TINGKATKAN SKILL MAHASISWA HIMPUNAN MAHASISWA PERIKANAN... | Portal Akademik - Universitas Batanghari
  • Masuk Fasilitas Portal

Info : +62 741 60 673

08 Juli 2024, oleh admin Print
TINGKATKAN SKILL MAHASISWA, HIMPUNAN MAHASISWA PERIKANAN (HIMAPER) UNBARI GELAR PELATIHAN TEKINIK PEMBENIHAN IKAN AIR TAWAR

Himpunan Mahasiswa Perikanan (Himaper) Universitas Batanghari (Unbari) pada Sabtu, 08 Juni 2024 sukses menggelar kegiatan pelatihan teknik pembenihan ikan air tawar yang berlokasi di Kolam Pemacingan Telaga Mangggis Mestong Muaro Jambi.

Sebanyak 20 Orang lebih mahasiswa hadir mengikuti kegiatan ini. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan skill mahasiswa di lingkungan Program Studi Budidaya Perairan (BDP) Unbari terutama pada aspek pembenihan ikan. Selain mendapatkan ilmu di dalam kelas mahasiswa juga di ajarkan praktik secara langsung di lokasi budidaya ikan.

Ketua Program Studi BDP menyambut baik acara ini dan mengapresiasi kerja HIMAPER Unbari atas terselenggaranya kegiatan yang sangat bermanfaat ini. Kaprodi BDP berpesan kepada seluruh mahasiswa untuk serius mengikuti pelatihan agar menadapatkan skill tambahan dalam pembenihan ikan sebelum lulus dan berkiprah ditengah-tengah masyarakat. 

Pelatihan ini terasa begitu spesial, karena Narasumber yang mendampingi para peserta adalah Wakil Rektor III Unbari yang sekaligus Dosen Prodi BDP Unbari pada bidang reproduksi ikan yakni Bapak Ir. M. Sugihartono, M.Si. beberapa materi disampaikan oleh Narasumber meliputi perbedaan induk jantan dan betina, seleksi induk, teknik penyuntikan, perhitungan dosis hormon, penetasan telur dan pemeliharaan larva.

Saat di wawancarai. Para peserta mengaku senang mengikuti kegiatan ini, selain berkumpul dengan kakak kelas, silaturahmi antar angkatan mereka juga mendapatkan tambahan ilmu. Salah satu mahasiswa menuturkan bahwa kegiatan pelatihan ini harus dilakukan setiap semester dengan topik yang berbeda-beda, praktik diluar kampus menjadi suasana baru bagi mahasiswa dan dapat melihat dan mengaplikasikan secara langsung ilmu yang didapatkan di kelas perkuliahan.