LAPORAN REKTOR UNIVERSITAS BATANGHARI PADA WISUDA... | Portal Akademik - Universitas Batanghari
  • Masuk Fasilitas Portal

Info : +62 741 60 673

06 Desember 2023, oleh admin Print
LAPORAN REKTOR UNIVERSITAS BATANGHARI PADA WISUDA ke 54

Bismillahirrohmaanirrohim...

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh...

Yth. Bapak Gubernur Jambi

Yth. Bapak-Bapak Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOMPIMDA) Provinsi Jambi

Yth. Kepala LLDIKTI Wilayah X

Yth. Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta yang sempat hadir pada pagi ini

Yth. Anggota Senat Universitas Batanghari

Yth. Para Dosen dan Tenaga Kependidikan dilingkungan Universitas Batanghari

Yth. Bapak/Ibu orang tua wisudawan, hadirin dan hadirat yang berbahagia

Para Wisudawan/Wisudawati yang saya banggakan...

Syukur Alhamdulillah..., segala puji dan sanjungan semata-mata hanya milik Allah Subhanahu Wata’ala. Kita yakin bahwa, hanya atas anugerah dan karunianyalah kita semua bisa menghadiri sidang Terbuka Senat Universitas Batanghari dalam rangka Wisuda ke 54 Universitas Batanghari, Semester Ganjil Tahun Akademik 2023/2024. Sholawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada junjungan kita Nabi yang mulia, Nabi Besar Muhammad Shallallahu Alaihi Wassalam, serta para keluarga, sahabat dan para pengikutnya hingga akhir zaman.

Hari ini Rabu, tanggal 6 Desember 2023, merupakan hari penting bagi keluarga besar Universitas Batanghari. Karena pada hari ini kita semua akan menyaksikan wisuda program pendidikan Diploma, Sarjana dan Magister dilingkungan Universitas Batanghari.

Pada kesempatan berbahagia ini, saya atas nama pribadi dan atas nama sevitas akademika Universitas Batanghari mengucapkan selamat berbahagia pada seluruh orang tua beserta keluarga wisudawan atas keberhasilan anak-anak kita.  Kami juga mengucapkan terimakasih atas kepercayaan Bapak/Ibu yang telah memilih Universitas Batanghari sebagai tempat mereka menuntut ilmu. Semoga ilmu yang telah diperoleh bermanfaat untuk meningkatkan kualitas diri serta  meningkatkan jenjang karir mereka selanjutnya.

Disamping itu kami juga mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada seluruh dosen dan tenaga kependidikan dilingkungan Universitas Batanghari. Karena mereka telah bekerja dengan baik untuk memberikan bimbingan, pengajaran dan memberikan layanan di segala aspek kepada mahasiswa, baik dalam bidang akademik maupun non-akademik. 

Kepada yang terhormat Bapak Gubernur Jambi kami mengucapkan terimakasih, karena ditengah kesibukannya tetap menyempatkan diri untuk menghadiri acara ini. Juga kepada yang terhormat kepala LLDIKTI yang telah menyempatkan dirinya untuk menghadiri langsung acara ini. Selanjutnya kepada Bapak/Ibu undangan yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu, sekali lagi kami mengucapkan terimakasih.

Kehadiran Bapak/Ibu tentunya menjadi kebanggaan bagi kami semua. Semoga keluangan waktu Bapak/Ibu memenuhi undangan kami menjadi amal ibadah disisi Allah Subhanahu Wata’ala.... Aamiin....

Bapak Gubernur, Kepala LLDIKTI, hadirin dan hadirat yang berbahagia,

Pelaksanaan wisuda ini merupakan bukti nyata bahwa, proses akademik berjalan dengan baik di Universitas Batanghari. Setelah pada tanggal 24 Juni 2023 yang lalu kami mewisuda sebanyak 557 orang lulusan, dan hari ini kami kembali akan mewisuda lulusan Univeritas Batanghari sebanyak 484 orang. Dengan demikian pada tahun 2023 ini Universitas Batanghari mewisuda lulusan sebanyak 1.041 orang.

Rincian dari 484 orang lulusan pada wisuda periode ini adalah; lulusan Program Pendidikan Magister (S.2) sebanyak 66 orang, lulusan Program Pendidikan Sarjana (S.1) sebanyak 417 orang dan lulusan pendidikan Diploma Tiga 1 orang. Pada Jenjang Pendidikan S.2, terdiri dari lulusan Program Studi Magister Ilmu Hukum sebanyak 38 orang dan Lulusan Program Studi Magister Manajemen sebanyak 28 orang. Pada Jenjang Pendidikan S.1 terdiri dari; lulusan dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sebanyak 37 orang, Fakultas Ekonomi sebanyak 158 orang, Fakultas Hukum sebanyak 105 orang, Fakultas Teknik sebanyak 80 orang dan Fakultas Pertanian sebanyak 37 orang, sedangkan pada Program Pendidikan Diploma Tiga 1 (satu) orang.

Dari 484 lulusan yang diwisuda hari ini, terdapat beberapa orang wisudawan yang memperoleh prestasi akademik sebagai lulusan terbaik dari masing-masing fakultas menurut jenjang pendidikan yang ada. Sebagai apresiasi atas prestasi yang dicapainya, kepada lulusan terbaik tersebut akan diberikan piagam penghargaan. Berikut nama-nama lulusan terbaik pada wisuda periode ini sesuai Jenjang Pendidikan dan Fakultas;

  1. MOH. TAMRIN, Program Studi Magister Ilmu Hukum, IPK. 3,97, Predikat Lulus “Dengan Pujian”
  2. ANISATUZZUHRIAH, Program Studi Magister Manajemen, IPK. 3,92, Predikat Lulus “Dengan Pujian”
  3. WAHYU SETIA NINGSIH, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, IPK. 3,90, Predikat Lulus “Dengan Pujian”
  4. JESSICA, Fakultas Ekonomi, pada Program Studi Manajemen, IPK. 3,97, Predikat Lulus “Dengan Pujian”
  5. RANA RANI, Fakultas Hukum, Program Studi Ilmu Hukum, IPK. 3,81, Predikat Lulus “Dengan Pujian”
  6. KANTHI WAHYUNI, Fakultas Teknik, Program Studi Teknik Listrik, IPK. 3,83 Predikat Lulus “Dengan Pujian”
  7. FADILLAH, dari Fakultas Pertanian, Program Studi Agribisnis, IPK. 3,90, Predikat Lulus “Dengan Pujian”.

Dari 7 orang lulusan terbaik tersebut dipilih satu orang pemuncak tingkat Universitas dengan Indek Prestasi tertinggi, yaitu atas nama JESSICA dari Fakultas Ekonomi, Program Studi Manajemen. Yang bersangkutan lulus dengan IPK 3,97 prediket lulus “Dengan Pujian”, lahir di Jambi pada tanggal 12 April 2001, putri dari Bapak Yang Chi Yuan (alm) dan Ibu Shinta.

Kepada wisudawan yang berhasil memperoleh predikat sebagai lulusan terbaik saya ucapkan selamat. Selamat dan sukses atas prestasi luar biasa yang telah anda capai. Semoga prestasi ini dapat memacu ananda untuk lebih berprestasi lagi di masa yang akan datang.

Bapak Gubernur, Kepala LLDIKTI, hadirin dan hadirat yang berbahagia,

Perubahan masyarakat yang pesat tidak dapat dipisahkan dari perkembangan pendidikan, khususnya pendidikan tinggi. Pendidikan tinggi menjadi salah satu motor pendorong kemajuan dalam komunitas global. Dengan kualitas pendidikan tinggi yang baik maka, akan terjadi perubahan yang dapat memberikan dampak positif bagi kehidupan mayarakat.

Untuk meningkatkan citra kampus serta meningkatkan kualitas pendidikan di Universitas Batanghari, kami melakukan upaya meningkatkan meningkatkan 5 (lima) hal yaitu; akreditasi, kurikulum, sumberdaya manusia, program studi serta penggunaan teknologi informasi.

Dalam rangka Dies Natalis ke 38 Universitas Batanghari,  dan sebagai pertanggung-jawaban kepada pemerintah, pemangku kepentingan, dan masyarakat, perkenankan saya menyampaikan beberapa informasi tentang perkembangan Universitas Batanghari saat ini yang berkaitan dengan 5 (lima) hal tersebut.

1). Akreditasi...,

Pada awal tahun 2023 yang lalu kami berhasil memperoleh peningkatkan Akreditasi Institusi Perguruang Tinggi dari sebelumnya “Terakreditasi Baik” menjadi “Terakreditasi Baik Sekali”. Peningkatan Akreditasi ini sangat penting karena masyarakat cenderung memperhatikan akreditasi untuk menentukan kampus pilihan dalam melanjutkan studi.

Dengan demikian status Akreditasi Universitas Batanghari saat ini adalah; Akreditasi Perguruan Tinggi “Terakreditasi Baik Sekali”, sedangkan Program Studi dengan “Akreditas Baik Sekali” 1 Program Studi, “Terakreditasi B” sebanyak 13 Program Studi dan “Terakreditasi Baik” sebanyak 2 Progran studi.

Akreditasi menjadi aset penting untuk menetapkan posisi sebuah lembaga institusi perguruan tinggi atau program studi dalam tatanan kompetisi pengelolan dengan institusi perguruan tinggi dan program studi lain, serta merupakan tolok ukur bagi lembaga pengguna alumni untuk memastikan lulusannya layak karena dihasilkan dari proses pengelolaan yang terkawal dengan baik.

Manfaat lain dari Akreditasi Perguruan Tinggi yakni Memberikan jaminan bahwa institusi perguruan tinggi yang terakreditasi telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh BAN-PT, sehingga mampu memberikan perlindungan bagi masyarakat dari penyelenggara perguruan tinggi yang tidak memenuhi standar. Disamping itu akreditasi juga menjadi acuan bagi calon mahasiswa untuk menentukan kampus mana tempat mereka melanjutkan studi.

2). Kurikulum...,

Sebagai upaya meningkatkan mutu pembelajaran dilakukan revisi kurikulum secara berkala. Sejak semester ganjil tahun akademik 2021/2022 sudah di inplemetasikan kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Dengan kurikulum MBKM, mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk belajar diluar program studinya dilingkungan unbari selama satu semester atau setara dengan 20 SKS, dan pembelajaran pada perguruan tinggi lain satu semester atau setara dengan 20 SKS, serta 20 SKS untuk pembelajaran di luar perguruan tinggi.

Harapan kami dengan Program MBKM ini, selain menghasilkan output mahasiswa yang berkompeten dan berkarakter,  juga diharapkan mahasiswa memiliki etika yang baik, jujur, berani, cerdas, mandiri, serta siap terjun ke masyarakat atau dunia kerja/industri.

3). Sumberdaya Manusia...,

Dalam bidang Sumberdaya Manusia, kami terus berupaya untuk meningkatkan kompetensi dosen dengan mendorong mereka  melanjutkan pendidikan ke Programam Doktoral atau S3. Saat ini dari jumlah dosen tetap sebanyak 197 orang, yang sudah berpendikan S3 (Doktor) sebanyak 51 orang (25,89%) sedangkan yang sedang menjalankan pendidikan S3 sebanyak 17 orang.  Jika dosen unbari yang sedang menjalankan pendidikan S3 saat ini menyelesaikan studinya maka, unbari akan memiliki dosen yang berpendidikan S3 sebanyak 68 orang (34,52%).

Disamping itu pula, suatu yang sangat membaggakan kami bahwa satu orang dosen tetap Universitas Batanghari berhasil memperoleh gelar tertinggi dalam bidang akademik yaitu sebagai Guru Besar. Setiap dosen tentunya bercita-cita untuk mencapai gelar ini, namun hal tersebut tidaklah mudah.

Pada kesempatan yang berbahagia ini kami mengucapkan selamat kepada dosen tetap Unbari yaitu Prof. Dr. Hj. Arna Suryani, SE, M.Ak, Ak, CA. Pencapaian ibuk dalam meraih Guru Besar merupakan kebanggaan bagi kami selaku sevitas akademika Univeristas Batanghari. Semoga keberhasilan ibu menjadi motivasi bagi dosen-dosen unbari yang lainnya.

Yang bersangkutan merupakan dosen tetap pada Program Studi Magister Manajemen Fakultas Ekonomi untuk bidang ilmu  Manajemen Keuangan. Dan telah dilakukan pengukuhan dalam rapat senat Universitas Batanghari pada tanggal 5 Desember 2023 kemaren.

4). Pengembangan Program Studi...,

Salah satu kebijakan dalam kampus merdeka adalah pengembangan program studi. Melalui kampus merdeka ini, perguruan tinggi Indonesia dituntut untuk peka dan cepat tanggap terhadap perkembangan ilmu dan teknologi, mampu memberikan terobosan dan inovasi, serta mampu menghasilkan lulusan perguruan tinggi yang andal dan siap untuk bersaing dalam dunia kerja baik secara global dan nasional.

Melihat tantangan tersebut, kami sudah menyelesaikan dokumen usulan untuk pembukaan program studi baru sebanyak 4 (empat) program studi, yang terdiri dari dari 3 (tiga) Program Magister dan 1 (satu) program sarjana. Program Magister yang akan dibuka adalah Program Magister Pendidikan (M.Pd), Program Magister Ilmu Ekonomi Pembangunan (MEP), Program Magister Pendidikan Bahasa Indonesia  dan satu program Pendidikan sarjana yaitu Program Studi Sistem dan Teknologi Informasi.

5). Sistem Informasi...,

Untuk memberikan pelayanan prima bagi seluruh civitas akademika maka kami juga melakukan pengembangan pada sistem informasi terpadu dilingkungan Unbari. Sistem Informasi yang sudah ada saat ini sebetulnya sudah cukup baik dan sudah digunakan sejak tahun 2012, namun seiring perkembangan teknologi informasi, kami harus melakukan inovasi dan pengembangan untuk membangun sistem infirmasi terpadu yang lebih baik yang kami beri nama “Sistem Smart Campus”.

Dengan sistem baru ini nanti layanan akademik maupun non akademik dilakukan terintegrasi secara online. Dengan demikian akan peningkatkan layanan serta memberi kemudahaan pada semua pemakai.

Bapak Gubernur, Kepala LLDIKTI, hadirin dan hadirat yang berbahagia,

Demikianlah laporan yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini, saya mewakili seluruh sivitas akademika Universitas Batanghari sekali lagi mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan dan wisudawati yang diwisuda pada hari ini.  Kepada orang tua wisudawan/wisudawai kami mengucapkan ribuan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepada kami untuk mendidik putra dan putrinya untuk menuntut ilmu pengetahuan di Unbari.

Harapan dan pesan saya kepada seluruh wisudawan hari ini, setelah saudara-saudara meninggalkan Universitas Batanghari, jagalah nama baik almamater tercinta dengan cara menunjukkan jati diri sebagai seorang Sarjana dan Magister yang beriman dan bertaqwa, serta siap untuk bekerja keras guna menghasilkan karya-karya yang bermanfaat, baik bagi saudara sendiri, keluarga, masyarakat dan bangsa. Tuntutlah ilmu sepanjang hayat dikandung badan, dengan memperbanyak membaca berbagai referensi dan aplikasikanlah dalam kehidupan sehari-hari.

Demikianlah laporan ini kami sampaikan, semoga apa yang telah kita capai saat ini menjadi kekuatan untuk menghadapi masa depan, sedangkan apa yang kita rencanakan semoga Tuhan senantiasa memberikan jalan untuk mewujudkannya.

Selanjutnya kami mohon kepada Bapak Gubernur untuk menyampaikan pidatonya, dan selanjutnya juga kami mohon kiranya Ibu kepala LLDIKTI Wilayah X juga berkenan untuk menyampaikan sambutan.

Akhirnya kami mohon maaf atas segala kelemahan dan kesalahan. Semoga Allah Subhanahu Wata’ala senantiasa melindungi kita semua, Aamiin Yaa Robbal Alamin...

Sekian dan Terima kasih,

Billahi Taufiq wal Hidayah,

Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh...    

  Jambi,  6 Desember 2023

Pj. Rektor,

 

Prof. Dr. Herri, SE, MBA