Pujian”
  4. AGNES VALENT PATRICIA, dari Fakultas Ekonomi, pada Program Studi Manajemen, IPK. 3,99, Predikat Lulus “Dengan Pujian”
  5. ELVY MARLINA, dari Fakultas Hukum, Program Studi Ilmu Hukum, IPK. 3,94, Predikat Lulus “Dengan Pujian”
  6. AMELIA FEBBY VALENCY, dari Fakultas Teknik, Program Studi Teknik Lingkungan, IPK. 3,75, Predikat Lulus “Sangat Memuaskan”
  7. BAYU SETIAWAN, dari Fakultas Pertanian, Program Studi Agribisnis, IPK. 3,89, Predikat Lulus “Sangat Memuaskan”

Kepada wisudawan yang berhasil memperoleh predikat sebagai lulusan terbaik saya ucapkan selamat. Selamat dan sukses atas prestasi luar biasa yang telah anda capai. Semoga prestasi ini dapat memacu ananda untuk lebih berprestasi lagi di masa yang akan datang.

Perlu juga kami sampaikan informasi lain tentang wisudawan hari ini. Bahwa dari 557 orang lulusan yang di wisuda pada pagi ini terdapat 308 orang (55,30%) lulus dengan IPK diatas 3,50  dan yang menyelesaian studi tepat waktu yaitu 4 (empat) tahun sebanyak 241 orang (43,27%). Sedangkan dilihat dari status pekerjaan, terdapat 189 orang (33,93%) wisudawan yang sudah bekerja.

Angka-angka diatas menujukkan kepada kita semua bahwa, proses akademik berjalan dengan baik di unbari. Walaupun akhir-akhir ini ada berita-berita di media cetak maupun media sosial yang memberitakan tentang polemik di unbari, akan tetapi kegiatan akdemik tetap berjalan dengan baik sebagaimana mestinya.

Bapak Gubernur, Kepala LLDIKTI, hadirin dan hadirat yang berbahagia,

Pada tanggal 6 Juni 2023 yang baru lalu, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) telah mengeluarkan hasil Re-Akreditasi Universitas Batanghari dengan Peringkat “Terakreditasi Baik Sekali”. Peningkatan Akreditasi Universitas Batanghari dari sebelumnya Terakredirasi Baik menjadi Terakreditasi Baik Sekali, merupakan hasil kerja sama dan kerja keras semua tim yang terlibat dalam penyusunan dokumen LKPT, LED serta panitia lainnya.

Pada kesempatan ini juga kami menyampaikan terimakasih kepada Bapak Gubernur yang sudah banyak membantu dalam mendorong untuk kemajuan Unbari, termasuk kehadiran Bapak Gubernur pada saat pelaksaan Asessmen lapangan oleh BAN-PT pada tanggal 25-27 Mei 2023 yang lalu, yang tentunya memberi kesan yang sangat baik dari tim Asesor.

Akreditasi adalah kegiatan penilaian untuk menentukan kelayakan Program Studi dan Perguruan Tinggi. Akreditasi dilakukan dengan tujuan untuk menentukan kelayakan Program Studi dan Perguruan Tinggi berdasarkan kriteria yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi serta untuk menjamin mutu Program Studi dan Perguruan Tinggi secara eksternal baik di bidang akademik maupun non-akademik. Hal ini bertujuan untuk melindungi kepentingan mahasiswa dan masyarakat.

 

Akreditasi menjadi sebuah aset penting untuk menetapkan posisi sebuah lembaga institusi perguruan tinggi atau program studi dalam tatanan kompetisi pengelolan dengan institusi perguruan tinggi dan program studi lain, serta merupakan tolok ukur bagi lembaga pengguna alumni untuk memastikan lulusannya layak karena dihasilkan dari proses pengelolaan yang terkawal dengan baik.

 

Manfaat lain dari Akreditasi Perguruan Tinggi yakni Memberikan jaminan bahwa institusi perguruan tinggi yang terakreditasi telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh BAN-PT, sehingga mampu memberikan perlindungan bagi masyarakat dari penyelenggara perguruan tinggi yang tidak memenuhi standar. Disamping itu akreditasi juga menjadi acuan bagi calon mahasiswa untuk menentukan kampus mana tempat mereka akan belajar. Akreditasi perguruan tinggi dan program studi juga menjadi suatu hal yang esensial untuk dipenuhi karena merupakan penerapan dari standar nasional pendidikan tinggi yang sudah diatur oleh undang–undang.

 

Bapak Gubernur, Kepala LLDIKTI, hadirin dan hadirat yang berbahagia,

Sehubungan dengan program pemerintah tentang Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM),  pada tahun ini terdapat 3 (tiga) orang mahasiswa unbari yang lolos dalam program pertukaran mahasiswa Kampus Merdeka tahun 2023. Ketiga mahasiswa tersebut adalah;

  1. VILLYA MUHLISA, mahasiswa Fakultas Ekonomi, Program Studi Manajemen
  2. SEPTIADI ALAMSYAH, mahasiswa Fakultas Ekonomi, Program Studi Manajemen
  3. M. FADLY AL ADHA, mahasiswa Fakultas Pertanian, Program Studi Budidaya Perikanan

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka tahun 2023 (PMM) merupakan sebuah program bidang pendidikan untuk mobilitas mahasiswa selama satu semester. Dengan program ini mahasiswa mendapatkan pengalaman belajar di perguruan tinggi lain di Indonesia, sekaligus sebagai sarana untuk memperkuat persatuan dalam keberagaman.

Disamping itu Program PMM memiliki tujuan dan manfaat akademik dan non-akademik untuk seluruh pihak yang berpartisipasi, yaitu;

  1. Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengaplikasikan wawasan kebangsaan;
  2. Meningkatkan pemahaman mahasiswa pada keberagaman suku, agama, ras, dan antargologan (SARA) dan semangat persatuan;
  3. Mengembangkan perjumpaan dan dialog  intensif dalam keberagaman dan sikap saling memahami sehingga tercipta penguatan persatuan;
  4. Memperluas dan/atau memperdalam pengetahuan akademis mahasiswa.

Kepada Ananda bertiga kami ucapkan selamat, semoga dengan kegiatan ini ananda bisa membawa nama besar Unbari kepada seantero negara tercinta. Kami bangga atas prestasi yang anda capai, percayalah bahwa prestasi tersebut akan menjadi nilai tambah bagi saudara disamping prestasi akademik. 

Bapak Gubernur, Kepala LLDIKTI, hadirin dan hadirat yang berbahagia,

Sebelum mengakhiri laporan ini, saya ingin menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bapak Gubernur yang memberikan hak pakai lahan untuk pengembangan kampus unbari yang berlokasi di Sungai Gelam. Lahan ini nantinya akan digunakan untuk pengembangan Unbari,  dan sebagai lokasi kebun percobaan fakultas pertanian.

Selain dari itu juga perlu kami sampaikan bahwa, saat ini kami sedang menyiapkan dokumen usulan untuk pembukaan program studi baru. Adapun program studi baru yang akan di buka tersebut adalah Program studi Magister Pendidikan (S.2), Program Studi Magister Ilmu Ekonomi (S.2) dan program studi Sistem dan Teknologi Informasi (S.1). Dengan dibukanya 3 (tiga) program studi baru tersebut, maka Unbari akan memiliki 19 program studi.

Demikianlah laporan yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini, saya mewakili seluruh sivitas akademika Universitas Batanghari mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan dan wisudawati yang diwisuda pada hari ini.  Kepada orang tua wisudawan/wisudawai kami mengucapkan ribuan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepada kami untuk mendidik putra dan putrinya untuk menuntut ilmu pengetahuan di Unbari.

Pada kesempatan ini pula saya mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada seluruh dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan Universitas Batanghari. Semoga semua yang telah Bapak/Ibu berikan kepada mahasiswa mahasiswa kita menjadi amal ibadah di sisi Allah Subhanahu Wataala.

Harapan dan pesan saya kepada seluruh wisudawan hari ini, setelah saudara-saudara meninggalkan Universitas Batanghari, jagalah nama baik almamater tercinta dengan cara menunjukkan jati diri sebagai seorang Sarjana dan Magister yang beriman dan bertaqwa, serta siap untuk bekerja keras guna menghasilkan karya-karya yang bermanfaat, baik bagi saudara sendiri, keluarga, masyarakat dan bangsa. Tuntutlah ilmu sepanjang hayat dikandung badan, dengan memperbanyak membaca berbagai referensi dan aplikasikanlah dalam kehidupan sehari-hari.

Demikianlah laporan ini kami sampaikan, semoga apa yang telah kita capai saat ini menjadi kekuatan untuk menghadapi masa depan, sedangkan apa yang kita rencanakan semoga Tuhan senantiasa memberikan jalan untuk mewujudkannya.

Selanjutnya kami mohon kepada Bapak Gubernur untuk menyampaikan pidatonya, dan selanjutnya juga kami mohon kiranya Ibu kepala LLDIKTI Wilayah X juga berkenan untuk menyampaikan sambutan.

Akhirnya kami mohon maaf atas segala kelemahan dan kesalahan. Semoga Allah Subhanahu Wata’ala senantiasa melindungi kita semua, Aamiin Yaa Robbal Alamin...

Sekian dan Terima kasih,

Billahi Taufiq wal Hidayah,

Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh...    

  

Jambi,  24 Juni 2023

Pj. Rektor,

 

 

 

Prof. Dr. Herri, SE, MBA