Program Studi Pendidikan MatematikaFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Ketua Program Studi Pendidikan Matematika
Relawati, S.Pd, M.Pd
Visi Program Studi Pendidikan Matematika
PS-PM FKIP Unbari menjadi lembaga yang bereputasi dalam menghasilkan guru matematika profesional dan berakhlak mulia di tingkat regional pada tahun 2030.
Misi Program Studi Pendidikan Matematika
- Menyelenggarakan mekanisme kelembagaan yang bereputasidalam pelaksanaan pendidikan dan pembelajaran dibidang pendidikan matematika untuk membentuk sumber daya manusia yang profesional dan berakhlak mulia di tingkat regional.
- Menyelenggarakan penelitian dalam bidang pendidikan matematika untuk membentuk sumber daya manusia yang memiliki reputasi, profesional dan berakhlak mulia.
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang matematika untuk membentuk sumber daya manusia yang memiliki reputasi, profesional dan berakhlak mulia.
- Menyelenggarakan kerjasama dengan berbagai lembaga pemerintah maupun swasta guna meningkatkan reputasi lembaga dan membentuk sumber daya manusia yang profesional dan berakhlak mulia.
TUJUAN
- Menghasilkan mekanisme kelembagaan yang bereputasi dalam melaksanakan proses pendidikan dan pembelajaran guna membentuk guru yang profesional dan berakhlak mulia, meliputi: a. Atmosfer akademik yang kondusif guna tercapainya pembelajaran di bidang pendidikan matematika yang berpusat pada mahasiswa. b. Karakteristik lingkungan yang mampu menumbuhkembangkan sikap profesional dibidang pendidikan matematika dan pembentukan akhlak mulia bagi mahasiswa.
- Menghasilkan penelitian yang memiliki reputasi dalam bidang pendidikan matematika dan dipublikasikan melalui jurnal.
- Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan matematika yang memberikan kontribusi bagi pengembangan ilmu pengetahuan serta meningkatkan kepedulian mahasiswa terhadap fenomena yang ada di masyarakat.
- Menghasilkan kerjasama di bidang pendidikan matematika dengan berbagai pihak untuk meningkatkan reputasi lembaga dan menciptakan sumber daya manusia yang profesional dan berakhlak mulia.
KURIKULUM PENDIDIKAN MATEMATIKA
SEMESTER I
No |
Kode MK |
Mata Kuliah |
SKS |
STATUS |
Prasyarat |
1 |
UBN 15101 |
Agama |
2(2-0) |
Wajib |
- |
2 |
UBN 15102 |
Bahasa Indonesia |
2(2-0) |
Wajib |
- |
3 |
UBN 15103 |
Pancasila |
2(2-0) |
Wajib |
- |
4 |
UBR 15107 |
Budaya Melayu Jambi |
2(2-0) |
Wajib |
- |
5 |
UBR 15105 |
Ilmu Sosial Dasar |
2(2-0) |
Wajib |
- |
6 |
UBR 15106 |
Bahasa Inggris |
2(2-0) |
Wajib |
- |
7 |
UBP 15122 |
Pengantar Dasar Matematika |
2(2-0) |
Wajib |
- |
8 |
UBP 15121 |
IPA Terpadu |
3(3-0) |
Wajib |
- |
9 |
UBP 15123 |
Kalkulus Differensial |
3(3-0) |
Wajib |
- |
Jumlah |
20 |
|
|
SEMESTER II
No |
Kode MK |
Mata Kuliah |
SKS |
STATUS |
Prasyarat |
1 |
UBN 15204 |
Kewarganegaraan |
2(2-0) |
Wajib |
Pancasila |
2 |
UBR 15201 |
Pendidikan Anti Korupsi |
2(2-0) |
Wajib |
- |
3 |
UBF 15209 |
Pengantar Pendidikan |
2(2-0) |
Wajib |
- |
4 |
UBF 15211 |
Pengantar Aplikasi Komputer |
2(0-2) |
Wajib |
- |
5 |
UBP 15230 |
Kalkulus Integral |
3(3-0) |
Wajib |
Kalkulus Differensial |
6 |
UBP 15231 |
Trigonometri |
3(3-0) |
Wajib |
- |
7 |
UBP 15232 |
Aljabar |
3(3-0) |
Wajib |
- |
8 |
UBP 15233 |
Statistika Dasar |
3(3-0) |
Wajib |
- |
Jumlah |
20 |
|
|
SEMESTER III
No |
Kode MK |
Mata Kuliah |
SKS |
STATUS |
Prasyarat |
1 |
UBF 15311 |
Pekembangan Peserta Didik |
2(2-0) |
Wajib |
Pengantar Pendidikan |
2 |
UBP 15335 |
Kalkulus Peubah Banyak |
3(3-0) |
Wajib |
Kalkulus Differensial, Kalkulus Integral |
2 |
UBP 15336 |
Aljabar Linier |
3(3-0) |
Wajib |
Aljabar |
3 |
UBP 15337 |
Geometri |
3(3-0) |
Wajib |
- |
4 |
UBP 15338 |
Teori Bilangan |
3(3-0) |
Wajib |
- |
5 |
UBP 15339 |
Teori Probabilitas |
2(2-0) |
Wajib |
- |
6 |
UBA 15301 UBA 15302
UBA 15303 UBA 15304 |
Mata Kuliah Pilihan:
|
4(4-0) |
Pilihan |
- |
Jumlah |
20 |
|
|
SEMESTER IV
No |
Kode MK |
Mata Kuliah |
SKS |
STATUS |
Prasyarat |
1 |
UBF 15413 |
Belajar dan Pembelajaran |
2(2-0) |
Wajib |
Perk. Peserta Didik |
2 |
UBP 15449 |
Metode Numerik |
3(3-0) |
Wajib |
Aljabar, Kalkulus Peubah Banyak |
3 |
UBP 15435 |
Geometri Analitik Bidang dan Ruang |
3(3-0) |
Wajib |
Geometri |
4 |
UBP 15450 |
Analisa Vektor |
3(3-0) |
Wajib |
- |
5 |
UBP 15451 |
Matematika Diskrit |
3(3-0) |
Wajib |
Aljabar, PDM |
6 |
UBP 15438 |
Statistika Lanjut |
3(3-0) |
Wajib |
Statistika Dasar |
7 |
UBP 15448 |
Persamaan Differensial |
3(3-0) |
Wajib |
Kalkulus Peubah Banyak |
Jumlah |
20 |
|
|
SEMESTER V
No |
Kode MK |
Mata Kuliah |
SKS |
STATUS |
Prasyarat |
1 |
UBF 15508 |
Profesi Kependidikan |
2(2-0) |
Wajib |
Perk. Peserta Didik, Belajar dan Pembelajaran |
2 |
UBP 15551 |
Program Linier |
3(3-0) |
Wajib |
Aljabar Linier |
3 |
UBP 15540 |
Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika |
3(3-0) |
Wajib |
- |
4 |
UBP 15541 |
Statistika Matematika |
3(3-0) |
Wajib |
Teori Probabilitas |
5 |
UBP 15545 |
Geometri Transformasi |
2(2-0) |
Wajib |
Geometri, Geometri Analit Bidang dan Ruang |
6 |
UBP 15550 |
Kapita Selekta Matematika |
3(3-0) |
Wajib |
Pengantar Dasar Matematika, Teori Bilangan, Aljabar, Trigometri |
7 |
UBA 15505 UBA 15506 UBA 15507 |
Mata Kuliah Pilihan:
|
2(2-0) |
Pilihan |
Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika |
Jumlah |
18 |
|
|
SEMESTER VI
No |
Kode MK |
Mata Kuliah |
SKS |
STATUS |
Prasyarat |
1 |
UBP 15647 |
Microteaching |
2(1-1) |
Wajib |
Perk. Peserta Didik, Profesi Kependidikan, Belajar dan Pembelajaran |
2 |
UBP 15657 |
Berpikir dan Bernalar Matematis |
3(3-0) |
Wajib |
|
3 |
UBP 15643 |
Struktur Aljabar |
3(3-0) |
Wajib |
Aljabar Linier |
4 |
UBP 15651 |
Fungsi Variabel Kompleks |
3(3-0) |
Wajib |
Persamaan Differensial |
5 |
UBP 15652 |
Analisis Ril |
3(3-0) |
Wajib |
Teori Bilangan, Matematika Diskrit |
6 |
UBP 15658 |
Seminar Matematika |
2(2-0) |
Wajib |
Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika |
7 |
UBA 15608 UBA 15609 UBA 15610 UBA 15611
UBA 15612
|
Mata Kuliah Pilihan:
|
4(4-0) |
Pilihan |
MK Kewirausahaan kuliah di FE (Lintas Fakultas) |
Jumlah |
20 |
|
|
SEMESTER VII
No |
Kode MK |
Mata Kuliah |
SKS |
STATUS |
Prasyarat |
1 |
UBF 15713 |
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) |
4(0-4) |
Wajib |
Kapita Selekta Matematika |
2 |
UBP 15750 |
Manajemen Pengelolaan Kelas |
2(2-0) |
Wajib |
- |
3
|
UBP 15751 |
Telaah Kurikulum Sekolah |
2(2-0) |
Wajib |
Perk. Peserta Didik, Profesi Kependidikan, Belajar dan Pembelajaran |
4 |
UBP 15752 |
Strategi Pembelajaran Matematika |
3(3-0) |
Wajib |
Perk. Peserta Didik, Belajar dan Pembelajaran |
5 |
UBP 15753 |
Perencanaan Pembelajaran Matematika |
3(3-0) |
Wajib |
Perk. Peserta Didik, Belajar dan Pembelajaran |
6 |
UBP 15754 |
Media PembelajaranMatematika dan TIK |
3(3-0) |
Wajib |
Perk. Peserta Didik, Belajar dan Pembelajaran |
7 |
UBP15755 |
Evaluasi Pembelajaran Matematika |
3(3-0) |
Wajib |
Perk. Peserta Didik, Belajar dan Pembelajaran |
Jumlah |
20 |
|
|
SEMESTER VIII
No |
Kode MK |
Mata Kuliah |
SKS |
STATUS |
Prasyarat |
1 |
UBP 15854 |
Skripsi |
6(0-6) |
Wajib |
Lulus Seluruh MK |
Jumlah |
6 |
|
|
Keterangan :
Jumlah Sks Wajib = 134 Sks
Jumlah Sks Pilihan = 10 Sks
Matakuliah Agama bersifat wajib lulus bagi setiap mahasiswa di semua program studi, berbobot 2 SKS. Matakuliah ini dirancang dengan maksud untuk memperkuat iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta memperluas wawasan hidup beragama, sehingga terbentuk mahasiswa yang berbudi pekerti luhur, berpikir filosofis, bersikap rasional dan dinamis dan berpandangan luas, dengan memperhatikan tuntutan untuk menghormati intra dalam satu umat, dan dalam hubungan kerukunan antar umat beragama.
Bahasa Indonesia
Mata kuliah ini bertujuan untuk mengembangkan kepribadian mahasiswa agar berkemampuan berbahasa Indonesia dengan baik dan benar; berkepribadian yang baik, cerdas dan peduli terhadap orang lain. Pendidikan bahasa ini mencakup: kepribadian yang baik, cerdas dan peduli; arti dan fungsi bahasa Indonesia sebagai budaya bangsa dan Negara, ragam bahasa, EYD, bahasa ilmiah, kata, definisi, perencanaan karangan, pengembangan karangan ilmiah dengan memperhatikan pengembangan paragraph, keefektifan kalimat, pilihan kata, penalaran dalam karangan, kata tulis dan ejaan, teknik-teknik notasi, teknik penulisan ilmiah.
MataKuliah Pancasila merupakan pelajaran yang memberikan pedoman kepada setiap insan untuk mengkaji, menganalisis, dan memecahkan masalah-masalah pembangunan bangsa dan Negara dalam perspektif nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideologi dan dasar Negara Republik Indonesia. Dengan penyelenggaraan Pancasila di Perguruan Tinggi, diharapkan dapat tercipta wahana pembelajaran bagi para mahasiswa untuk secara akademik mengkaji, menganalisis, dan memecahkan masalah-masalah pembangunan bangsa dan negara dalam perspektif nilai-nilai dasar Pancasila sebagai ideologi dan dasar negara Republik Indonesia. Pada matakuliah ini, mahasiswa akan mempelajari beberapa materi yaitu, Pancasila dalam Kajian Sejarah Bangsa Indonesia, Pancasila sebagai dasar Negara, Pancasila sebagai Ideologi Negara, Pancasila sebagai Sistem Filsafat, Pancasila Sistem Etika, Pancasila Sistem Etika, Pancasila sebagai Dasar Nilai Pengembangan Ilmu.
- ewarganegaraan merupakan mata kuliah yang wajib diberikan di semua jenjang pendidikan termasuk dijenjang perguruan tinggi, yang mengemban misi sebagai pendidikan kepribadian, pendidikan yang membekali pemahaman tentang hak dan kewajiban warga negara, Geopolitik Indonesia, dan Geostrategi Indonesia.
Mata kuliah ini mengkaji beberapa materi, yaitu wawasan Negara/Negara Bangsa, wawasan serta sikap nasionalisme, Identitas nasional Indonesia, paradigma pemahaman Pancasila sebagai sistem filsafat dan sebagai ideologi, Hak Asasi Manusia (HAM), dan implementasi HAM di Indonesia, kewajiban menghargai HAM, Hak dan kewajiban Warganegara serta Demokrasi dan civil society atau masyarakat madani, serta memiliki sikap dan prilaku demokratis.
Ilmu Sosial Dasar
Mata kuliah ini memberikan informasi dan pemahaman tentang manusia sebagai mahluk budaya, manusia dan peradaban, manusia sebagai mahluk individu dan mahluk sosial, manusia dalam keragaman, kesederajatan dan kebermatabatan, manusia dalam moralitas dan hukum, manusia dengan sains serta teknologi, dan manusia dengan lingkungannya dengan tujuan agar mahasiswa dapat berkembang menjadi manusia terpelajar yang kritis, peka dan arif dalam memahami keragaman, kederajatan, dan kebermatabatan manusia yang dilandasi nilai-nilai estetika, etika dan moral dalam kehidupan bermasyarakat.
Bahasa Inggris
- ini mengembangkan keterampilan berbahasa Inggris dalam konteks pengetahuan, baik yang bersifat konseptual maupun procedural melalui ragam bentuk ekspresi dan keterampilan, listening, speaking, reading dan writing.
Budaya Melayu Jambi
Mata kuliah ini bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan, keterampilan dan perilaku kepada mahasiswa agar mereka memiliki wawasan yang baik tentang keadaan lingkungan dan kebutuhan masyarakat sesuai dengan nilai-nilai/aturan yang berlaku di daerah Jambi dan mendukung kelangsungan pembangunan daerah serta pembangunan nasional.
Pengantar Pendidikan
Membahas hakikat, dimensi hakikat manusia dan pengembangannya, aliran yang mempengaruhi pendidikan di Indonesia, pengertian, fungsi, tujuan dan unsur-unsur pendidikan, lingkungan pendidikan, pendidikan sebagai suatu sistem, proses pendidikan sepanjang hayat, landasan dan azas-azas pendidikan, system pendidikan nasional, permasalahan pendidikan serta pendidikan dan pembangunan.
Pengantar Aplikasi Komputer
Mata kuliah ini mengkaji aplikasi computer yang meliputi teori serta perakitnya yang berkaitan dengan matematika. Materi yang dibahas adalah Microsoft windows word, Microsoft windows excel,Microsoft windows power point, wondershare quiz creator, blog,
Perkembangan Peserta Didik
Perkuliahan ini diisi dengan pembahasan tentang karakteristik pertumbuhan dan perkembangan, kebutuhan dan tahap-tahap perkembangan penyesuaian diri remaja (usai sekolah menengah) serta implikasinya dalam penyelenggaraan pendidikan.
Belajar dan Pembelajaran
Matakuliah ini dimaksudkan untuk memberikan bekal kepada mahasiswa calon guru matematika agar memiliki pengetahuan, pengalaman, kemampuan dan keterampilan untuk memilih dan menerapkan strategi pembelajaran matematika yang efisien dan efektif. Materi perkuliahan meliputi hakekat matematika, matematika sekolah, IQ dan EQ, Psikologi pembelajaran matematika, keterampilan dasar mengajar, media pembelajaran matematika dan pengelolaan kelas dan interaksi.
Profesi Kependidikan
Mata kuliah ini membahas secara mendalam konsep kompetensi profesional yang harus dimiliki para pendidik. Isi pokok mata kuliah ini meliputi: (1) Jabatan professional guru dan perundang-undangan terkait professional guru; (2) Hakikat kompetensi professional pendidikan, (3) Peran pendidik dalam mencapai tujuan pendidikan, (4) Mewujudkan kelas yang aman dan sehat, (5) Mewujudkan lingkungan dan pembelajaran yang menyenangkan, (6) Mengembangkan pembelajaran edukatif, (7) Mengembangkan profesionalisme, dan (8) Jenis Karya Ilmiah Pengembangan Profesional Guru.
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL)
Praktek pengalaman lapangan, memberikan dasar pembentukan dan pengalaman kompetensi pendidik yang memiliki kualifikasi akademik dan kompetensi sebagai agen pembelajaran, yang sehat jasmani dan rohani, dan memiliki kemampuan, keterampilan, kemandirian dan sikap professional, yaitu memiliki kompetensi kepribadian guru, kompetensi perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran, dan kompetensi sosial tenaga pendidik.
IPA Terpadu
Mata kuliah ini meningkatkan wawasan mengenai IPA dan keterpaduannya dengan cara mengkaji berbagai materi dan konsep dari berbagai bidang IPA sekaligus mengaitkan satu sama lain.
Kalkulus Differensial
Sistem bilangan real, ketaksamaan, pertaksamaan dan nilai mutlak, fungsi satu peubah: macam fungsi, fungsi komposisi, fungsi invers, fungsi implisit, dan fungsi trigonometri, serta grafiknya; limit, kekontinuan fungsi, teorema-teorema limit dan fungsi kontinu, menghitung limit fungsi; turunan fungsi dan teorema-teoremanya: pengertian geometri turunan fungsi, kekontinuan dan keterdiferensialan, aturan rantai, pendiferensialan implisit, diferensial dan penghampiran: aplikasi turunan fungsi, menggambar grafik fungsi, penggunaan turunan pada beberapa masalah nyata.
Mata Trigonometri bertujuan untuk membekali calon guru pendidikan matematika dalam mengkaji tentang: (1) sudut dan ukuran sudut, (2) fungsi trigonometri, (3) menggambar grafik fungsi trigonometri, (4) rumus identitas trigonometri, (5) rumus jumlah dan selisih fungsi trigonometri, (6) sudut-sudut dalam segitiga, (7) aturan sinus dan cosinus dalam segitiga, (8) sistem persamaan trigonometri, (9) Penerapan trigonometri dalam kehidupan sehari-hari.
Mata kuliah ini bertujuan untuk memahami konsep aljabar, memiliki keterampilan dalam menghitung dan manipulasi secara aljabar dalam persamaan kuadrat, fungsi kuadrat, pertidaksamaan kuadrat, persamaan irrasional, bukti dengan induksi matematika, bilangan berpangkat dan logartitma, barisan dan deret, dan suku banyak.
Pengantar Dasar Matematika
Mahasiswa memahami pengertian mengenai bahasa dan prinsip logika dan himpunan, dan mampu menyusun deduksi dan berpikir serta menyatakan buah pikirannya secara sistematik. Materi pembelajaran yaitu Bahasa logika matematika: proposisi, perangkat kalimat, ingkaran, operasi pada proposisi, tabel kebenaran dan tautologi; invers, konvers dan konttrapositif; konttradiksi dan kontigensi; aplikasi logika pada jaringan listrik; penalaran matematika; argumen, pembuktian, interpretasi dan reductio ad absordum; kuantor universal dan eksistensial. Teori Himpunan: himpunan dan operasi pada himpunan, diagram venn, hasil kali Kartesis, himpunan kuasa, keluarga himpunan dan himpunan indeks; relasi dan sifat-sifatnya; fungsi macam dan operasi pada fungsi; ketakhinggaan.
Kalkulus Integral
Integral tak tentu sebagai kebalikan turunan (anti derivatif), penerapan integral tak tentu, integral tertentu, teorema dasar kalkulus untuk integral dan penerapannya; fungsi logaritma, fungsi eksponen dan turunannya; pendiferensialan logaritma, invers fungsi trigonometri dan turunannya; pengintegralan dengan substitusi peubah baru, pengintegralan parsial, pengintegralan fungsi rasional; pengintegralan dengan substitusi fungsi trigonomettri; teorema L’Hospital untuk bentuk-bentuk tak tentu 0/0 dan ∞/∞ bentuk tak tentu lainnya: 0 ∞, ∞〫, ∞ - ∞, 1∞, 0〫.
Statistika Dasar
Matakuliah ini bertujuan untuk memberikan gagasan dasar statistika yang banyak digunakan dalam praktek dan penelitian serta dapat menerapkannya dalam pekerjaannya. Materi yang dipelajari yaitu: Statistik Deskriptif, Penyajian data sampel secara numerik, diagram batang dan daun. Distribusi, ekspektasi (nilai harapan) dan variansi,Distribusi binomial, poisson, normal, X2, t, F, Distribusi rata-rata sampel. Interferensi statistika: uji hipotesis dan penaksiran selang, taraf keberartian, jenis galat, uji-z, uji t, uji-x2, dan uji-F. Analisis variansi, korelasi, dan regresi sederhana dan regresi ganda (multiple regression).
Aljabar Linier
Mahasiswa dapat memanfaatkan operasi matriks dan operasi baris elementer untuk menyelesaikan sistem persamaan linear dan memahami pengertian dan sifat-sifat ruang Euclid Rn beserta pemetaan linear dari Rn ke Rm. Materi perkuliahan yaitu: Matriks dan sistem persamaan linear: sifat-sifat operasi tambah dan kali matriks, sistem persamaan linear, operasi baris elementer, himpunan jawab, determinan matriks. Ruang Euclid R2 dan R3: vektor di bidang dan ruang, ruang vektor R2 dan R3, sub-ruang, basis, panjang vektor, sudut antara dua vektor, hasil kali titik, keortogonalan, basis ortonormal. Ruang Euclid Rn sebagai perluasan ruang Euclid R2 dan R3: ruang vektor Rn, sub-ruang, basis, ruag kolom matriks, ruang baris matriks, rank matriks, panjang vektor, sudut antara dua vektor, hasil kali titik, keortogonalan, basis ortonormal. Pemetaan linear: sifat-sifat dan contoh pemetaan linear dari Rn ke Rm, kernel, peta, matriks pemetaan, nilai dan vektor karakteristik
Teori Probabilitas
Mahasiswa mampu menggunakan peluang dan distribusinya dalam menyelesaikan masalah sehari-hari dan masalah matematika, membuktikan teorema yang berkaitan dengan peluang, dan menentukan nilai harapan dari peubah acak. Mata kuliah ini berisi bahasan tentang analisis kombinatorik, peluang, peubah acak dan distribusinya, distribusi bersama, sifat-sifat peubah acak dan fungsi peubah acak.
Pendidikan Anti Korupsi
Mahasiswa mampu mengidentifikasi berbagai bentuk korupsi, faktor penyebab tindakan korupsi, sanksi pidana atas korupsi, penanganan terhadap tindakan korupsi, dan pembentukan karakter mahasiswa yang anti terhadap korupsi.
Teori Bilangan
Mata kuliah ini berisi sifat-sifat bilangan bulat dan relasi-relasi di dalamnya. Topik-topik yang dibahas meliputi induksi matematik, relasi keterbagian, faktor persekutuan terbesar (FPB), Kelipatan Persekutuan terkecil (KPK), basis bilangan,bilangan prima, faktorisasi tunggal, relasi kekongruenan dan aplikasinya, pengkongruenan linear, teorema fermat dan Wilson, fungsi-fungsi aritmetik, teorema euler, akar primitive dan indeks.
Kalkulus Peubah Banyak
Mahasiswa mampu memahami konsep Sistem koordinat: koordinat kutub, tabung dan bola, kalkulus fungsi dari R ke Rn: lengkungan di R2 dan R3 limit, kekontinuan, turunan, integral, kinetika partikel, geometri lengkungan (garis singgung, normal, binomial dan bidang oskulasi). Kalkulus fungsi Rm, limit, kekontinuan, turunan parsial, turunan total, turunan berarah, gradient, persamaan bidang singgung dan turunan fungsi komposisi. Kalkulus fungsi Rm ke Rn: limit, kekontinuan, turunan, turunan fungsi komposisi dan matriks Jacobi. Integral ganda: integral ganda dua dan tiga, integral berulang, transformasi, perubahan urutan integrasi serta integral ganda.
Analisa Vektor
Perkuliahan ini memberikan bekal kepada mahasiswa calon guru matematika agar memiliki kemampuan dan wawasan berpikir abstrak-aksiomatis sehingga terlatih dan tumbuh kemampuan kognitif tinggi. Materi yang dibahas dalam mata kuliah ini adalah mengenai Pengertian Vektor, Notasi Vektor, Komponen Vektor, Macam-macam Vektor, Operasi Aljabar pada Vektor, Perkalian Titik dan Silang, Fungsi Vektor, Turunan Fungsi Vektor, Operator Nabla, Integral Fungsi Vektor, dan Koordinat Kurvalinier.
Geometri
Mata kuliah ini termasuk ke dalam salah satu mata kuliah konsentrasi Mata kuliah ini dimaksudkan untuk memberi pengetahuan dan kemampuan kepada mahasiswa tentang konsep-konsep geometri, serta mampu mengajarkan secara terpadu antar konsep dalam geometri maupun dengan bidang studi lain dengan baik dan benar kepada siswa. Ruang lingkup materi perkuliahan meliputi: struktur geometri pengertian pangkal, definisisi, aksioma/postulat, teorema, lemma, dalil, sifat, konsep dasar geometri tentang titik, garis, bidang, dan ruang, konsep kurva, polygon, kongruensi, kesebangunan, simetri pada bidang, konsep transformasi pada bidang, persamaan garis, konsep bangun ruang, polyhedron, jaring-jaring bangun ruang; pengukuran keliling, luas, volume, berat, suhu, dan kapasitas.
Geometri Analitik Bidang dan Ruang
Mata kuliah Geometri Analitik Bidang dan Ruang merupakan salah satu mata kuliah wajib diambil program studi pendidikan matematika. Topik bahasan pada mata kuliah ini adalah: Sistem Koordinat kartesius, jarak dua titik, dan vektor pada bidang, Persamaan garis lurus, dua garis lurus, persamaan normal garis, dan jarak titik ke garis, Persamaan Lingkaran, Persamaan irisan kerucut dan parabola, Persamaan ellips dan hiperbola, Transformasi sistem koordinat, Sistem koordinat polar dan sistem koordinat ruang/tiga dimensi (R3), Vektor ruang, dot product, cross product, persamaan vektoris bidang, Persamaan bidang datar, persamaan normal bidang, Sudut antara dua bidang rata, jarak antara sebuah titik dan bidang, serta jarak antara dua bidang sejajar, Garis lurus dalam ruang, Tempat kedudukan dalam ruang dan persamaan bola, Bola dan bidang rata (persamaan bidang singgung bola), dan Kedudukan dua bola.
Matematika Diskrit
Setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa diharapkan mengenal beberapa konsep dan objek matematika yang digunakan dalam ilmu komputer dan mampu menerapkannya dalam pengkajian ilmu komputer. Materi yang dipelajari yaitu: Fungsi: operator binar dan n-ar, fungsi karakteristik himpunan, fungsi Halshing, Rekursi: fungsi rekursi, himpunan rekursi dalam bahasa pemrograman. Pengantar teori graf dan aljabar Boole.Praktikum dengan menggunakan komputer.
Program Linier
Mahasiswa dapat memformulasikan masalah-masalah pengambilan keputusan yang standar dari masalah optimisasi model linear serta dapat menyelesaikan dengan metoda pengambilan keputusan secara kuantitatif. Materi yang dibahas yaitu: Formulasi model-model optimasi liner: pendahuluan, pemilihan campuran produksi, feed-mix selection, alokasi produk melalui jaringan, dll. Representasi aljabar dan geometrik, formulasi aljabar secara umum, bentuk kanonik dari model optimisasi linear, interpretasi geometrik dan representasi penyelesaian pada ruang yang berdimensi n. Metode simpleks: perpindahan basis, sifat-sifatsolusi optimum, solusi optimum yang fisibel, algoritma simpleks. Uji kesensitivitasan dan duallitas, analisis pasca keoptimalan, righthand side constant, dualitas masalah transportasi: keterandalan dari model jaringan, masalah transportasi klasik, dualitas dari masalah transportasi, teknik simpleks untuk masalah transportasi serta uji sensitivitasnya.
Media Pembelajaran Matematika dan TIK
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dasar tentang media pembelajaran. Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki sifat positif untuk mengembangkan media pembelajaran sesuai dengan keilmuan.
Strategi Pembelajaran Matematika
Mata kuliah ini bertujuan untuk mengakaji dan menerapkan berbagai metode pembelajaran matemattika segingga tahu bagaimana strategi mengajar dan materi pembelajaran berisi tentang konsep-konsep pembelajaran matematika yang memuat : definisi belajar dan pembelajaran, hakikat matematika, definisi strategi pembelajaran matematika. Teori belajar dalam pembelajaran matematika : teori belajar behavioristic, teori belajar kognitif, teori belajar konstruktif, teori belajar humanistic, teori belajar sibernetik, teori belajar Ki Hajar Dewantara.
Statistika Lanjut
Mata kuliah ini mempelajari lanjutan dari teori statistika inferensial yang meliputi: Teori Sampling, Distribusi Sampling, Uji Hipotesis, Analisis Regresi dan Korelasi Linier dan Berganda, serta Statistika Non Parametrik, dimana diperkenalkan metode-metode statistika inferensial sebagai alternatif alat yang dapat dipergunakan dalam mengolah data penelitian khususnya di bidang ekonomi dan bisnis, dalam rangka penarikan kesimpulan tentang karakteristik populasi dari data sampelnya
Persamaan Differensial
Mahasiswa mampu memecahkan masalah-masalah nyata seperti masalah benda jatuh, laju-laju pertumbuhan gerak bebas dan lain-lain dengan mengubah lebih dulu menjadi model matematikanya (dalam bentuk persamaan diferensial) kemudian menyelesaikannya. Materi yang dibahas yaitu: Klasifikasi persamaan diferensial (P.D), solusi, masalah nilai awal, masalah syarat batas, keujudan solusi. Persamaan diferensial tingkat satu: persamaan diferensial eksak, faktor pengintegralan, persamaan dengan peubah terpisah, persamaan linear dan Bernoulli, faktor pengintegralan khusus dan transformasi. Teori dasar PDB, persamaan linear homogen dengan koefisien tetap, metoda koefisien tak tentu, variasi parameter. Penggunaan persamaan diferensial linear tingkat dua dengan koefisien konstanta: P.D. Vibrasi, gerak bebas tak teredam dan teredam, masalah rangkaian listrik. Solusi deret pangkat, metode Frobenius. Sistem P.D linear: operator diferensial, metode operator, sistem P.D linear dengan koefisien tetap, dua persamaan dalam dua fungsi tak diket
Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika
Mata kuliah ini diharapkan mahasiswa memahami masalah-masalah dalam pengajaran bidang studi pendidikan matematika serta penelitian aplikasi bidang matematika. Topik-topik penelitian dan pengembangan ilmu, sumber dan cara memperoleh pengetahuan, sistem dan metode dalam sains dan pendidikan, penelitian sebagai upaya pengkajian yang terencana, classroom actiom research (PTK), pengertian, tujuan, cara merencanakan penelitian, konsepsualisasi, kebenaran ilmiah, metode ilmiah, paragdigma penelitian pendidikan, teori keilmuan, sistematika usulan penelitian, tinjauan pustaka, metode dan teknik penelitian, alat pengumpul data, metode deskriptif, eksperiment, observasi, kuesioner, wawancara, test, analisis dokumen, mengumpulkan dan menganalisis data, penyusunan laporan akhir penelitian, sistematika pelaporan, menuliskan rujukan serta format pengetikan.
Statistika Matematika
Mahasiswa memahami teorema limit variabel random dan menggunakannya dalam teknik inferensi, mengenal dan mampu menggunakan teknik-teknik inferensi, penaksiran titik dan interval parameter suatu populasi, pengujian hipotesis. Materi yang dibahas yaitu: Himpunan, Kombinatorik, Probabilitas, Variabel random dan distribusinya, nilai harapan, Fungsi distribusi dan fungsi padat peluang, momen, fungsi pembangkit momen, Limit distribusi, teorema limit pusat, teorema-teorema limit distribusi, penaksiran titik, metode maksimum likelihood dan metode momen; Penaksiran interval, interval kepercayaan untuk rata-rata, perbedaan rata-rata, variansi, nisbah variansi.
Evaluasi Pembelajaran Matematika
Mata kuliah ini adalah mengembangkan kemampuan siswa dalam merancang dan melaksanakan penilaian hasil belajar matematika. Topic-topiknya pengertian pengukuran dan penilaian, fungsi dan tujuan penilaian, teknik dan alat penilaian, jenis-jenis tes, syarat tes yang baik, langkah-langkah pengembangan tes hasil belajar yang meliputi: pembuatan kisi-kisi bentuk soal dengan perumusan TIK, menyusun tes, mengadministrasikan tes, uji coba tes, analisis soal dan perbaikan soal. Tes yang baik; kesahihan tes, keterandalan tes, kepraktisan, objektifitas, deskriminatif, komprehensif dan mudah digunakan.
Perencanaan Pembelajaran Matematika
Mata kuliah ini membahas tentang perencanaan pembelajaran, dimana mahasiwa dituntut mampu membuat perangkat pembelajaran baik dalam hal desain materi, desain strategi, desain evaluasi, pengembangan RPP dan Silabus dan desain bahan ajar yang diperlukan dalam persiapan mengajar.
Geometri Transformasi
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan geometri dari sudut pandang grup transformasi.Konsep-konsep grup diperlihatkan melalui operasi pada transformasi atas bangun geometri di bidang datar. Mata kuliah ini mengantarkan mahasiswa pada mata kuliah struktur aljabar. Materi yang dibahas yaitu: Transformasi dan kolineasi. Grup transformasi dan involusi. Translasi dan setengah putaran. Refleksi, Kekongruenan, isometri dan rotasi. Hasil kali dua refleksi. Isometri genap, paritas, grup dihedral. Refleksi geser, teorema Leonardo Persamaan isometri Keserupaan dibidang.
Kapita Selekta Matematika
Mata kuliah Kapita Selekta Matematika merupakan mata kuliah wajib bagi setiap mahasiswa.Perkuliahan ini dimaksudkan untuk memberi pengetahuan dan kemampuan kepada mahasiswa tentang kapita selekta (materi-materi esensial pada pembelajaran matematika SD seperti materi pra bilangan, bilangan dan sistem numerasi, bilangan cacah, bilangan bulat, bilangan prima, FPB dan KPK, pecahan, perbandingan, skala, geometri dan pengukuran, dan pengelolaan data serta pembelajarannya).
Metode Numerik
Mahasiswa memahami beberapa konsep dasar metode numerik serta mampu bereksperimen dan mengimplementasikan beberapa metode numerik standar dengan menggunakan komputer. Materi yang dibahas yaitu: Pengertian galat: definisi, sumber serta contoh suatu galat, perambatan dari galat dan penjumlahan. Mencari akar: metode belah dua, metode Newton, dan metode sekan. Interpolasi: interpolasi polinomial, galat pada interpolasi polinomial, dan interpolasi dengan menggunakan fungsi “spline”. Pendekatan suatu fungsi: polinom Chyebyshev dan metode “near minimax approximation”. Pendiferensialan dan pengintegralan secara numerik: aturan trapesium dan aturan Simpson, formulasi galat, pendiferensialan secara numerik dan pengintegralan numerik menurut Gauss.
Struktur Aljabar
Mahasiswa memahami beberapa struktur dalam aljabar dan dapat memanfaatkannya untuk menyelesaikan masalah yang sederhana dalam aljabar, serta mampu berpikir logis dan bernalar secara matematika dalam menyelesaikan masalah. Materi yang dibahas yaitu: Tinjauan ulang operasi pada himpunan, pemetaan, pemetaan satu satu dan/atau kepada, relasi ekivalen. Grup: sifat-sifat dan contoh grup, orde grup, orde unsur, sub grup, sifat-sifat dan contoh grup bersiklis, sifat-sifat dan contoh homomorfisma grup, peta, kernel. Gelanggang: sifat-sifat dan contoh gelanggang, daerah integral, lapangan dan ideal; sub gelanggang, sub-daerah integral, sub lapangan, karakteristik daerah integral (lapangan), sifat-sifat dan contoh homomorfisma gelanggang, peta, kernel. Gelanggang polinom atas lapangan bilangan real: sifat-sifat dengan contoh, derajat unsur, algoritma pembagian, unsur tereduksi dan tak tereduksi, akar.
Telaah Kurikulum Sekolah
Telaah Kurikulum merupakan mata kuliah yang membekali mahasiswauntukmemahamikonsep dasar kurikulumdanketentuan-ketentuan dalam kurikulum matematika sekolah menengah. Mata kuliah ini membahas tentang Konsep Dasar Kurikulum: pengertian kurikulum, komponen-komponen kurikulum dan fungsi kurikulum, Kompetensi-kompetensi PembelajaranMatematika SMP/SMA serta penjabarannya, Penjabaran Materi Pembelajaran, Pemecahan MasalahMatematika, Konsep Kurikulum 2013, Analisis kompetensi inti dan kompetensi dasar, Pengembangan Silabus dan RPP, Penilaian Pembelajaran Matematika, Strategi pelaksanaan kurikulum: perencanaan (keterkaitan antara silabus dan RPP), pelaksanaan pembelajaran, evaluasi dan tindak lanjut (analisis Ulangan Harian, pengajaran remedial dan pengayaan).
Mata kuliah ini bertujuan agar siswa memiliki keterampilan menyusun RPP dan mempraktikannya di laboratorium. Mata kuliah ini mencakuptopic penyusunan rencana pembelajaran dan latihan mengajar (membuka pelajaran, menjelaskan, bertanya, pengelolaan kelas, mengunakan variasi dalam pembelajaran, memberika penguatan, memimpin diskusi dan menutup pelajaran.
Fungsi Variabel Kompleks
Mahasiswa memahami sifat bilangan kompleks, fungsi kompleks, fungsi analitik, dan interval kurva pada bidang kompleks serta hubungan pengintegralan kompleks dan pengintegralan real. Topik pembahasan yaitu: Bilangan kompleks, fungsi kompleks, pemetaan dari Z ke W, pemetaan konform.Fungsi analitik.Integral fungsi kompleks sepanjang kurva regular pada bidang kompleks, teorema dasar pengintegralan. Deret kuasa, deret Taylor, deret Laurent.
- is Ril
Mata kuliah ini adalah matakuliah pengantar sekaligus pembahasan secara mendalam mengenai konsep barisan serta deret termasuk kekonvergenannya dan konsep ruang metrik secara umum. Topik perkuliahan:barisan takhingga, limit barisan, kekonvergenan, keterbatasan, kemonotonan, operasi pada barisan yang konvergen dan divergen, limit superior dan limit inferior, barisan Cauchy, deret takhingga, jenis-jenis uji kekonvergenan, deret berganti tanda, kekonvergenan mutlak, deret kuasa, deret Taylor dan Mc. Laurin, ruang metric. Ruang metrik, pengertian ruang metrik umum, dan ruang metrik kompak.Topologi ruang kartesis: himpunan buka, himpunan tutup dan himpunan kompak.
Seminar Matematika
Mata kuliah ini mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahlihannya sehingga mampu menerapkan berbagai metode pembelajaran matematika yang telah tersedia secara inovatif dan teruji.
Berpikir dan Bernalar Matematis
Mata kuliah ini membahas proses-proses berpikir dan bernalar dalam matematika. Diawali dengan pengertian berpikir secara umum, mahasiswa diharapkan dapat mengklasifikasikan proses-proses berpikir dalam matematika dan dapat merumuskan kerangka berpikir untuk masing-masing proses berpikir dalam matematika, serta menerapkannya dalam permasalahan matematika dan kehidupan sehari-hari yang relevan. Paling sedikit ada enam proses berpikir yang akan dibahas, yaitu proses berpikir induktif, deduktif, abduktif, kombinatorik, proses memahami pembuktian dan proses pembuktian suatu pernyataan dalam matematika
Manajemen Pengelolaan Kelas
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar, pendekatan dalam pengelolaan kelas, strategi pengelolaan lingkungan belajar, pembinaan disiplin dan perilaku, penciptaan iklim kelas, dan hambatan-hambatan dalam manajemen kelas.
Praktek Pengalaman lapangan (PPL)
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah wajib tempuh untuk melatih mahasiswa untuk menetapakan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki dalam suatu proses pembelajaran sehingga mahasiswa mendapatkan pengalaman faktual yang dapat digunakan sebagai dasar untuk mengembangkan diri sebagai calon tenaga kependidikan yang sadar akan tugas dan tanggung jawabnya sebagai tenaga akademis dalam dunia pendidikan.
Mata kuliah ini dimaksudkan agar mahasiswa mampu bekerja secara mandiri dalam menulis outline menyusun proposal penelitian, mengungkapkan dan menjawab permasalahan yang timbul dalam penelitian dan ujian terhadap laporan penelitian.
Matematika Ekonomi
Mata kuliah ini membahas Deret hitung, deret ukur, penerapan ekonomi pada perkembangan usaha dan bunga majemuk, penerapan ekonomi pada hubungan linear, fungsi kuadrat, fungsi permintaan, penawaran dan keseimbangan pasar, fungsi biaya, fungsi penerimaan, keuntungan, kerugian dan pulang pokok, diferensial fungsi sederhana, penerapan ekonomi derivatif.
Setelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan memiliki pemahaman dan penjiwaan tentang kewirausahaan sehingga terdorong motivasinya untuk berwirausaha. Mata kuliah ini terdiri dari teori tentang konsep dasar kewirausahaan meliputi: sikap, kepribadian dan profil seorang wirausaha, pengenalan potensi diri, pengembangan kemampuan manajerial, keberanian mengambil resiko, pengenalan fungsi model kewirausahaan, mengembangkan ide dan analisis peluang usaha dan analisis SWOT. Metode pembelajaran dengan ceramah, tanya jawab, diskusi, presentasi, latihan dan pemberian tugas, Penilaian terdiri dari partisipasi/keaktifan dalam perkuliahan, tugas mandiri, tugas kelompok, presentasi, ujian MID semester dan Ujian akhir semester.
English For Mathematics
Matakuliah Bahasa Inggris bertujuan memberikan review dan latihan-latihan kepada para mahasiswa agar dapat menggunakan bahasa Inggris yang telah dipelajari di sekolah menegakkan secara aktif. Kegiatan perkuliahan berupa latihan membaca, memahami dan meningkatkan kosa kata dari naskah-naskah dan buku teks matematika, serta latihan mengungkapkan kembali atau mengkomunikasikan isi bacaan atau gagasan-gagasan terkait dengan bidang matematika baik secara tertulis maupun lisan.
Pembelajaran Matematika Berbasis IT
Penggunaan ICT sebagai media pembelajaran matematika memang dapat menarik dan meningkatkan motivasi belajar, khususnya ketikabelajar tentang konsep-konsep yang berkaitan dengan matematika
Masalah Nilai Awal, Syarat dan Batas
Mahasiswa memahami model matematika dari suatu masalah nyata yang berbentuk persamaan diferensial biasa dengan atau tanpa nilai awal serta mampu memecahkan masalah nyata yang sederhana dalam model matematika berbentuk P.D. biasa dengan nilai awal atau P.D parsial dengan nilai awal atau/ dan nilai/ syarat batas. Materi yang dibahas yaitu: Metode deret pangkat untuk menyelesaikan persamaan differensial Legendre serta sifat-sifat penyelesaiannya. Pengenalan pengertian kestabilan deret Fourier, deret Fourier sinus dan cosinus, sistem fungsi ortogonal dengan deret Fourier diperumum, masalah nilai/ syarat dua titik. Persamaan gelombang, persamaan Laplace, persamaan panas dalam bentuk sederhana disertai dengan syarat batas dan nilai awal bila relevan; penyelesaian dengan metode pemisahan, metode d’Alembert untuk persamaan gelombang, penggunaan transformasi Laplace.
Pengelolahan Data Berbasis IT
- ini merupakan penerapan statistika menggunakan aplikasi komputer seperti microsoft excel dan SPSS sebagai sarana pengolahan data dan analisis data penelitian pendidikan serta pengambilan kesimpulan dari data-data hasil penelitian. Kemampuan dan pengalaman ini diharapkan dapat digunakan oleh mahasiswa dalam melakukan analisis data untuk kepentingan penelitian dalam penulisan skripsi ataupun dalam kepentingan peningkatan kualitas pembelajaran. Dalam perkuliahan, mahasiswa dihadapkan kepada penggunaan statistika dalam menghadapi beragam permasalahan yang sering muncul dalam dunia pendidikan. Mata kuliah ini mempelajari tentang Statistik Deskriptif, Statistik inferensial, Analisis Data Kualitatif serta bagaimana menggunakan program SPSS dan Ms. Excel.
Analisis Regresi Terapan
Mata kuliah ini mempelajari analisis regresi dan penerapannya, mulai dari penjelasan tentang konsep hubungan antar peubah, hubungan linier antar dua peubah (korelasi vs regresi), model regresi linier sederhana & berganda (pendugaan parameter, interpretasi koefisien regresi, pengujian hipotesis, prediksi, dan koefisien determinasi), diagnostik model resgresi (pemeriksaan asumsi dan identifikasi pengamatan pencilan/berpengaruh), penanganan penyimpangan asumsi (transformasi, regresi terbobot, regresi komponen utama, regresi gulud), uji penyimpangan model, pengujian model (termasuk general linier hypothesis), uji sekuensial, uji parsial, regresi polinomial, regresi dengan peubah boneka, dan prosedur-prosedur pemilihan model regresi terbaik, regresi dengan respons biner, analisis jalur, regresi non linier, dan pengenalan regresi non parameterik.
Penelitian Kuantitatif
- eahlian bidang pendidikan matematika membutuhkan kemampuan dalam menganalisis masalah dan dengan menggunakan tahap-tahap kerangka berpikir ilmiah hingga memberikan solusi untuk pengembangan keilmuan bidang pendidikan matematika maupun perbaikan pendidikan matematika. Oleh karena itu, dalam rangka mendukung kemampuan berpikir ilmiah perlu diberikan mata kuliah penelitian kuantitatif sebagai salah satu jenis penelitian dalam menyusun proposal penelitian. Matakuliah ini juga membekali mahasiswa dalam rangka menyusun tugas akhir (skripsi).
Penelitian Kualitatif
- penelitian dengan pendekatan kualitatif; Jenis-jenis penelitian kualitatif, studi kasus, ethnografi, Penelitian TindakanKelas (PTK), Penelitian Pengembangan; Teknik pengumpulan data hingga latihan-latihan membuat pedoman observasi dan wawancara; Cara melakukanan alisis data, pemaknaaan atau intepretasi hingga pada latihan menyusun sebuah laporan penelitian sebagai bekal dalam menyusun sebuah proposal untuk tugas akhir skripsinya.
Penelitian Pengembangan
Mata kuliah ini diharapkan mahasiswa memahami konsep penelitian pengembangandan mampu menerapkannya dalam penelitian.
Mata kuliah ini membahas tentang hakekat, rasionAl dan manfaat etnomatematika; dimensi, perspektif dan kedudukan etnomatematika; subjek, objek, pendekaan dan metode etnomatematika; kajian teori, hasil-hasil penelitian dan pendekatan riset dalam etnomatematika dan pembelajaran matematika; pemahaman, identifikasi dan penelitian pendahuluan sumber-sumber pengembangan etnomatematika baik yang berupa artefak, karya sastra/budaya dan tradisi/interaksi sosial di dalam konteks pembelajaran matematika; penelitian pendahuluan, releksi serta survey dan studi kasus etnomatematika di lokasi Jambi yang direkomendasikan; pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis etnomatematika; pengembangan model pembelajaran matematika berbasis etnomatematika.
Problematika Pendidikan Matematika
Mata kuliah ini memberikan pengalaman mahasiswa agar mampu mengeksplorasi, mengidentifikasi, menganalisis serta mampu memberikan alternatif solusi berbagai permasalahan pembelajaran matematika di SMP/MTs, SMA/MA/SMK.