Program Studi Pendidikan SejarahFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Ketua Program Studi Pendidikan Sejarah
Siti Heidy Karmela, S.Si, MA.
Visi
PS-PS FKIP Unbari menjadi lembaga unggulan dibidang pendidikan sejarah serta mampu menciptakan tenaga pendidik dan tenaga ahli lainnya yang profesional, berakhlak mulia, dan berbudaya ditingkat regional pada tahun 2030
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan yang unggul dibidang Pendidikan sejarah untuk membentuk SDM yang profesional dan berakhlak mulia.
- Mengembangkan penelitian dan pengabdian yang bermanfaat dalam rangka melaksanakan tanggung jawab sosial kepada masyarakat.
- Melakukan kerjasama dengan isntansi pemerintah dan non-pemerintah.
TUJUAN
- Terciptanya lulusan dan tenaga pendidik serta tenaga ahli lainnya yang unggul dan profesional serta berakhlak mulia.
- Terwujudnya atmosfer akademik yang kondusif guna tercapainya pembelajaran dengan menggunakan sistem student centered learning.
- Menghasilkan penelitian yang unggul dan melibatkan sivitas akademika serta dipublikasikan pada jurnal yang telah terakreditasi nasional.
- Terlaksananya pengabdian masyarakat yang memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu pengetahuan, serta mampu meningkatkan kepedulian sivitas akademika terhadap fenomena yang ada di masyarakat.
- Terjalinnya kemitraan dengan berbagai instansi terkait dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi
KURIKULUM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH
SEMESTER I
NO |
KODE MK |
NAMA MATA KULIAH |
SKS |
STATUS |
MK Prasyarat |
1 |
UBN 13101 |
Agama |
2(2-0) |
Wajib |
- |
2 |
UBN 13102 |
Bahasa Indonesia |
2(2-0) |
Wajib |
- |
3 |
UBR 13101 |
IAD |
2(2-0) |
Wajib |
- |
4 |
UBR 13102 |
Bahasa Inggris |
2(2-0) |
Wajib |
- |
5 |
UBN 13103 |
Pancasila |
2(2-0) |
Wajib |
- |
6 |
UBR 13103 |
Budaya melayu Jambi |
2(2-0) |
Wajib |
- |
7 |
UBP 13135 |
Sejarah Indonesia masa pra aksara dan hindu budha |
3(3-0) |
Wajib |
- |
8 |
UBP 13107 |
Dasar-Dasar Ilmu Sejarah |
3(3-0) |
Wajib |
- |
9 |
UBP 13112 |
Geografi sejarah |
2(2-0) |
Wajib |
- |
|
|
Jumlah |
20 |
|
- |
SEMESTER II
NO |
KODE MK |
NAMA MATA KULIAH |
SKS |
STATUS |
MK Prasyarat |
1 |
UBN 13204 |
Kewarganegaraan |
2(2-0) |
Wajib |
- |
2 |
UBR 13206 |
Pendidikan anti korupsi |
2(2-0) |
Wajib |
- |
3 |
UBR 13205 |
Aplikasi Komputer |
2(2-0) |
Wajib |
- |
4 |
UBF 13201 |
Pengantar Pendidikan |
2(2-0) |
Wajib |
- |
5 |
UBP 13236 |
Sejarah Indonesia masa Islam |
3(3-0) |
Wajib |
Sejarah Indonesia masa pra aksara dan hindu budha |
6 |
UBP 13201 |
Pengantar Ilmu Sosial |
2(2-0) |
Wajib |
- |
7 |
UBP 13219 |
Sejarah Sosial |
2(2-0) |
Wajib |
- |
8 |
UBP 13221 |
Sejarah Peradaban hindu budha |
2(2-0) |
Wajib |
- |
9 |
UBP 13222 |
Sejarah Peradaban barat |
3(3-0) |
Wajib |
- |
|
|
Jumlah |
20 |
|
- |
SEMESTER III
NO |
KODE MK |
NAMA MATA KULIAH |
SKS |
STATUS |
MK Prasyarat |
1 |
UBP 13337 |
Sejarah Indonesia Masa Kolonial |
3(3-0) |
Wajib |
Sejarah Indonesia masa Islam |
2 |
UBP 13323 |
Sejarah Peradaban Islam |
2(2-0) |
Wajib |
- |
3 |
UBF 13302 |
Perkembangan peserta didik |
2(2-0) |
Wajib |
- |
4 |
UBP 13324 |
Sejarah Peradaban timur |
2(2-0) |
Wajib |
- |
5 |
UBP 13311 |
Sejarah agraria |
2(2-0) |
Wajib |
- |
6 |
UBP 13310 |
Sejarah Kebudayaan |
2(2-0) |
Wajib |
- |
7 |
UBP 13308 |
Pengenalan Dokumen |
3(2-1) |
Wajib |
- |
8 |
UBP 13313 |
Sejarah Maritim |
2(2-0) |
Wajib |
- |
9 |
UBP 13333 |
Pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah |
2(2-0) |
Wajib |
- |
|
|
Jumlah |
20 |
|
SEMESTER IV
NO |
KODE MK |
NAMA MATA KULIAH |
SKS |
STATUS |
MK Prasyarat |
1 |
UBF 13403 |
Belajar dan Pembelajaran |
2(2-0) |
Wajib |
- |
2 |
UBP 13438 |
Sejarah Indonesia masa Pergerakan nasional |
3(3-0) |
Wajib |
Sejarah Indonesia Masa Kolonial |
3 |
UBP 13418 |
Sejarah Pemikiran |
2(2-0) |
Wajib |
- |
4 |
UBP 13425 |
Sejarah Asia tenggara |
2(2-0) |
Wajib |
- |
5 |
UBP 13440 |
Pariwisata Budaya lokal* |
2(2-0) |
Pilihan |
- |
6 |
UBP 13405 |
Historiografi |
3(3-0) |
Wajib |
- |
7 |
UBP 13416 |
Sejarah Lokal |
2(2-0) |
Wajib |
- |
8 |
UBP 13414 |
Sejarah Ekonomi |
2(2-0) |
Wajib |
- |
9 |
UBP 13402 |
Arkeologi dan permuseuman |
2(2-0) |
Wajib |
- |
|
|
Jumlah |
20 |
|
SEMESTER V
NO |
KODE MK |
NAMA MATA KULIAH |
SKS |
STATUS |
MK Prasyarat |
1 |
UBF 13504 |
Profesi kependidikan |
2(2-0) |
Wajib |
- |
2 |
UBP 13539 |
Sejarah Indonesia Masa kemerdekaan sampai reformasi |
3(3-0) |
Wajib |
Sejarah indonesia masa Pergerakan nasional |
3 |
UBP 13506 |
Metodologi sejarah |
3(3-0) |
Wajib |
- |
4 |
UBP 13504 |
Teori sosial Modern |
3(3-0) |
Wajib |
- |
5 |
UBP 13530 |
Penelitian Pendidikan Sejarah |
3(2-1) |
Wajib |
- |
6 |
UBP 13517 |
Sejarah politik |
2(2-0) |
Wajib |
- |
7 |
UBP 13552 |
Sejarah Perempuan |
2(2-0) |
Wajib |
- |
|
|
Jumlah |
18 |
|
SEMESTER VI
NO |
KODE MK |
NAMA MATA KULIAH |
SKS |
STATUS |
MK Prasyarat |
1 |
UBP 13634 |
Microteaching |
2(2-0) |
Wajib |
- |
2 |
UBP 14409 |
Pembelajaran IPS terpadu |
3(2-1) |
Wajib |
PS-PE |
3 |
UBP 13603 |
Filologi |
2(2-0) |
Wajib |
- |
4 |
UBP 13615 |
Sejarah Publik |
2(2-0) |
Wajib |
- |
5 |
UBP 15233 |
Statistik Dasar |
3(3-0) |
Wajib |
PS-PM |
6 |
UBP 12419 |
English for Tourism and business* |
2(2-0) |
Pilihan |
PS-PBI |
7 |
UBP 11410 |
Jurnalistik* |
3(3-0) |
Pilihan |
PS-PBSI |
8 |
UBP 21636 |
Kewirausahaan* |
3(3-0) |
Pilihan |
FE |
|
|
Jumlah |
20 |
|
SEMESTER VII
NO |
KODE MK |
NAMA MATA KULIAH |
SKS |
STATUS |
MK Prasyarat |
1 |
UBP13726 |
Strategi dan Inovasi pembelajaran sejarah |
3(2-1) |
Wajib |
- |
2 |
UBP13727 |
Perencanaan Pembelajaran |
3(2-1) |
Wajib |
- |
3 |
UBP13728 |
Evaluasi Pembelajaran Sejarah |
3(2-1) |
Wajib |
- |
4 |
UBP13729 |
Kurikulum dan Buku Teks Sejarah |
3(2-1) |
Wajib |
- |
5 |
UBP13731 |
Pengembangan Media dan Bahan ajar Sejarah |
2(0-2) |
Wajib |
- |
6 |
UBP13732 |
Manajemen pengelolaan kelas |
2(2-0) |
Wajib |
- |
7 |
UBF13705 |
PPL |
4(0-4) |
Wajib |
- |
|
|
Jumlah |
20 |
|
SEMESTER VIII
NO |
KODE MK |
NAMA MATA KULIAH |
SKS |
STATUS |
MK Prasyarat |
1 |
UBP 13809 |
Skripsi |
6(0-6) |
Wajib |
- |
|
|
Jumlah |
6 |
|
Keterangan:
- Jumlah Seluruh SKS Mata Kuliah 144 sks
- Jumlah SKS Mata Kuliah Wajib 135 sks
- Jumlah SKS Mata Kuliah Pilihan 9 sks
Deskripsi Mata Kuliah
Agama
Mata kuliah ini mengkaji tentang ajaran Islam sehingga mereka dapat membekali diri dalam melaksanakan profesi sebagai sarjana yang memiliki ilmu pengetahuan yang cukup dan sikap pribadi yang baik.Dengan pemahaman yang baik terhadap ajaran Islam, segala aktivitas yang mereka lakukan didasari pada tuntutan agama Islam. Materi kuliah yaitu konsepsi tentang Tuhan dan Manusia, spiritualitas de tengah tantangan modernitas, perspektif Islam tentang hukum HAM dan demokrasi, etika, sain dan budaya Islam, paradigma Islam dalam pembinaan masyarakat.
Bahasa Indonesia
Mata kuliah ini mengkaji prinsip-prinsip dasar bahasa Indonesia baku dan melatih mahasiswa menggunakan bahasa Indonesia baku dalam penulisan karya ilmiah. Materi kuliah antara lain konsep dasar karya ilmiah, bahasa Indonesia karya ilmiah, tata tulis karya ilmiah, penulisan karya ilmiah dan penyuntingan karya ilmiah
Pancasila
Mata kuliah ini mengkaji kedudukan pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup, demokrasi pancasila, HAM dan pengamalan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Materi meliputi landasan dan tujuan pendidikan pancasila, pancasila dalam konteks sejarah pertumbuhan kebangsaan Indonesia, kedudukan pancasila ( dasar negara, pandangan hidup, idiologi, paradigma kehidupan, etika), filsafat pancasila, sistem pemerintahan Indonesia, implementasi sila-sila pancasila dalam kehidupan bermasyarakat.
Kewarganegaraan
Mengkaji kesadaran dan wawasan bernegara, cinta tanah air yang bersendikan kebudayaan Indonesia melalui pengkajian pendidikan pendahuluan bela negara, wawasan nusantara, ketahanan nasional, dan politik strategi nasional. Materi kuliah antara lain latar belakang pendidikan kewarganegaraan, pemahaman tentang bangsa dan negara, hak dan kewajiban warga negara, kerangka dasar kehidupan nasional, latar belakang filosofi wawasan nusantara, latar belakang ketahanan nasional, pokok-pokok pikiran tentang ketahanan nasional, pengaruh HAM, demokrasi lingkungan hidup terhadap ketahanan nasional, perkembangan pengertian politik dan demokrasi dalam kehidupan berbangsa, implementasi politik strategi nasional dalam bidang-bidang pembangunan nasional.
Ilmu Alamiah Dasar
Mata kuliah ini memberikan informasi dan pemahaman tentang Alam pikiran manusia dan perkembangannya, Perkembangan dan pengembangan ilmu pengetahuan alam, Keanekaragaman makhluk hidup dan persebarannya, Makhluk hidup dalam ekosistem alam, Sumberdaya alam dan lingkungannya, IPA dan teknologi bagi kehidupan manusia, Beberapa perkembangan teknologi, Isu lingkungan, dan kehidupan di bumi
Bahasa Inggris
Matakuliah ini membahas penggunaan bahasa inggris dalam lisan maupun tulisan dengan tata bahasa yang baik dan benar seperti penggunaan tense, verb, grammar
Budaya Melayu Jambi
Mata Kuliah ini memberikan pengetahuan, pemahaman, tentang kebudayaan melayu jambi yang berhubungan dengan konsep dasar budaya, ciri-ciri budaya, perkembangan budaya, keragaman bentuk isi budaya,transsformasi budaya asing ke dalam budaya, pengaruh islam dalam ada melayu, berbagai seni melayu, masyarakat adat dan mata pencaharian serta konteks pendidikan karakter dalam budaya melayu
Pengantar Pendidikan
Perkuliahan ini diisi dengan pembahasan tentang hakikat manusia dan pengembangannya, hakikat azaz, landasan, dan lingkungan pendidikan, serta pendidikan nasional
Perkembangan Peserta Didik
Membahas tentang karakteristik pertumbuhan dan perkembangan, kebutuhan dan tahap-tahap perkembangan penyesuaian diri remaja (usia sekolah menengah)
Belajar dan Pembelajaran
Membahas tentang pengetahuan dan kemampuan tentang pengelolaan kelas, keterampilan dasar mengajar, diagnosa kesulitan mengajar, dan program remidial
Profesi Kependidikan
Membahas tentang peranan guru dalam pelayanan konseling administrasi pendidikan di sekolah, penyikapan tugas, refleksi profesional, dan kode etik profesi kependidikan
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL)
Membahas tentang pelaksanaan observasi lapangan, praktek mengajar, dan pelaksanaan evaluasi pengajaran di sekolah dalam blok waktu tersendiri di bawah bimbingan guru pamong dan dosen pembimbing serta kepala sekolah
Sejarah Indonesia masa pra aksara dan hindu budha
Membahas tentang kehidupan awal di bumi, zaman pra sejarah di Indonesia, kasus zaman pra sejarah di Jambi (bukti-bukti peninggalan), Teori Darwin tentang manusia, penemuan manusia purba di Indonesia, teori kemunculan dan perkembangan manusia purba di Indonesia, hingga permulaan awal zaman sejarah di Indonesia.Mata kuliah ini mengkaji tentang teori-teori penyebaran dan kontak budaya antara kebudayaan Hindu-Budha dengan kebudayaan lokal di Nusantara, struktur masyarakat dan pemerintahan, kehidupan ekonomi, kehidupan beragama, teknologi dan seni serta perkembangan kerajaan-kerajaan hindu-budha di Nusantara
Sejarah Indonesia Masa Islam
Mata kuliah mengkaji tentang proses kedatangan, perkembangan pengaruh Islam di nusantara. Materi kajiannya berupa awal mula kedatangan islam di nusantara, saluran-saluran islamisasi, dan kerajaan-kerajaan Islam.
Sejarah Indonesia Masa Kolonial
Membahas tentang kedatangan bangsa barat di Nusantara, VOC di Nusantara, VOC di Jambi, hingga reaksi rakyat Indonesia terhadap kedatangan bangsa barat, pemerintahan transisi di Indonesia dari Daendels ke Raffles, politik kolonial konservatif, polititk kolonial liberal, politik ethis, kemunculan organisasi modern, kehidupan sosial masyarakat periode kolonial, dan pembentukan pemerintahan modern
Sejarah Indonesia masa Pergerakan nasional
Mata kuliah mengkaji tentang arti perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia dalam mewujudkan cita-cita negara Indonesia yang merdeka dan berdaulat. Materi meliputi peran golongan intelektual sebagai motor penggerak perubaha diawal abad ke-20, tumbuh dan berkembangnya organisasi-organisasi modern pada masa pergerakan nasional, pendudukan Jepang ( 1942-1945), proklamasi kemerdekaan (1945), masa revolusi nasional sampai penandatangan KMB. Timbulnya gagasan nasionalisme, golongan-golongan sosial, gerakan-gerakan agama, sosial, kebudayaan, pendidikan dan politik, dekolonisasi.
Sejarah Indonesia Masa kemerdekaan sampai reformasi
Membicarakan periode periode pendudukan Jepang dan Periode Revolusi Indonesia, golongan – golongan masyarakat yang terlibat dalam perubahan sosial, terbentuknya NKRI, perkembangan sosial, politik, ekonomi, pemerintahan, dan kebudayaan.
Mata kuliah mengkaji perkembangan sejarah Indonesia dalam berbagai aspek kehidupan dari tahun 1950-sekarang. Materinya antara lain RIS, masa demokrasi liberal 1950-1959, masa demokrasi terpimpin, transisi menuju Orde Baru, Reformasi, hingga kini.
Dasar-dasar ilmu sejarah
Mengenal permasalahan pokok sejarah sebagai aktualitas dan sebagai ilmu untuk memahami proses sejarah, ulasan meliputi apakah sejarah, kegunaan sejarah, kekuatan-kekuatan dalam sejarah, serta sejarah dan ilmu sosial.Mata kuliah ini mengkaji tentang keberadaan sejarah sebagai salah satu cabang ilmu sosial yang dapat dibuktikan kebenarannya dan manfaatnya berdasarkan pendekatan ilmiah, dengan materi kuliah meliputi sejarah sebagai ilmu, sifat-sifat sejarah reduktif, komulatif, dan edukatif, fakta, peristiwa dan kebenaran sejarah, kesadaran dan wawasan sejarah, pengajaran sejarah, ilmu sejarah dan masa depan
Geografi sejarah
Mengkaji tentang pengertian kebudayaan dan peradaban dalam kaitannya dengan lingkungan alamiah, pengertian geohistori dan geopolitik, geohistori peradaban tertua di Asia-Afrika, geohistori kawasan mediterania, geohistori Asia Tenggara, geohistori Sriwijaya, geohistori Lembah Sungai Brantas, geohistori beberapa situs sejarah (letak ibukota kerajaan, letak stupa, candi, dll).
Pengantar Ilmu Sosial
Mata Kuliah ini akan menyajikan dan mendiskusikan beberapa pokok bahasan; pengertian, ruang lingkup, pendekatan-metode-teknik, sejarah perkembangan ilmu-ilmu sosial, deskripsi konsep-konsep, generalisasi, dan teori-teori ilmu sosial (sosiologi, antropologi, geografi, sejarah, ekonomi, psikologi, dan ilmu politik).
Sejarah Sosial
Mengkaji tentang metodologi dan historiografi sejarah sosial, meliputi pengertian sejarah sosial, objek kajian sejarah sosial, pendekatan, teori, dan metode penelitian sejarah sosial, model studi sejarah sosial, historiografi sejarah sosial
Sejarah Peradaban Barat
Mata kuliah ini mengkaji fakta, konsep, dan prinsip dalam Sejarah peradaban barat yaitu sejarah Yunani-Romawi, rennaisance, kapitalisme modern, rasionalisme (aufklarung), Revolusi Prancis, revolusi industri, PD I dan PD II, Eropa masa perang dingin, dan Eropa kontemporer. Materi meliputi revolusi industri, revolusi Prancis, persebaran kolonialisme dan imperialisme, Revolusi Rusia, Perang Dunia I, Perang Dunia II, Eropa masa perang dingin, Eropa kontemporer. Mata kuliah ini juga mengkaji perkembangan Negara-negara barat seperti Amerika dan Australia
Sejarah Peradaban Islam
Mata kuliah ini membahas perkembangan peradaban Islam sejak abad VII sampai akhir abad XVII, atau dari masa klasik hingga masa modern. Sejarah Islam akan dilihat dari segi perkembangan politiknya, perluasan wilayah dan perkembangan sosial serta ekonomi. Sedangkan peradaban Islam akan dilihat dari segi bagaimana perkembangan peradaban Islam dalam perspektif ilmu dan pengetahuan, seni, budaya dan arsitektur. Pendekatan diakronik dan sinkronik digunakan untuk menelusuri peristiwa masa lalu yang panjang tersebut.Mata kuliah ini juga Mengkaji tentang perkembangan sejarah Negara-negara Islam di kawasan timur tengah sejak awal kehidupan masyarakat, lahir dan perkembangan agama monotheisme, masa kekhalifahan Islam penetrasi imperialis barat sampai PD II, proses kemerdekaan negara-negara di kawasan tersebut, hubungan Indonesia dengan Negara-negara timur tengah serta berbagai peristiwa aktual masa kini
Sejarah Peradaban timur
Mengkaji tentang perkembangan sejarah Asia Timur sejak awal kehidupan masyarakat, tumbuh dan berkembangnya filsafat / agama di Cina dan Jepang, penetrasi imperialis Barat sampai PD II, modernisasi Jepang dan timbulnya RRC, hubungan Indonesia dengan Asia Timur, konflik, diplomasi dan berbagai peristiwa aktual masa kini. Materinya antara lain keadaan alam, penduduk dan kebudayaannya di Asia Timur, Sejarah Cina, Mongolia, Korea, dan Jepang masa imperialisme barat, Asia Timur masa PD I, konflik, diplomasi dan peristiwa aktual di Asia Timur.
Sejarah Asia tenggara
Mata kuliah mengkaji tentang perkembangan berbagai aspek kehidupan masyarakat Asia Tenggara dari masa kuno sampai kontemporer, dengan materi mulai dari perkembangan bangsa-bangsa dengan bangsa Asia Tenggara pada masa kuno, kondisi Asia Tenggara pada masa kuno, kondisi Asia Tenggara masa kolonialisme bangsa-bangsa barat, Asia Tenggara pasca PD II, kemerdekaan bangsa-bangsa Asia Tenggara, bentuk konflik dan kerjasama regional di Asia Tenggara, perubahan sosial ekonomi, perubahan demografis, struktur sosial-politik, timbulnya borjuis pribumi, munculnya golongan intelektual, kesadaran nasional dan kebangkitan negara-negara modern di Asia Tenggara.
Sejarah Agraria
Lingkup kajian mat akuliah ini meliputi pengertian dan ruang lingkup sejarah agrarian, system kepemilikan dan pengelolaan tanah, bagi hasil, konflik agrarian dan kondisi agrarian masa colonial Belanda, masa pendudukan jepang, masa orde lama dan masa orde baru serta orde reformasi
Sejarah Kebudayaan
Mengkaji tentang perkembangan kebudayaan yang terjadi di dunia sejak jaman pra-aksara hingga masa sekarang mencakup peradaban-peradaban kuno di dunia, kebudayaan asli Indonesia, kebudayaan Timur, kebudayaan Islam, kebudayaan Barat, dan kebudayaan modern. Materi kuliah meliputi peradaban-peradaban kuno di dunia, kebudayaan asli Indonesia, kebudayaan Timur, kebudayaan Islam, kebudayaan Barat, dan kebudayaan modern.
Sejarah Maritim
Mata kuliah mengkaji tentang tata sejarah aktivitas yang berkaitan dengan dunia bahari atau maritim.
Sejarah Pemikiran
Sejarah pemikiran adalah mata kuliah yang membahas berbagai konsep dan perkembangan pemikiran yang berkembang baik di dunia Islam maupun Barat.Materi Sejarah Pemikiran meliputi perkembangan pemikiran dalam bidang filsafat, politik, teologi, hukum, tasauf, dan ekonomi.Melalui pembahan tersebut para mahasiswa diharapkan dapat memiliki sikap yang bijak dan bermakna bagi pengembangan diri dalam bidang keilmuan maupun kehidupan bermasyarakat. Kuliah akan dilaksanakan melalui diskusi, dialog, dan presentasi makalah yang disiapkan oleh para mahasiswa.
Sejarah Lokal
Mata kuliah ini membahas konsep dasar sejarah lokal, urgensi penulisan sejarah lokal, dan peristiwaperistiwa lokal dalam sejarah nasional.
Sejarah Ekonomi
Mengkaji tentang konsep pertumbuhan dan metode studi sejarah perekonomian, pemikiran ekonomi, pertumbuhan kehidupan ekonomi, membandingkan pola dan struktur perekonomian Indonesia sejak masa kuno sampai sekarang. Materi kuliah terdiri atas konsep dan studi sejarah perekonomian, sistem-sistem ekonomi, pemikiran-pemikiran ekonomi, perekonomian Indonesia mulai masa pra sejarah, masa kerajaan/Hindu Buddha dan masa kesultanan/Islam, masa VOC, masa Kolonial Belanda/STP/Cultuurstelsel, masa Jepang. hingga masa kemerdekaan
Sejarah politik
Mengkaji tentang metode, konsep politik dan penerapannya, perubahan politik dalam kehidupan sejak zaman pra-aksara sampai sekarang meliputi metode sejarah politik, konsep-konsep politik, kekuasaan dan kewibawaan, revolusi dan demokrasi, kehidupan politik pada masa kuno, abad pertengahan, renaissance, imperialisme, kolonialisme, kapitalisme, sosialisme, dan nasionalisme. Materi kuliah antara lain metode sejarah politik, konsep-konsep politik, kekuasaan dan kewibawaan, revolusi dan demokrasi, kehidupan politik pada masa kuno, abad pertengahan, renaissance, imperialisme, kolonialisme, kapitalisme, sosialisme, dan nasionalisme.
Pengenalan Dokumen
Membahas tentang jenis-jenis arsip, ruang lingkup arsip, penilaian arsip, sejarah lembaga kearsipan di Indonesia, kegiatan kearsipan, aplikasi penggunaan arsip, serta permasalahan yang ditemui dalam pemanfaatan arsip dan cara mengatasinya
Historiografi
Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat memahami perkembangan pemikiran dan penulisan sejarah dunia pada umumnya serta penulisan sejarah Indonesia pada khususnya, sejak zaman kuno sampai dengan penulisan sejarah zaman modern. Pembahasan dalam kuliah ini meliputi: perkembangan pemikiran, perkembangan penulisan sejarah, dan pengajian teks, yang mencakup historiografi Eropa, historiografi Asia Tenggara, historiografi Asia Timur, historiografi Islam, dan secara khusus historiografi Indonesia. Mata kuliah ini disajikan dengan maksud agar mahasiswa dapat memahami perkembangan penulisan sejarah baik di Indonesia pada khususnya, maupun berbagai wilayah lainnya. Diharapkan pula mahasiswa dapat menjelaskan ciri-ciri dan keistimewaan penulisan sejarah di setiap periodisasi perkembangannya
Arkeologi Dan Permuseuman
Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep-konsep dasar arkeologi, teori arkeologi, dan metode penelitian arkeologi, serta mampu merencanakan dan menerapkannya untuk mengkaji tinggalan-tinggalan arkeologi sebagai upaya untuk merekonstruksi sejarah. Materi kuliah menjelaskan arkeologi sebagai ilmu, tujuan arkeologi, hakekat data arkeologi, cara kerja arkeologi, perkembangan arkeologi, ilmu bantu arkeologi, peranan arkeologi dalam ilmu pengetahuan.
Metodologi Sejarah
Membahas tentang tata cara penulisan proposal skripsi sejarah dengan berbagai tema penulisan sejarah mulai dari latar belakang masalah, permasalahan dan ruang lingkup, arti penting dan tujuan, kerangka konseptual / landasan teoritis dan pendekatan, metode penelitian, tinjauan pustaka, dan sistematika penulisan. Pada akhirnya proposal ini akan diujikan dalam ujian seminar proposal dan akan dilanjutkan menjadi skripsi mahasiswa
Teori Sosial Modern
Kajian mata kuliah ini mencakup teori-teori sosial teori sosial kontemporer , teori Talcott Parsons, teori kritis Jurgen Hubermas, teori interaksionisme simbolik, teori pertukaran, teori pilihan rasional, teori konstruksi, teori globalisasi.
Filologi
Mata Kuliah ini bertujuan memberikan kompetensi mahasiswa agar mampu melakukan penelitian filologi, yaitu untuk memahami dan menjelaskan kebudayaan suatu bangsa lewat hasil sastranya baik lisan maupun tertulis. Bahan pembelajaran meliputi definisii Filologi tujuan filologi, sejarah penelitian filologi, ilmu bantu filologi, objek filologi, kodikologi dan tekstologi, Inventarisasi Naskah, Pendeskripsian naskah, Penentuan Umur Naskah, Pembacaan naskah, Pentransliterasian naskah, Penggunaan metode penelitian filologi, Pembandingan Naskah, Penganalisisan naskah, Penerbitan naskah.
Statistik Dasar
Mengkaji tentang statistik tingkat dasar, konsep dan pengetahuan dasar statistik, statistik sebagai alat analisis, bentuk-bentuk analisis statistik dan penafsiran terhadap data statistik. Materi kuliah yaitu kegunaan statistik dalam penelitian ilmiah, statistik deskriptif, dan pengujian hipotesis deskriptif
Pembelajaran IPS Terpadu
Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep, karakteristik IPS, relasi ilmu sosial dan IPS, tujuan IPS, pendekatan dalam pengorganisasian materi IPS di sekolah, peranan ilmu-ilmu sosial dalam IPS, IPS sebagai pendidikan nilai, IPS dalam kurikulum sekolah, dengan materi kuliah antara lain : konsep ilmu sosial dan IPS, ilmu sosial dalam IPS, tujuan IPS, pendekatan dalam pengorganisasian materi IPS di sekolah, peranan ilmu-ilmu sosial dalam IPS, peranan IPS sebagai pendidikan nilai, dan IPS dalam kurikulum sekolah.
Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Sejarah
Mata kuliah ini membahas tentang pendidikan karakter yang terdapat dalam peristiwa, maupun tokoh-tokoh sejarah, bagaimana mengajarkan dan menginternalisasikan nilai-nilia karakter yang terdapat dalam materi sejarah.
Strategi Dan Inovasi Pembelajaran Sejarah
Mata kuliah ini membahas hakekat pengembangan strategi pembelajaran, perkembangan perangkat pembelajaran, komponen strategi pembelajaran (pendekatan, model, metode, strategi, teknik, perangkat pendukung/media), metode-metode pembelajaran, model pembelajaran, strategi mengembangkan model pembelajaran sejarah, strategi mengembangkan media, strategi implementasi pengembangan model pembelajaran dalam perangkat pembelajaran, trends pembelajaran abad 21, menyusun rancangan inovasi pembelajaran sejarah.
Perencanaan Pembelajaran
Memiliki pengetahuan dan kemampuan tentang rumusan tujuan dan analisis bahan pembelajaran, metode, media, dan sumber pembelajaran, model-model perencanaan pembelajaran, cara menyusun program tahunan, cara menyusun silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Mata kuliah ini mencakup topik-topik penyusunan program tahunan, penyusunan program semester, pengembangan silabus (SK, KD, indikator, materi, KBM, sumber belajar), dan penyusunan RPP.
Evaluasi Pembelajaran Sejarah
Memiliki pengetahuan dan kemampuan tentang pengukuran, penilaian, fungsi dan tujuan evaluasi, alat-alat evaluasi tes (validitas, reliabilitas, daya pembeda, indeks kesulitan), fungsi hasil belajar. Mata kuliah ini mencakup topik-topik pengertian pengukuran, penilaian, dan evaluasi, sasaran dan objek evaluasi, macam-macam cara evaluasi, alat-alat evaluasi (tes dan non tes), penilaian proses, evaluasi akhir, analisis butir soal, dan membuat laporan hasil belajar.
Kurikulum dan Buku Teks Sejarah
Mendiskripsikan teori, hakikat dan stategi pengembangan kurikulum, menelaah kurikulum Sejarahdan buku teks di SMA/SMK
Pengembangan Media Dan Bahan Ajar Sejarah
Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep dasar pengembangan media dan bahan ajar sejarah yang dimulai dari perencanaan dengan menganalisis kebutuhan, desain dengan membuat prototife, dan development yaitu produksi media pembelajaran yang relevan
Manajemen Pengelolaan Kelas
Mata kuliah ini akan membahas tentang konsep manajemen yang dilaksanakan pada institusi pendidikan yang mencakup perencanaan, pengorganisasian dan pengawasan dalam rangka mewujudkan sekolah yang berkemampuan unggul dengan pendekatan model manajemen berbasis sekolah.
Micro Teaching
Memiliki keterampilan menyusun RPP dan mempraktekkannya di labor microteaching, mencakup topik penyusunan rencana pembelajaran dan latihan mengajar (membuka pelajaran, menjelaskan, bertanya, mengelola kelas, menggunakan variasi dalam pembelajaran, memberikan penguatan, memimpin diskusi kelompok kecil, dan menutup pembelajaran).